Brilio.net - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Susi Pudjiastuti dikenal akan ketegasan dan keberaniannya dalam mengambil beberapa kebijakan. Salah satu kebijakannya yang paling dikenal saat ia masih menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan adalah membakar sekaligus menenggelamkan kapal-kapal asing yang mencuri kekayaan alam di lautan Indonesia. Ia juga mendapatkan beberapa penghargaan yang diakui dunia, misalnya seperti Peter Benchley Ocean Awards, yakni penghargaan maritim tertinggi di dunia atas semua kebijakan yang telah ia tempuh.


Selepas usai mengemban amanah menjadi seorang menteri, ia terlihat senang melakukan aktivitas kerja ataupun berwisata yang diunggahnya melalui foto atau video pada akun Instagram-nya. Hal lain yang sedang menjadi hobinya adalah berkreasi di dapur dalam mengolah berbagai menu makanan. Hampir semua yang diolah Susi ini bisa dikatakan anti-mainstream, lho. Pasalnya salah satu menu makanan yang ia buat adalah pizza yang termasuk 'western', namun diolah dengan menggunakan bahan utama dari keong sawah yang notabene-nya adalah 'lokal'.


Selain itu, beberapa menu makanan lainnya yang ia buat juga nggak kalah menarik, lho. Ia nampaknya memilih makanan yang bergizi tinggi, seperti hewan-hewan yang berada di laut ataupun sawah. Ia juga menegaskan kalau Indonesia kaya akan makanan yang bermutu tinggi dan bergizi.


Kira-kira seperti apa saja sih olahan masakan ala Susi Pudjiastuti? Berikut brilio.net rangkum dari Instagram @susipudjiastuti115, Selasa (28/4), perihal menu makanan ala Susi Pudjiastuti. Bisa dijadikan ide untuk berbuka puasa, nih.


1. Ikan belanak.


Pada video kali ini, Susi sedang menikmati ikan belanak bersama sang cucu. Ia berujar bahwa ikan tersebut didapat dari seorang nelayan yang sedang menjala di pantai. Ia tampak mengolah ikan tersebut menjadi dua menu, yakni ikan belanak goreng dan ikan belanak bakar.


Dalam akhir videonya, ia juga berkelakar, "Makan ikan (agar) sehat. Tidak makan ikan, saya tenggelamkan!"

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Ayo makan ikan agar badan kita tetap sehat. Ingat, kalau tidak makan ikan???

A post shared by Susi Pudjiastuti (@susipudjiastuti115) on