10 Cara membesarkan otot lengan pria, mudah dan tanpa fitnes

15 / 11 / 2019 10:32 WIB Rizka Mifta
10 Cara membesarkan otot lengan pria, mudah dan tanpa fitnes
foto: pixabay.com

Brilio.net - Mempunyai lengan berotot dianggap keren untuk sebagian besar pria. Tak sedikit juga lho yang rela mengeluarkan uang yang nggak sedikit untuk membesarkan otot lengan. Tawaran perawatan otot di pusat-pusat kebugaran dengan harga bervariasi juga menggiurkan.

Bahkan penawaran produk obat-obatan untuk membesarkan lengan juga berkeliaran di sosial media. Harganya yang murah dengan proses yang cepat menjadi iming-iming manis. Namun hati-hati, apakah benar semua itu aman?

Tentu untuk mendapatkan badan yang keren, diperlukan usaha yang sepadan. Tapi kalau kamu nggak sempat fitnes masih ada solusinya kok. Coba ikuti 10 cara membesarkan otot lengan pria, mudah dan tanpa fitnes yang sudah dirangkum brilio.net pada Jumat (15/11). Bisa kamu coba, caranya mudah.

1. Push up.

Cara membesarkan otot lengan pria © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Tentu kamu udah nggak asing dengan push up dong? Push up tidak hanya memberikan manfaat untuk membakar kalori, gerakan ini ternyata juga salah satu cara membesarkan otot lengan yang mudah, efektif, dan tanpa fitnes.

2. Angkat lengan dan kaki berlawanan.

Cara membesarkan otot lengan pria © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Salah satu gerakan yang mudah kamu lakukan adalah berlutut di atas matras, dengan posisi tangan manyentuh lantai sejajar bahu dan lutut sejajar dengan pinggul. Angkat kaki kiri lurus ke arah belakang dan bentangkan lengan kanan lurus ke depan. Coba tahan selama 5 detik. Lalu coba dengan gerakan yang sama dengan kaki kanan dan lengan kiri. Lakukan masing-masing 15 kali ya.

3. Curls.

Cara membesarkan otot lengan pria © 2019 brilio.net

foto: unsplash.com

Untuk melakukan curls, kamu bisa menggunakan barbell atau dumbbell. Coba mulai dengan memilih beban yang ringan. Posisikan barbell di kedua sisi tubuh lalu gerakkan beban ke arah dada. Jangan gerakkan siku saat menggerakkan beban ya. Pastikan siku tetap berada di sisi tubuh. Kamu bisa mencoba nya sebanyak 12 kali.

4. Triceps down dog.

Cara membesarkan otot lengan pria © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Posisikan tubuh seperti saat melakukan plank. Kedua telapak tangan serta jari-jari kaki menyentuh lantai, dan kedua siku ditekuk untuk menopang tubuh dalam posisi lurus. Lalu naikkan pinggul sambil menjaga posisi kedua tungkai dan lengan lurus. Usahakan saat menaikkan pinggul, kaki menyentuh lantai. Tahan dalam beberapa detik, kemudian kembalikan posisi tubuh seperti akan plank. Ulangi 10 kali gerakan ini ya.

5. Bear crawls.

Cara membesarkan otot lengan pria © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@gemfiit

Ini adalah gerakan yang dimulai dengan posisi push-up. Kedua tangan dan ujung kaki menyentuh lantai. Jaga punggungmu tetap lurus. Pindahkan tangan kanan dan kaki kirimu kedepan hingga kaki kiri menyentuh tangan kirimu. Lakukan dengan sebaliknya ya. Kamu bisa melakukan gerakan ini secara perlahan. Kamu akan merasakan efek otot tangan dan kakimu mengencang.

6. Chin up.

Cara membesarkan otot lengan pria © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Gerakan ini juga termasuk yang mudah namun memerlukan latihan rutin. Untuk melakukan chin up kamu memerlukan latihan untuk bergelantungan di tempat tinggi seperti kusen pintu dengan menggunakan tangan. Ada dua variasi cara yang bisa kamu lakukan. Pertama, kamu meletakkan telapak tangan menghadap ke wajahmu, dan yang kedua adalah sebaliknya.

7. Arm circle.

Cara membesarkan otot lengan pria © 2019 brilio.net

foto: unsplash.com

Gerakan ini cukup efektif sebagai cara membesarkan otot lengan. Karena, gerakan arm circle ini akan melatih lengan dengan gerakan memutar seperti huruf O. Lakukan gerakan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal ya.

8. Bertumpu pada dinding.

View this post on Instagram

Standing or sitting by a wall? Time to squeeze in a few wall push ups! ?? Do what you can when you can ??Wall push ups are great for fitting them in around normal activities. I often do them whilst waiting for the kettle to boil! They are a great way to build strength in upper arms & muscles in your shoulder girdle in a gradual safe way. It’s a ‘closed chain’ exercise so for those with EDS it gives you feedback to help you control the movement. Firstly get your starting position: 1??Work out how close to the wall your feet are. The closer you are the easier it is...and the further away you are it’s harder. You can also do this seated on a chair near a wall (again control how close/far you are from the wall) . 2?? Engage your core by drawing in your belly button to ensure you protect your lower back. Ensure your spine is in line, not arching or rounding your back. 3?? Draw your shoulder blades down your back to keep length in your neck & space between shoulders & ears. 4?? Choose your arm position. Wide hands, narrow or triangle position. The latter two focus on tricep strength. Once you are comfortable in your position, breathe out to lower and breathe in to push yourself back up. Slow & controlled ???? I try and fit them in around my day, aiming for 10 in a row.

A post shared by Exercise ? Invisible Illnesses (@activelyautoimmune) on

Cara bertumpu pada dinding untuk membesarkan otot lengan tanpa fitnes ini sangat mudah yaitu meluruskan kedua telapak tangan dan letakkan pada dinding dengan posisi badan tegak lurus. Tekuk kedua siku kamu dan condongkan badan mendekati dinding namun jangan sampai badan menempel pada dinding. Untuk menjaga keseimbangan kamu dapat menjinjitkan kaki dan menahan selama beberapa menit.

9. Dumbbell push up.

Cara membesarkan otot lengan pria © 2019 brilio.net

foto: unsplash.com

Ini adalah salah satu cara membesarkan otot yang sehat. Dumbbell push up ini efektif dan mudah dilakukan. Kamu bisa memposisikan dri seperti akan melakukan push up. Kemudia pegang dumbbell sebagai tumpuan kedua tangan. Lalu lakukanlah gerakan push up. Terlihat mudah namun latihan ini cukup melelahkan.

10. Close grin chin up.

Cara membesarkan otot lengan pria © 2019 brilio.net

foto: unsplash.com

Gerakan ini dilakukan dengan pose bergantung memegang besi horizontal. Jarak tangan kanan dan kiri sekitar 15 cm. Lakukan gerakan menggantung dengan tangan lurus. Kepala lurus pandangan kedepan, lalu tarik tangan hingga mengangkat dagu berada di atas besi tersebut. Selamat mencoba!

(brl/lea)

Review

Selengkapnya