20 Manfaat kencur untuk kesehatan dan kecantikan, atasi jerawat

09 / 07 / 2021 22:01 WIB Shofia Nida / Dwiyana Pangesthi
20 Manfaat kencur untuk kesehatan dan kecantikan, atasi jerawat
HL: Instagram/@brynisnacknshake; freepik.com

Brilio.net -Indonesia kaya akan tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai bahan obat-obatan tradisional ataupun jamu. Salah satu tumbuhan yang kerap dijadikan bahan jamu yakni kencur. Oleh pedagang jamu keliling, kencur biasanya diolah dengan beras hingga menjadi jamu beras kencur.

Selain menjadi bahan jamu,Kencurjuga identik sebagai bumbu dapur untuk penyedap masakan. Tanaman dengan nama Kaempferia galanga ini merupakan tanaman monokotil dalam keluarga tanaman jahe. Tanaman ini banyak ditemukan di wilayah Indonesia, Cina, Kamboja, India dan Taiwan. Selain itu, kencur juga banyak dibudidayakan di seluruh Asia Tenggara. Diketahui kencur kaya akan kandungan minyak atsiri dan senyawa alkaloid yang berkhasiat obat. Nggak heran jika kencur bisa dijadikan bahan dasar jamu tradisional.

Kencur memiliki sifat menghangatkan yang cocok bagi penderita flu atau sakit perut. Selain untuk menjaga kesehatan, ternyata kencur juga bermanfaat untuk kecantikan. Kandungan antioksidan, vitamin B1, vitamin C, dan vitamin E dipercaya dapat menjaga kulit dari paparan radikal bebas yang berbahaya. Dengan demikian, kulit jadi lebih terlindungi dan terhindar dari penuaan dini.

Nah, penasaran kan dengan manfaat kencur? Berikut 20 manfaat kencur untuk kesehatan dan kecantikan, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (9/7).

Manfaat kencur untuk kesehatan.

kencur untuk kesehatan dan kecantikan  2021 brilio.net

foto: freepik.com

1. Mengatasi batuk.

Kencur memiliki manfaat untuk mengobati batuk. Kencur bisa membuat tenggorokan kamu terasa lebih hangat. Manfaat kencur juga bisa mengencerkan dahak, melegakan tenggorokan. Seperti diketahui, kencur dapat memberikan efek antiinflamasi, antioksidan, dan bersifat analgesik.

Cara mengonsumsinya sebagai obat batuk pun cukup sederhana, yaitu dengan mencampurkan satu sendok teh kencur yang sudah dihaluskan dengan garam. Kemudian kencur dapat ditelan mentah-mentah. Kamu juga dapat melakukan cara lain dengan memarut kencur, lalu peras hasil parutan dan masukkan dalam sendok. Serta tambahkan sedikit madu kemudian minum.

2. Mengobati masuk angin dan flu.

Selain mengobati batuk, kencur juga bisa mengatasi masuk angin dan juga flu. Untuk mendapatkan manfaat ini kamu dapat mengonsumsinya dengan terlebih dahulu menumbuk sebuah kencur dan dua lembar daun kemukus. Lalu tambahkan air panas, ramuan ini diklaim bisa meredakan flu. Ramuan tersebut juga bisa dioleskan di sekitar hidung atau dibungkus kain agar aromanya dapat dihisap hidung.

3. Mengobati diare.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa meminum sari kencur dapat mengobati penyakit diare. Kandungan sitotoksik dan antibakteri yang ada di dalam kencur dapat membunuh bakteri jahat dan mencegahnya datang kembali. Cara menggunakannya yakni dengan mengambil sari kencur dan mencampurkan dengan sedikit air hangat. Minum setiap pagi hingga rasa mulas hilang.

4. Mengobati penyakit akibat bakteri.

Jangan salah, ekstrak methanol dari rimpang yang bercita rasa segar ini sangat efektif dalam menangkal dan mengatasi bakteri. Kencur dipercaya dapat mengatasi infeksi jamur. Termasuk bakteri penyebab penyakit sistem saraf pusat yang dinamakan Granulomatous amoebic encephalitis. Kencur juga mampu membunuh Acanthamoeba keratitis, bakteri penyebab infeksi pada kornea mata, maupun dalam mengatasi cacing parasit penyebab penyakit toksokariasis.

5. Mencegah kanker.

Salah satu kanker yang dapat dicegah oleh kencur yakni kanker lambung. Kanker lambung bisa dipengaruhi akibat adanya bakteri Helicobacter pylori sebuah bakteri ganas yang bisa menyerang lapisan lendir lambung ataupun dinding usus. Bakteri tersebut dapat mengakibatkan timbulnya gejala kanker pada lambung. Agar terhindar dari kanker lambung ini, kamu bisa minum secara rutin setiap hari sari kencur yang dicampurkan dengan setengah gelas air hangat. Aroma kencur yang berasal dari kandungan etil p-metoksi sinamat dan etil sinnamat juga dapat memberikan efek menenangkan.

6. Menurunkan tekanan darah.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat diatasi dengan herbal seperti, kencur. Kencur telah lama digunakan untuk mengobati hipertensi. Pasalnya kencur mengandung bermacam senyawa seperti kalium, antioksidan, dan senyawa yang bersifat diuretik. Kandungan di dalam kencur tersebut diketahui dapat menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil. Kencur pun baik dikonsumsi untuk melancarkan sirkulasi darah.

7. Meredakan nyeri dan peradangan.

Manfaat kencur berikutnya yaitu dapat meredakan nyeri dan peradangan. Sebab kencur mengandung zat yang bersifat antinyeri dan antiradang. Ketika tubuh mengalami peradangan atau nyeri, kamu bisa menggunakan kencur untuk meredakannya. Manfaat kencur ini sudah terkenal sejak dahulu, sehingga umum digunakan untuk meredakan nyeri akibat sakit kepala, sakit gigi, dan radang sendi.

8. Mengurangi stres.

Kencur dikenal sebagai salah satu tumbuhan yang bisa memberikan efek menenangkan pikiran dan meredakan rasa cemas serta stres. Efek ini bisa kamu peroleh dengan mengonsumsi kencur dan daun kencur sebagai jamu, suplemen atau aromaterapi. Selain itu diketahui, kencur dapat memperkuat daya tahan tubuh dan juga mengatasi sembelit.

9. Mencegah karies gigi.

Rupanya rimpang kencur ini juga memiliki manfaat untuk mencegah karies pada gigi. Seperti diketahui kencur memiliki sifat antimikroba. Antimikroba ini akan mencegah bakteri dan mikroba jahat pada mulut, sehingga apabila kamu mengonsumsi kencur, mulut kamu agar selalu sehat dan terbebas dari berbagai bakteri. Cara menggunakannya pun cukup mudah yakni dengan minum air sari kencur. Kamu juga bisa menggunakan larutan kencur untuk berkumur-kumur.

10. Menambah nafsu makan.

Manfaat kencur yang sangat terkenal adalah untuk menambah nafsu makan. Biasanya kencur dijadikan jamu beras kencur, yang bisa untuk dikonsumsi anak-anak yang bermasalah dengan nafsu makan. Konsumsi jamu beras kencur secara rutin mampu meningkatkan nafsu makan anak dan stamina tubuh. Kencur juga berkhasiat untuk mempertebal dinding perut. Manfaat ini cocok buat kamu yang memiliki masalah maag, yang menyebabkan penipisan dinding perut.

11. Menstabilkan kolesterol.

Manfaat kencur yang terakhir adalah menurunkan kolesterol. Kencur apabila dikonsumsi mentah akan meningkatkan produksi empedu dalam tubuh. Empedu berperan untuk penyerapan nutrisi dan menghilangkan racun seperti kolesterol jahat. Meski demikian, manfaat kencur sebagai makanan penurun kolesterol ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

12. Meningkatkan energi.

Kencur tergolong sebagai salah satu rempah-rempah yang berkhasiat mengembalikan atau meningkatkan energi. Untuk memperoleh khasiat dari kencur, kamu bisa merebus satu ruas kencur dengan satu gelas air lalu minum sebelum tidur secara rutin. Jika dibiasakan, saat bangun tidur tubuh akan merasa lebih segar dan berenergi.

Di daerah Tibet dan Jepang, banyak orang menggunakan dupa yang mengandung kencur. Dupa tersebut dipercaya bisa meningkatkan energi dan kesadaran, hingga mengurangi kelelahan.

Manfaat kencur untuk kecantikan.

kencur untuk kesehatan dan kecantikan  2021 brilio.net

foto: freepik.com

13. Dapat mengatasi jerawat.

Kencur sedikit banyak berguna untuk mencegah hormon yang dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat. Kencur juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi wanita yang sedang haid karena haid terkadang dapat menyebabkan pertumbuhan jerawat yang cepat pada wajah.

Kencur juga bisa mengobati jerawat yang muncul pada kulit. Sifat anti inflamasinya mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Kencur kaya akan mineral yang menyehatkan kulit. Mengaplikasikannya ke wajah atau mengonsumsinya secara rutin dapat mencegah jerawat dan menghaluskan kulit secara alami.

14. Mengontrol berat badan.

Bagi wanita, masalah berat badan berlebihan dan kurang bisa memengaruhi penampilan. Kencur dapat dikonsumsi oleh wanita untuk membantu mengontrol berat badan. Dengan memiliki berat badan yang ideal, daya tarik seorang wanita pun akan bertambah.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa mengonsumi jamu beras kencur secara teratur. Hal ini adalah cara yang lebih aman, dibanding kamu harus mengonsumsi produk penurun berat badan.

15. Mengencangkan kulit.

Setiap orang mendambakan kulit wajah yang tidak hanya putih dan mulus, tetapi juga kencang. Ketiganya merupakan satu paket yang tak terpisahkan untuk wajah terlihat cantik dan menawan. Jika kamu mengalami masalah kulit kurang kencang, cobalah untuk membuat ramuan masker wajah dengan beras kencur agar manfaat beras kencur untuk wanita ini dapat dirasakan.

Caranya, dengan merendam beras semalaman, haluskan beras dengan cara menumbuknya hingga lembut, jemur di bawah sinar matahari hingga kering, lalu parut kencur hingga lembut, campurkan parutan kencur dengan bubuk beras yang telah kering tadi, balurkan masker ke seluruh wajah selama 30 menit, bersihkan masker dengan tisu, bilas dengan air hingga bekas masker tidak tersisa. Lakukan perawatan ini minimal seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang memuasakan.

16. Menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit.

Selain dapat mengencangkan kulit, kencur juga bisa menjaga kelembapan dan kekenyalan alami pada kulit. Cara mendapatkan manfaat tersebut pun terbilang mudah, kamu hanya perlu menjadikan beras kencur sebagai masker wajah yang kamu gunakan rutin dan teratur.

Aplikasikan masker beras kencur ke seluruh wajah, diamkan selama 10 menit, bersihkan dengan air hangat atau air biasa, kemudian keringkan dengan handuk yang halus.

17. Mencerahkan kulit.

Kencur merupakan sumber antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. Kulit yang sehat terlihat dari kulit yang cerah atau tidak kusam. Kamu bisa memanfaatkan kencur sebagai masker pencerah kulit. Caranya, siapkan 2 sendok makan beras, air dan dua ruas kencur. Rendam beras dan haluskan bersama kencur dan air. Saring air beras kencur lalu diamkan beberapa saat sampai mengendap. Setelah mendapatkan endapan ini, buang airnya dan gunakan endapan beras kencur tersebut sebagai masker.

18. Mencegah penuaan dini.

Kandungan vitamin B1, vitamin C, vitamin E, asam ferulic dan alatonin yang dimiliki kencur dipercaya dapat menyamarkan kerutan di wajah dan mencegah penuaan dini. Selain mengonsumsinya sebagai minuman herbal, kamu juga bisa menjadikannya sebagai masker wajah. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan manfaat yang maksimal untuk kulit.

19. Mengontrol minyak.

Manfaat kencur untuk kecantikan selanjutnya adalah untuk mengontrol minyak di wajah. Wajah berminyak bisa menyebabkan kekusaman dan meningkatkan risiko munculnya jerawat. Sebagai solusi dari wajah berminyak, kamu bisa mencoba masker beras kencur untuk membuat kulit bebas minyak berlebih.

20. Mengatasi komedo.

Komedo membandel seringkali menganggu penampilan. Ekstraksi komedo tak jarang menimbulkan rasa sakit. Nah, cara mudah menghilangkan komedo tanpa rasa sakit adalah dengan mengaplikasikan kencur sebagai masker wajah.


(brl/lin)

Video

Selengkapnya

Pizza Brust Teflon

  • Macaroni Fruits Salad

    Macaroni Fruits Salad

  • Pandan Floating Island

    Pandan Floating Island

  • Donat Bomb Brulee

    Donat Bomb Brulee

Review

Selengkapnya