6 Makanan ini bisa sebabkan susah BAB, lebih baik dikurangi

6 Makanan ini bisa sebabkan susah BAB, lebih baik dikurangi

Brilio.net - Susah buang air besar atau BAB sering dikeluhkan oleh sebagian orang. Keluhan tersebut bisa disebabkan sejumlah faktor, salah satunya yakni oleh makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Akibatnya, kita bisa saja mengalami sakit perut, feses terasa keras, bahkan yang paling parah kadang keluar darah saat buang air besar.

Kekurangan cairan tubuh serta kurangnya konsumsi makanan berserat merupakan faktor yang sering menyebabkan susah BAB. Selain itu, pola makan yang tak teratur juga dapat memicu hal tersebut. Agar BAB kita lancar, kita perlu mengetahui jenis-jenis makanan apa saja yang bisa menyebabkan susah buang air besar.

Apa saja? Berikut 6 makanan yang dapat membuat susah buang air besar yang dirangkum brilio.net dari liputan6.com, Kamis (18/7).

1. Snack.

6 Makanan ini bisa sebabkan susah BAB, lebih baik dikurangi
foto: liputan6.com

Keripik olahan ataupun snack yang bisa kamu konsumsi sebagai camilan memiliki kandungan lemak dan garam yang sangat tinggi. Kandungan garam yang ada pada keripik atau snack tersebut bisa membuat kamu dehidrasi, dan mengurangi cairan untuk memproses makanan dalam tubuh. Akibatnya feses menjadi lebih sulit untuk didorong keluar.

Selain itu, zat kimia seperti penambah rasa dan pengawet yang terdapat pada snack juga berbahaya bagi kesehatan. Untuk menghindari susah buang air besar karena makan snack, kamu bisa menyelinginya dengan mengonsumsi buah buahan.

2. Produk olahan susu.

6 Makanan ini bisa sebabkan susah BAB, lebih baik dikurangi
foto: liputan6.com

Makanan yang bikin susah buang air besar selanjutnya adalah produk olahan susu. Sebut saja keju, es krim, dan produk susu lainnya mengandung lemak yang tinggi dan berbanding terbalik dengan kandungan seratnya yang hanya sedikit. Produk olahan dari susu sapi biasanya dapat mengakibatkan susah buang air besar, terutama pada balita. Untuk itu, konsumsi buah buahan untuk mengatasinya.

3. Makanan tinggi karbohidrat.

6 Makanan ini bisa sebabkan susah BAB, lebih baik dikurangi foto: liputan6.com

Makanan tinggi karbohidrat juga bisa menyebabkan susah buang air besar. Makanan tinggi karbohidrat seperti nasi putih, roti tawar putih, dan pasta yang sering kamu konsumsi ternyata juga bisa memicu susah buang air besar. Alasannya adalah karena makanan-makanan tersebut rendah serat dan rendah cairan, tapi tinggi lemak. Kamu bisa mengonsumsi makan bergizi seperti buah buahan, sayuran, dan minum air putih yang cukup untuk mengatasinya.

4. Makanan yang digoreng dengan tepung.

6 Makanan ini bisa sebabkan susah BAB, lebih baik dikurangi foto: shutterstock

Makanan-makanan seperti gorengan, donat, kentang goreng dan lain sebagainya merupakan makanan yang bisa memicu susahnya buang air besar. Hal ini karena jenis makanan ini dapat memperlambat sistem pencernaan. Bahkan bisa lebih buruk lagi bila kamu mengonsumsi makanan yang menggunakan tepung roti, seperti chicken katsu.

Walaupun makanan-makanan tersebut memiliki rasa yang sangat enak, namun kamu tidak boleh mengonsumsinya terlalu sering. Dengan lemak jenuh yang sangat tinggi, makanan tersebut dapat memperlambat jalannya pencernaan kamu.

5. Frozen Food.

6 Makanan ini bisa sebabkan susah BAB, lebih baik dikurangi
foto: shutterstock

Frozen food biasanya menjadi pilihan praktis untuk olahan lauk. Rasanya yang enak dan juga bisa mengolahnya dengan cepat membuat frozen food menjadi pilihan yang memudahkan. Tapi ternyata mengonsumsi frozen food bisa membuat kamu jadi susah buang air besar.

Kebanyakan dari frozen food ini memiliki lemak yang tinggi dan rendah serat. Apalagi bila makanan tersebut nantinya digoreng, membuatnya menjadi bahaya yang komplit sebagai penyebab susah buang air besar.

Selain itu, kandungan sodiumnya tinggi dan bisa mengikat air. Akhirnya tubuh kekurangan cairan untuk mendorong sisa pencernaan. Jadi kamu tentunya harus banyak banyak mengonsumsi buah dan sayur agar terhindar dari penyakit ini.

6. Pisang yang Belum Matang.

6 Makanan ini bisa sebabkan susah BAB, lebih baik dikurangi foto: thespruceeats.com

Tentunya kamu akan terkejut dengan adanya pisang di daftar penyebab susah buang air besar. Padahal biasanya pisang malah bisa membuat lancarnya pencernaan. Tapi ternyata pisang yang berwarna hijau atau masih belum matang malah bisa menyebabkan susah buang air besar.

Jadi kamu harus mengimbangi konsumsi makanan kamu dengan buah buahan dan sayuran agar terhindar dari penyebab susahnya buang air besar.

(brl/red)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya