10 Manfaat sahur bagi kesehatan, cegah hipoglikemia

21 / 04 / 2021 23:20 WIB Rizka Mifta
10 Manfaat sahur bagi kesehatan, cegah hipoglikemia
foto: freepik.com

Brilio.net - Salah satu yang khas dari bulan Ramadhan adalah momen sahur. Ya, kegiatan makan dan minum ini menjadi sumber tenaga untuk kamu saat berpuasa. Nggak sekadar mencukupi gizi, sahur juga menjaga kandungan cairan di dalam tubuh. Sehingga kamu bisa beraktivitas dengan lancar selama berpuasa. Ditambah lagi, melaksanakan sahur juga menjadi salah satu sunnah nabi Muhammad SAW.

Nabi Muhammad berpesan, "Bersahurlah walau hanya dengan sebiji kurma atau seteguk susu."

Dengan melakukan sahur, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat lho, terutama untuk kesehatan. Meskipun kamu harus menahan lapar dan haus selama beberapa jam, menariknya justru puasa membuat organ-organ tubuh semakin sehat. Potensi penyakit seperti gangguan jantung, diabetes, hingga strok bisa diminimalisir dengan melakukan puasa. Menariknya lagi, ibadah ini juga mampu mencegah hipoglikemia.

Nah kulik yuk manfaat lain dari melaksanakan sahur! Simak selengkapnya dalam ulasan brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (22/4) berikut ini.

1. Menjaga sistem kekebalan tubuh.

Manfaat sahur bagi kesehatan  freepik.com

foto: freepik.com

Memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat, akan membuatmu terlindungi dari serangan penyakit. Salah satu cara untuk mendapatkannya adalah melakukan sahur. Ahli kesehatan mengatakan bahwa dengan sahur, sistem kekebalan tubuh akan menjadi lebih baik.

Dengan melaksanakan sahur, sistem kekebalan tubuh akan terjaga. Beragam penyakit yang timbul akibat bakteri atau virus akan lebih sulit menyerang. Kamu bisa menunjang manfaat ini dengan tambahan asupan makanan bergizi, vitamin, dan juga susu.

2. Menjaga berat badan.

Manfaat sahur bagi kesehatan  freepik.com

foto: freepik.com

Melakukan sahur juga bisa menjaga berat badanmu lho. Untuk mendistribusikan energi, tubuh akan melakukan berbagai cara seperti memecah lemak dan protein sebagai sumber energi tubuh. Hal ini membuat penurunan berat badan selama puasa. Dengan sahur dan berpuasa, kamu bisa mengatur berat badan dengan sehat. Cara ini juga lebih alami untuk dilakukan.

3. Menjaga pencernaan.

Manfaat sahur bagi kesehatan  freepik.com

foto: freepik.com

Nggak hanya mengisi perut, dengan melakukan sahur kamu sekaligus menjaga sistem pencernaan tubuh. Makan sahur penting dilakukan untuk mengisi lambung. Manfaat sahur bagi kesehatan dapat mencegah pengeluaran asam lambung berlebih selama berpuasa. Pasalnya, ketika lambung dalam kondisi kosong dalam jangka waktu lama akan menyebabkan peningkatan kadar asam lambung. Jika hal ini terjadi di bulan Ramadhan, maka kondisi ini tentu akan mengganggu aktivitasmu.

4. Mencegah dehidrasi.

Manfaat sahur bagi kesehatan  freepik.com

foto: freepik.com

Yap, rasa dehidrasi karena kekurangan cairan tubuh bisa menjadi satu kondisi yang membahayakan untuk tubuh. Karena kamu harus tahu, setiap harinya tubuh membutuhkan sekitar 2 liter air. Nah, karena waktu untuk minum lebih terbatas ketika bulan Ramadhan, maka momen sahur menjadi kegiatan yang penting untuk mengisi kebutuhan cairan tubuh.

Ketika kamu nggak melakukan sahur, maka cadangan cairan dalam tubuh akan semakin menipis. Dampaknya kamu akan lebih mudah merasa lemas selama seharian. Selain itu, gejala dehidrasi yang timbul juga berupa rasa haus berlebih, konsentrasi yang menurun, hingga jumlah urine yang sangat sedikit. Untuk mengantisipasinya, disarankan untuk minum air paling tidak 2 gelas saat sahur.

5. Menjadi sumber energi.

Manfaat sahur bagi kesehatan  freepik.com

foto: freepik.com

Selain memasok asupan cairan tubuh, sahur juga menjadi sumber energi dalam satu hari. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, pilih makanan yang mengandung nutrisi lengkap. Jangan lupa kombinasikan juga dengan sayur dan buah-buahan untuk memenuhi kandungan serat tubuh. Sehingga pencernaan pun akan semakin sehat, meskipun tidak ada asupan makanan selama beberapa jam kedepan.

6. Mencegah serangan penyakit.

Manfaat sahur bagi kesehatan  freepik.com

foto: freepik.com

Berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh, sahur diketahui dapat mengurangi potensi berbagai penyakit berbahaya seperti jantung, diabetes dan strok yang diakibatkan oleh sindrom metabolik. Sindrom metabolik adalah sebuah kondisi kesehatan yang memburuk dan terjadi pada waktu yang bersamaan. Hal ini dapat diindikasikan melalui naiknya tekanan darah, kolesterol, gula darah, dan penumpukan lemak. Jadi manfaat yang satu ini akan sangat berguna untuk tubuh.

7. Mencegah hipoglikemia.

Manfaat sahur bagi kesehatan  freepik.com

foto: freepik.com

Hipoglikemia merupakan kondisi yang ditandai dengan gejala berupa badan terasa lemas, pusing, sulit berkonsentrasi, gemetar, keringat dingin, hingga dalam kondisi berat dapat menyebabkan pingsan. Jika dibiarkan tentu akan berdampak buruk pada tubuh. Cegah hipoglikemia dengan menyantap menu sahur. Karena tanpa pasokan makanan dalam jangka waktu yang lama selama berpuasa, gula darah akan terpakai oleh sel-sel tubuh sebagai sumber energi. Akibatnya, dapat terjadi hipoglikemia, yaitu kadar gula darah yang rendah.

8. Mencegah sakit kepala.

Manfaat sahur bagi kesehatan  freepik.com

foto: freepik.com

Kalau kamu kerap merasakan sakit kepala, cobalah untuk membiasakan diri melakukan sahur sebelum berpuasa. Apalagi untuk kamu yang memiliki asam lambung tinggi, kegiatan sahur wajib untuk kamu lakukan. Ketika kamu menahan rasa lapar seharian tanpa sahur, maka asam lambung akan naik dan dapat menimbulkan sakit kepala. Manfaat sahur bagi kesehatan ini penting, apalagi tanpa sahur, penderita GERD berisiko melukai lambungnya.

9. Melancarkan peredaran darah.

Manfaat sahur bagi kesehatan  freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat sahur selanjutnya adalah mampu melancarkan peredaran darah. Hal ini bisa kamu dukung dengan meminum banyak air putih hangat. Minum air hangat setelah tidur, mampu membuat lemak jahat berguguran. Dalam momen itu, tumpukan lemak dalam tubuh akan menghilang. Maka risiko penyakit kolesterol, jantung, dan hipertensi akan berkurang.

10. Menghindari sindrom metabolik.

Manfaat sahur bagi kesehatan  freepik.com

foto: freepik.com

Tahu nggak sih, pada saat tidur, tubuh akan memproduksi sejumlah hormon. Ada hormon pertumbuhan (HGH), hormon testosterone, melatonin, dan follicle stimulating hormone (FSH). Hormon-hormon tersebut memiliki peran penting bagi tubuh manusia yang melaksanakan ibadah puasa. Tetapi semakin malam, maka pertumbuhan hormon tersebut semakin berkurang.

Ketika terjadi, maka hormon kortisol atau hormon stres dalam tubuh akan mengalami peningkatan. Saat bangun, maka hormon kortisol akan menghilang seketika. Itulah mengapa manfaat sahur bagi kesehatan saat bangun hormon kortisol akan terhenti. Jika bisa menghilangkan hormon kortisol, maka tubuh sama dengan menghentikan penyakit yang suatu waktu akan terjadi karena hormon kortisol seperti, kencing manis, hipertensi, diabetes, hingga kolesterol.

(brl/lin)

Video

Selengkapnya

Karedok

  • Ayam Bakar Sambal Dabu-Dabu

    Ayam Bakar Sambal Dabu-Dabu

  • Ayam Goreng Kremes

    Ayam Goreng Kremes

  • Ayam Panggang Saus Cola

    Ayam Panggang Saus Cola

Review

Selengkapnya