5 Manfaat tinta cumi hitam bagi kesehatan, lawan radikal bebas

29 / 05 / 2021 04:01 WIB Shahfara Raida
5 Manfaat tinta cumi hitam bagi kesehatan, lawan radikal bebas
HL: Instagram/@momikeiluna dan freepik.com

Brilio.net - Cumi-cumi menghasilkan tinta hitam sebagai senjata untuk melindungi dari berbagai ancaman. Seperti burung laut, satwa laut lain, serta manusia. Tinta ini akan dikeluarkan oleh cumi saat keadaan terancam untuk kemudian kabur dan berlindung.

Tinta cumi ini dikenal juga dengan nama cephalopoda yang terbuat dari berbagai senyawa. Antara lain melanin, enzim, polisakarida, katekolamin atau hormon, logam kadmium, timah, tembaga, serta asam amino glutamat, taurin, alanin, leusin, dan aspartat.

Sejak berabad-abad yang lalu, tinta cumi ini sudah sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia. Contohnya digunakan pada obat-obatan tradisional, alat tulis, kesenian, bahan kosmetik, dan zat pewarna makanan.

Nah, sampai sekarang pun, tinta cumi ini masih banyak digunakan sebagai bahan maupun pewarna makanan. Seperti pada pasta, nasi, saus, serta campuran bumbu untuk hidangan cumi sendiri.

Selain memberi warna hitam pekat pada makanan dan dapat memperkaya rasa makanan, tinta cumi ini juga baik untuk kesehatan. Berikut lima manfaat mengonsumsi tinta cumi hitam untuk kesehatan yang telah dihimpun oleh brilio.net pada Sabtu (29/5).

1. Bersifat antimikroba.

5 Manfaat tinta cumi hitam  berbagai sumber

foto: freepik.com

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Library of Medicine, dilansir dari pubmed.ncbi,nlm,nih.gov, menemukan dari hasil tes tabung reaksi dan hewan jika tinta cumi bersifat antimikroba, sehingga bisa menetralkan bakteri dan virus berbahaya. Seperti bakteri yang bisa menimbulkan plak gigi serta bakteri dari makanan dan minuman.

2. Melawan radikal bebas.

5 Manfaat tinta cumi hitam  berbagai sumber

foto: freepik.com

Tinta cumi memiliki antioksidan yang tinggi, sehingga bisa membantu tubuh untuk melawan radikal bebas. Sebab, jika tingkat radikal pada tubuh terlalu tinggi, hal tersebut bisa berbahaya untuk kesehatan. Misalnya dapat meningkatkan risiko terkena kanker, penyakit jantung, serta diabetes.

3. Bersifat anti kanker.

5 Manfaat tinta cumi hitam  berbagai sumber

foto: freepik.com

Penelitian lainnya dari National Library of Medicine, mengungkap tinta cumi bisa mengurangi ukuran tumor dan mengurangi penyebaran sel kanker pada tubuh. Kandungan dari tinta cumi yang disebut dengan protein dan polisakarida inilah yang dapat bekerja untuk menekan pertumbuhan sel kanker, seperti pada kanker payudara, paru-paru, dan prostat.

4. Tinggi akan kandungan zat besi.

5 Manfaat tinta cumi hitam  berbagai sumber

foto: freepik.com

Pada penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Food Science, dilansir dari liputan6.com, ditemukan bahwa tinta cumi dapat mengurangi anemia atau kurangnya zat besi pada tikus.

Maka dari itu, zat besi ini baik untuk membantu produksi hemoglobin dan mioglobin. Yaitu protein pada sel darah merah yang bisa membantu menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Namun, penelitian lebih lanjut, khususnya untuk manusia masih perlu dilakukan lebih lanjut.

5. Pengganti micin yang alami.

5 Manfaat tinta cumi hitam  berbagai sumber

foto: Instagram/@momikeiluna

Tinta cumi tinggi akan kandungan asam glutamat yang bisa menghasilkan rasa lebih nikmat pada masakan. Nah, dengan menggunakan tinta cumi hitam pada masakan, itu artinya juga bisa mengurangi penggunaan garam dan MSG.

Bahkan tinta cumi bisa menggantikan peran kedua bahan tersebut secara alami. Namun, bagi orang-orang yang memiliki alergi atau sensitif terhadap sumber glutamat lainnya seperti MSG, sebaiknya menghindari tinta cumi ini agar tidak berisiko bahaya pada kesehatan.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Gado-gado

  • Tim Ikan Kakap Merah

    Tim Ikan Kakap Merah

  • Kentang Balado Petai

    Kentang Balado Petai

  • Bakwan Sayur

    Bakwan Sayur

Review

Selengkapnya