6 Kreasi es krim dengan rasa unik, ada yang dari nasi padang

12 / 03 / 2021 21:02 WIB Syifa Fauziah
6 Kreasi es krim dengan rasa unik, ada yang dari nasi padang

Brilio.net - Siapa sih yang nggak suka es krim? Makanan dingin yang memiliki rasa manis ini digemari oleh semua kalangan, baik anak kecil maupun orang tua. Bahkan es krim dipercaya mampu meningkatkan mood seseorang, lho.

Es krim sendiri terbuat dari campuran susu dan krim. Seiring berkembangnya zaman, es krim memiliki banyak sekali rasa, mulai cokelat, vanilla, hingga rasa buah. Semua rasa es krim sendiri bisa disesuaikan dengan lidah setiap penikmatnya.

Kalau biasanya es krim dengan rasa-rasa yang umum kita santap, ada beberapa orang kreatif yang menciptakan es krim dengan rasa unik. Berikut kumpulan es krim dengan rasa unik seperti dihimpun Brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (12/3).

1. Es krim nasi padang.

@siscakohl

Bikin Es Krim rasa NASI PADANG bareng @aliyyah.kohl dengan chopper @mitochiba.id dan mixer @mito.id ##fyp ##mito ##steincookware

Monkeys Spinning Monkeys - Kevin MacLeod

Baru-baru ini sebuah video menghebohkan jagat dunia maya. Pasalnya seorang seleb TikTok bernama Sisca Kohl bereksperimen membuat es krim dengan cita rasa nasi padang.

Bersama sang adik, Aliyyah Kohl, mereka membuat es krim tak biasa tersebut karena banyaknya permintaan dari para pengikutnya.

"Es krim nasi padang check. Banyak sekali dari kalian yang request," ucapnya dalam video dari akun Tiktok @siscakohl.

Kedua seleb TikTok itu pun membagikan cara membuat es krim tersebut dengan menambahkan rendang, sayur daun singkong, perkedel, bumbu, gulai, dan sambal sebagai menu yang kerap ada saat membeli nasi padang.

Bahan-bahan tersebut kemudian diblender hingga halus. Setelah halus mereka menambahkan bubuk es krim dan di-mixer selama 10 menit. Setelah semua tercampur rata, adonan tersebut ditaruh di wadah dan dibiarkan 25 menit di lemari es hingga beku.

Untuk memberi cita rasa makin lezat, ia pun menambahkan topping rendang, daun singkong, dan beberapa butir nasi. Es krim tersebut pun siap disantap.

2. Es krim sayur.

Kumpulan kreasi es krim dengan rasa yang unik © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@studiokopi

Seperti kita tahu bahwa sayur merupakan salah satu makan yang memiliki kandungan vitamin yang bagus untuk kesehatan tubuh. Sayangnya, tidak semua orang suka makan sayur. Hal itu membuat kita harus memutar otak untuk tetap bisa menikmati sayur dengan cara yang berbeda.

Sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta membuat inovasi menarik dari sayuran yang diolah menjadi es krim. Salah satu perwakilan kelompok tersebut, Ada Marliyoda Aji Pangestu mengatakan bahwa es krim tersebut dibuat untuk solusi bagi anak-anak yang tidak suka makan sayur.

"Es krim ini cocok untuk anak-anak yang nggak suka sayur," ujarnya seperti dilansir Brilio.net dari Merdeka.com, Jumat (12/3).

Marliyoda pun menjelaskan mengenai cara pembuatan es krim sayur tersebut. Pertama-tama, blender 100 mililiter susu rendah lemak, 1/4 sendok makan gula, satu bungkus susu kental manis, beberapa helai sayuran dan sedikit garam. Setelah tercampur, masukkan adonan lalu masukkan ke mesin pembeku. Tunggu sampai adonan mengeras. Setelah mengeras, masukkan ke dalam lemari es sebelum disantap.


3. Es krim burger.

Kumpulan kreasi es krim dengan rasa yang unik © 2021 brilio.net

foto: Twitter @darshanpathak

Burger salah satu makanan yang digemari banyak orang. Makanan asin ini terdiri dari tumpukan roti dengan isian daging, sayur, dan mayones.

Kalau biasanya kita makan burger langsung disantap, bagaimana bila burger dijadikan es krim? Dilansir dari akun Twitter @darshanpathak, Jumat (12/3), burger dijadikan bahan utama pembuatan es krim roll yang teknik pembuatannya dengan menghancurkan burger dan dicampurkan krim dan susu.

Dalam video singkat tersebut, terlihat penjual es krim kaki lima di Pakistan tengah mengeluarkan Chicken Mac Burger dari McDonald's.

"McDonald's pasti akan berhenti menjual burger ayam setelah melihat video ini," tulis @darshanpathak.

Awalnya burger ayam itu diletakkan di atas besi lempengan tempat membuat es krim roll. Kemudian burger dihancurkan hingga bentuknya menyerupai potongan kecil, lalu disiram dengan dua gelas susu putih kemudian diratakan hingga halus.

Dalam video tersebut terlihat para pembeli merasa heran dengan es krim cita rasa unik itu. Namun tak sedikit dari mereka yang penasaran ingin mencicipi.


4. Es krim kecap manis.

@siscakohl

Bikin es krim rasa KECAP bareng adikku @aliyyah.kohl ##fyp

original sound - Sisca Kohl

Kecap manis biasanya disajikan sebagai pelengkap makanan. Tapi bagaimana jika kecap dijadikan sebagai topping es krim?

Seorang seleb TikTok dari akun @siscakohl menikmati es krim dengan cara yang berbeda karena menambahkan kecap manis sebagai bahan campuran es krim.

Seperti membuat es krim nasi padang, Sisca juga harus menunggu selama 25 menit sampai es krim mengeras. Saat es krimnya telah jadi, ia tampak senang dan tak sabar mencicipinya.

Walaupun es krim rasa kecap manis ini tampak aneh, tapi menurut Sisca dan adiknya itu, rasanya enak.

"Hm enak banget!" ujarnya.


5. Es krim seblak.

@siscakohl

Bikin es krim rasa SEBLAK check bareng @aliyyah.kohl ! ##fyp

Spongebob - Dante9k

Seblak salah satu makanan khas Jawa Barat yang memiliki cita rasa pedas. Seblak memiliki banyak topping di dalamnya mulai dari bakso, sayur, ayam, sosis, ceker, makaroni, dan lainnya. Seblak ini dibumbui dengan kencur yang membuat rasanya makin khas.

Seorang seleb TikTok Sisca Kohl kembali bereksperimen membuat makanan-makanan unik. Kali ini ia membuat es krim dengan cita rasa seblak. Sisca mengatakan bahwa seblak merupakan makanan favoritnya sehingga ia terinspirasi membuat es krim dari seblak.

Dalam video tersebut, ia pun mencampurkan kuah seblak ke dalam adonan es krim. Setelah es krim seblak membeku, Sisca dan sang adik pun menambahkan topping ayam, bakso, kerupuk, dan lainnya ke atas es krim tersebut.

Meskipun terlihat aneh, namun Sisca mengatakan bahwa es krim tersebut memiliki rasa yang lezat.

"Ternyata rasanya enak banget, kayak kuah seblak susu yang dingin. Aku bener-bener suka banget, ini bisa jadi cara baru makan seblak!" ungkap Sisca.


6. Es krim sushi.

Kumpulan kreasi es krim dengan rasa yang unik © 2021 brilio.net

foto: soranews24.com

Bukan Jepang namanya kalau tidak membuat kreasi makaman dengan rasa yang tak terduga. Belum lama ini sebuah toko es krim di di Tokyo, Jepang, bernama Koko Shiga membuat kreasi es krim dengan rasa Sushi. Dilansir dari Soranews24, Jumat (12/3), es krim anti mainstream tersebut terbuat dari funazushi, yakni salah satu jenis sushi yang memiliki bau menyengat.

Funazushi dibuat dari bahan baku ikan funa, yang difermentasi dengan garam selama satu tahun. Kemudian, ikan tersebut dicampurkan dengan beras, yang sebelumnya telah melalui masa fermentasi selama empat tahun.

Seperti es krim pada umumnya, es krim funazushi juga disajikan dengan cup kecil. Agar lebih menarik, es krim yang satu ini juga diberi topping berupa wafer berbentuk ikan funa. Berani mencicipi?


(brl/tin)

Review

Selengkapnya