5 Bahan pangan untuk pertolongan pertama saat keracunan makanan

5 Bahan pangan untuk pertolongan pertama saat keracunan makanan

Brilio.net - Terkadang beberapa panganan yang dijual oleh para penjaja makanan tidak semuanya dalam keadaan higienis. Biasanya makanan tidak higienis ini lebih banyak ditemukan pada makanan yang dijual di pinggir jalan. Walau bisa saja, sebuah restoran menyajikan makanan yang kurang bersih.

Kebersihan makanan tentunya sangat memengaruhi kondisi tubuh seseorang. Jika makanan yang dimakan ternyata tidak higienis, hal ini dapat mengakibatkan keracunan makanan yang berbahaya bagi tubuh. Keracunan makanan sendiri merupakan kondisi yang muncul akibat mengonsumsi makanan yang telah terkontaminasi oleh organisme menular, seperti bakteri, virus dan parasit.

Ciri-ciri yang umumnya terjadi pada seseorang yang keracunan makanan adalah perut mual disertai kepala pusing, hingga muntah-muntah. Keracunan makanan jika tidak ditangani dengan segera dapat berakibat fatal bahkan dapat berujung kematian.

Nah agar hal tersebut tidak terjadi, berikut ini 5 bahan pangan yang dapat digunakan sebagai pertolongan pertama saat mengalami keracunan makanan yang brilio.net lansir dari berbagai sumber, Selasa (10/4).

1. Air kelapa.

5 Bahan pangan untuk pertolongan pertama saat keracunan makanan

foto: lalpathlabs.com

Air kelapa memang sudah dikenal memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Kesegaran air kelapa selain dapat menghilangkan dehidrasi jga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi tekanan darah tinggi dan mengontrol diabetes. Tidak sampai disitu saja, air kelapa juga mampu menetralkan racun yang ada pada tubuh. Terutama gejala keracunan akibat kloramfenikol. Saat keracunan makanan kamu bisa langsung mengonsumsinya secara langsung tanpa tambahan apapun. Baiknya konsumsi jenis air kelapa hijau karena dinilai lebih memiliki khasiat unutk menetralkan racun dibanding jenis kelapa lainnya.

2. Susu murni.

5 Bahan pangan untuk pertolongan pertama saat keracunan makanan

foto: beveragemachinery.net

Selain sehat bagi tubuh, susu juga ternyata dapat berfungsi sebagai penetralisir saat keracunan makanan. Namun tidak semua jenis susu bisa menetralkan racun. Hanya jenis susu murni tanpa bahan kimia dan pemanis saja yang dapat menetralkan racun.

3. Air lemon.

5 Bahan pangan untuk pertolongan pertama saat keracunan makanan

foto: foodnetwork.com

Memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi membuat air lemon bisa berguna untuk melawan racun. Kandungan vitamin C pada lemon dpaat membantu melawan jamur, bakteri juga virus yang terdapat dalam makanan. Ketika mengalami keracunan makanan kamu bisa mencampurkan satu hingga dua sendok teh air lemon dengan air putih hangat lalu aduk hingga rata dan minum dengan segera. Jika dirasa terlalu asam, kamu bisa menambahkan sedikit madu pada campuran tersebut.

4. Bawang putih.

5 Bahan pangan untuk pertolongan pertama saat keracunan makanan

foto: medicalnewstoday.com

Penggunaan bawang putih pada kuliner yang difermentasikan ternyata berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan racun. Ternyata hal ini tidak hanya berlaku pada makanan tetapi juga pada tubuh. Jadi kamu bisa menggunakan bawang putih sebagai pertolongan pertama saat mengalami keracunan makanan dengan cara mengonsumsinya secara langsung agar segera mendapatkan efeknya.

5. Air putih.

5 Bahan pangan untuk pertolongan pertama saat keracunan makanan

foto: lakesindianrestaurant.com

Ya, minuman yang pasti dibutuhkan oleh tubuh manusia ini juga mampu menetralisir racun. Kamu bisa meminum air putih dua hingga tiga gelas untuk mengeluarkan dan membersihkan racun dari dalam tubuh. Lebih baik gunakan air putih hangat karena dapat memberikan efek menenangkan perut yang mual dan mencegah dari terjadinya dehidrasi saat muntah-muntah.

(brl/fen)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya