10 Kuliner khas Lumajang, dijamin bikin nagih

10 Kuliner khas Lumajang, dijamin bikin nagih

Brilio.net - Lumajang merupakan daerah kecil di Jawa Timur yang bersebelahan dengan Malang. Di sinilah separuh bagian Gunung Semeru, gunung tertinggi di Pulau Jawa, berada. Seperti diketahui Gunung Semeru membentang di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang.

Selain keindahan gunung, Lumajang menawarkan wisata alam lain yang tak kalah indah, yakni air terjun Kapas Biru. Masih banyak lagi lainnya keindahan alam Lumajang. Cocok untuk kamu penyuka hikking dan traveling.

Meski terkenal dengan wisata alamnya yang bagus, Kota Lumajang ini juga mempunyai kuliner khas yang mampu membuatmu ketagihan jika sudah mencoba. Kuliner di Lumajang banyak diincar oleh pecinta kuliner Nusantara lho dan beberapa di antaranya bisa kamu bawa pulang untuk oleh-oleh.

Ingin tahu apa saja kuliner khas Lumajang yang bisa bikin ketagihan? Brilio.net merangkum dari berbagai sumber, Selasa (28/1) beberapa kuliner khas Lumajang yang harus kamu coba jika berkunjung ke kota tersebut.

1. Lontong petis.

10 Kuliner khas Lumajang, dijamin bikin nagih

foto: Instagram/@ardhian_aja

Makanan ini isinya perpaduan tahu, tempe, sayuran, ayam dan lontong yang disiram dengan kuah kacang yang telah dicampur dengan petis. Makanan ini merupakan makanan yang paling banyak dicari oleh wisatawan jika berkunjung ke Kota Lumajang.

2. Keripik pisang.

10 Kuliner khas Lumajang, dijamin bikin nagih

foto: Instagram/@linagui.kitchen

Lumajang terkenal sebagai daerah penghasil pisang terbesar di Provinsi Jawa Timur. Tak heran jika makanan khas yang ada di kota ini, ada yang terbuat dari buah pisang.

Salah satu olahan pisang asal Lumajang yakni kripik pisang, di mana di daerah tersebut kamu bisa menemukan berbagai aneka varian kripik pisang. Camilan ini bisa kamu bawa pulang untuk oleh-oleh lho karena kripik pisang khas Lumajang berbeda dengan kripik pisang pada umumnya.

3. Pecel godong telo.

10 Kuliner khas Lumajang, dijamin bikin nagih

foto: Instagram/@lumajangdelicio

Jika pecel pada umumnya punya isian aneka sayuran seperti tauge dan potongan kacang panjang di atasnya, berbeda jika kamu sedang berada di Lumajang. Di kota ini kamu bisa memakan nasi pecel dengan tambahan godong telo atau daun ketela.

Dengan tambahan daun ketela memang rasanya pahit jika disantap, tetapi rasa pahit itu tidak akan kamu rasakan karena bumbu kacang yang memiliki citarasa pedas dan manis membuat rasa pecel khas Lumajang ini bikin nagih deh.

4. Cilok mercon.

10 Kuliner khas Lumajang, dijamin bikin nagih

foto: cilok-mercon-nissagreen.business.site

Buat kamu yang suka jajanan cilok, kamu harus coba cilok ini jika berkunjung ke Kota Lumajang. Cilok mercon khas lumajang ini memang seperti cilok pada umumnya, tetapi untuk isian ciloknya berbeda. Di dalam cilok ini terdapat potongan cabe rawit yang cukup banyak. Jika kamu pecinta pedas, boleh dicoba nih, pasti ketagihan.

5. Lupis.

10 Kuliner khas Lumajang, dijamin bikin nagih

foto: Instagram/@see_ayu

Berkunjung ke Lumajang tidak afdol jika belum mencoba makanan yang namanya lupis. Di daerah ini lupis mempunyai banyak rasa dan bentuk yang unik-unik. Makanan berjenis kue ini terbuat dari beras ketan yang di dalamnya terdapat gula jawa dan jika digigit isinya akan lumer di mulut.

6. Tape pisang.

10 Kuliner khas Lumajang, dijamin bikin nagih

foto: Instagram/@toyibaturrochman

Jika di Kota Bandung mempunyai tape yang berasal dari singkong, kota Lumajang juga punya tape tapi dengan bahan dasar yang berbeda lho. Tape khas Lumajang ini berbahan dasar pisang yang mempunyai tekstur yang lembut. Salah satu warung yang menjual tape pisang di berada di Kalibendo, Pasirian.

7. Martabak petis.

10 Kuliner khas Lumajang, dijamin bikin nagih

foto: Instagram/@imeg_cute

Jika kamu mendengar kata martabak pasti sudah tidak asing. Namun martabak yang berada di Lumajang ini berbeda lho. Martabak khas Lumajang ini dipadukan dengan bumbu petis di atasnya. Hal itu yan membuat cita rasa martabak ini berbeda dengan martabak pada umumnya.

Bagi kamu yang akan berkunjung ke Lumajang, jangan lupa untuk mencoba martabak ini ya. Salah satu kedai martabak petis yang terkenal di kota ini yakni Martabak Mbak Saseh yang tempatnya berada di daerah Pulosari.

8. Rujak otek.

10 Kuliner khas Lumajang, dijamin bikin nagih

foto: cookpad.com

Nama makanan ini memang cukup asing di telinga masyarakat Indonesia. Namun rujak khas Lumajang ini memiliki cita rasa yang lezat. Rujak ini berbeda dengan rujak pada umumnya karena di rujak otek terdapat tambahan rebung yang mampu menambah cita rasa rujak ini.

9. Lontong Kupang Adel.

10 Kuliner khas Lumajang, dijamin bikin nagih

foto: Instagram/@lumajanggembul

Tidak hanya lontong petis saja, Kota Lumajang juga punya kuliner yang memakai lontong lainnya yaitu lontong kupang. Meski dikenal sebagai makanan khas Surabaya, lontong kupang sudah menyebar ke beberapa daerah, termasuk Lumajang. Bahkan kuliner ini sudah menjadi legenda di Kota Lumajang, yakni Lontong Kupang Adel.

10. Bakso bumbu rujak.

10 Kuliner khas Lumajang, dijamin bikin nagih

foto: Instagram/@coach_diant

Jika bakso biasanya dengan kuah bening dan bumbu gurih, di kota ini ada bakso yang bumbunya berbeda dengan bakso pada umumnya lho. Bakso dengan campuran bumbu kacang dan kuah bakso ini menciptakan rasa asam dan gurih. Jika kamu berkunjung ke Lumajang, jangan lupa untuk mencoba bakso yang khas ini ya.

Nah, itulah beberapa kuliner khas Lumajang yang wajib kamu coba saat berkunjung ke kota Lumajang. Sudah siap wisata kuliner di Lumajang?

Reporter: Nazaroh Awalia

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya