Brilio.net - Donat menjadi makanan favorit banyak orang. Kamu juga, kan? Nah, kalau selama ini kamu sangat familier dengan donat bertabur meses cokelat, remah-remah kacang, rasa kopi atau teh hijau, kamu patut tahu beragam rasa donat.

Jajanan yang khas dengan lubang di tengah ini ternyata ada yang nggak harus berbentuk lingkaran dan berlubang, lho. Rasa-rasanya juga macam-macam berdasarkan topping di atasnya, maupun yang memang berisi, dari yang rasanya gurih sampai manis.

Sebagaimana dilansir brilio.net dari berbagai sumber, berikut macam-macam rasa donat buat kamu pecinta jajanan ini. Ada yang dari Indonesia nggak, ya?

1. Bacon maple bar.


foto: firstwefeast.com

Donat yang bertopping maple beku dan irisan daging ini dijual di Voodoo Doughnut di Portland, Oregon, Amerika Serikat.

2. Foie gras.


foto: firstwefeast.com

Donat ini dibuat super manis, dijual di restoran Do or Dine, Brooklyn, New Tork , Amerika Serikat.

3. Old dirty bastard.


foto: firstwefeast.com

Donat ini dilapisi cokelat yang akhirnya membeku, bertabur oreo dan selai kacang. Hmmm... yummy! Donat ini dijual di Voodoo Doughnut.

4. Cereal doughnut.


foto: firstwefeast.com

Donat bertabur sereal warna-warni? Enak kali ya? Donat ini bisa didapatkan di Voodoo Doughnut.

5. Boss Hog.


foto: firstwefeast.com

Donat satu ini rasanya gurih karena ditaburi daging babi, salad kentang, disertai saus madu BBQ. Kamu yang makan daging babi, bisa juga cobain donat ini. Hanya aja tempat penjualannya di Gourdoughs di Austin, Texas, Amerika Serikat.

6. Mojito with candied mint leaf.


foto: firstwefeast.com

Donat ini unik karena diolesi mojito. Memangnya mojito apaan? Mojito adalah bahasa Spanyol untuk minuman beralkohol khas Kuba. Mojito ini biasanya terbuat dari rum putih, gula (biasanya gula tebut), limun, air soda, dan daun mint. Nah, untuk donat, mojito ini dalam bentuk yang melapisi si donat. Donat mojito dengan manisan daun mint ini dijual di Dough, Brooklyn.

7. Grilled cheese.


foto: firstwefeast.com

Donat jenis ini adalah donat dengan keju panggang. Dijual di Tom + Chee di kawasan-kawasan Ohio, Kentucky, Michigan, dan New Jerset, Amerika Serikat.

8. Blue sky.


foto: firstwefeast.com

Tak banyak keistimewaan dari donat ini, kecuali hanya bertaburkan hiasan warna biru di atasnya. Donat ini dijual di Rebel Donut, Albuquerque, New Mexico, Amerika Serikat.

9. Tres leches.



foto: firstwefeast.com

Donat ini diselimuti lapisan gula bubuk di seluruh permukaannya. Kemudian isi adonannya dibuat dari susu yang sudah dievaporasi, susu kental, dan krim. Tres Leches dijual di Doughnut Plant, New York, Amerika Serikat.

10. Pineapple basil.


foto: firstwefeast.com

Percaya nggak percaya, donat satu ini bertabur krim daun kemangi, kemudian dia tambahi olesan selai nanas dan ditaburi kacang  pistachio cincang di atasnya. Pineapple Basil ini dijual di Durham, North Carolina, Amerika Serikat.


Hmmm... gimana, Sobat Brilio? Jadi pengen jajan donat apa buat sendiri, nih? KLIK NEXT untuk tahu macam-macam rasa donat yang siapa tahu aja jadi inspirasimu buat bikin sendiri di rumah.

2 dari 2 halaman


11. Porkey's.


foto: firstwefeast.com

Donat ini berlapis daging babi (pork) sebagai pemberi rasanya. Donat porkey's ini dijual di Gourdoughs, Austin, Texas.

12. Lemon sichuan.


foto: firstwefeast.com

Donat lemon sichuan ini adalah donat dengan bahan utama sichuan pepper atau andaliman (bumbu masak khas Asia yang berasal dari kulit luar buah andaliman). Rasa andaliman sendiri agak pedas tapi tak sepedas cabai atau lada. Namun uniknya, aromanya adalah aroma jeruk yang lembut. Di Indonesia, andaliman juga sering disebut merica Batak karena sering dikenal dimanfaatkan dalam masakan suku Batak. Nah, kalau donat lemon sichuan yang dijual oleh toko Dynamo Donut, San Francisco, California ini menggabungkan rasa sichuan dengan lemon.

13. S'mores.


foto: firstwefeast.com

Donat S'mores berlapis cokelat yang sudah membeku, bertabur remah-remah biskuit, kemudian ada marshmallow panggang di atasnya. Donat ini dijual di Glazed Gourmet, Charleston, South Carolina, Amerika Serikat.

14. Black licorice.


foto: firstwefeast.com

Donat black licorice adalah donat yang berbahan krim telur cadbury sampai keju rasberi. Black licorice dijual di Dun-Well Doughnuts, Brooklyn.

15. Orangesicle.


foto: firstwefeast.com

Donat satu ini dilapisi gula bubuk terlebih dahulu, baru kemudian diberi lapisan rasa jeruk. Donat orangesicle bisa didapatkan di  Fractured Prune Doughnuts, Frederick, Maryland, Amerika Serikat.

16. Cheesy poof.


foto: firstwefeast.com

Donat ini sengaja dibikin kecil-kecil (miniatur donat) dengan rasa yang gurih karena sentuhan keju, jagung dna lain-lain. Donat ini dijual di Doughnuttery, New York.

17. Poi.


foto: firstwefeast.com

Perusahaan  Kamehameha Bakery di Honolulu,Hawaii memperkenalkan poi, donat ungu yang menggabungkan akar talas dan air.

18. Dead elvis.


foto: firstwefeast.com

Donat dead elvis ini dilapisi pisang, daging, selai kacang, dan jeli. Donat ini dijual di Psycho Donuts yang ada di Campbell dan San Jose, California.

19. Donat ubi ungu.


foto: resep-gogon.blogspot.com

Donat ubi ungu ini jadi produk ubi ungu yang sudah hits beberapa waktu belakangan selain bakpau ubi ungu, mi ubi ungu, sampai es krim ubi ungu. Selain dijual di toko-toko kue, kamu pun bisa membuatnya sendiri berdasarkan resep-resep yang mudah didapatkan di internet.

20. Donat madu.


foto: resepcaramemasak.info

Rasa donat madu nggak kalah enak dari donat franchise luar negeri yang ada di Indonesia, lho. Soalnya ada campuran madu di dalamnya. Madu sendiri sudah banyak dikenal khasiatnya untuk kesehatan, lho. Donat madu di Indonesia sudah ada dalam beberapa merek, beragam topping, dan tersebar cabangnya di beberapa kota, misalnya aja Jakarta, Bandung, Jogja, Surabaya, Cirebon, bahkan sampai Bali.