7 Fakta festival kuliner terbesar di Indonesia ini wajib dikunjungi

7 Fakta festival kuliner terbesar di Indonesia ini wajib dikunjungi
Food vlogger Magdalena (baju merah), Brand Manager Teh Pucuk Harum, Yustina Amelia, dan Filbert, owner Ayam Geprek Crisbar (Foto-foto: Brilio.net/yani andryansjah)

Brilio.net - Dunia kuliner saat ini bukan lagi sekadar urusan mengisi perut, tapi sudah menjadi gaya hidup. Dari sisi industri pun kuliner terus mengalami revolusi yang cukup masif. Beragam aneka sajian kuliner terus bermunculan. Dari mulai inovasi makanan tradisi hingga sajian baru yang semakin menambah pilihan untuk memanjakan indera perasa kita.

Tak hanya itu, tidak sedikit kuliner yang kini menjadi bagian dari pendorong pariwisata. Jadi Sobat Brilio jangan heran kalau saat ini banyak banget orang yang sengaja mengunjungi destinasi wisata hanya sekadar untuk merasakan kelezatan suatu makanan. Wisata kuliner saat ini sudah tidak asing di telinga.

7 Fakta festival kuliner terbesar di Indonesia ini wajib dikunjungi

Karena itu wajar jika saat ini banyak industri berusaha memperkenalkan sajian kuliner dalam sebuah ajang festival. Salah satunya Pucuk Coolinary Festival. Setelah sukses menggelar ajang serupa tahun lalu di Malang dan Bandung, kini Pucuk Coolinary Festivall 2019 bakal kembali di gelar.

“Momen kulineran bisa jadi wadah saling mengenal foodies lain dan membentuk komunitas positif. Makanya kalau ngaku pecinta kuliner , wajib datang ke acara festival kuliner, terutama yang berskala besar seperti Pucuk Coolinary Festival ini,” ujar food vlogger ternama Magdalena (@Mgdalenaf) saat jumpa pers di Jakarta baru-baru ini.

Lantas seperti apa acara festival kuliner terbesar di Indonesia ini akan digelar? Berikut 7 fakta Pucuk Coolinary Festival 2019 yang wajib kamu datangi.

1. Digelar di lima kota di Indonesia

7 Fakta festival kuliner terbesar di Indonesia ini wajib dikunjungi

Kali ini tak tanggung-tanggung. Pestanya para foodies ini akan dihelat di lima kota di Indonesia yakni Yogyakarta, Palembang, Medan, Makassar, dan Denpasar. Sebagai acara pesta kuliner terbesar yang menampilkan lebih dari 100 tenant kuliner favorit, Pucuk Coolinary Festival 2019 bakal menyajikan beragam kuliner, mulai dari makanan tradisi hingga yang lagi hits saat ini.

“Kita tahu kelima kota tersebut kaya kuliner legendaris, favorit, dan kekinian. Sebut saja Yogyakarta dengan gudegnya. Lalu Palembang dengan pempek. Makassar terkenal dengan cotto Makassar, Medan dengan lontong, dan Bali yang terkenal makanan dengan sambal matah,” tutur Brand Manager Teh Pucuk Harum, Yustina Amelia saat jumpa pers di Jakarta baru-baru ini.

2. Tiga zona kuliner yang bisa memanjakan lidah

7 Fakta festival kuliner terbesar di Indonesia ini wajib dikunjungi

Konsep yang ditawarkan dalam ajang ini masih tetap sama. Pengunjung bisa menikmati sajian kuliner di tiga zona berbeda yakni, gurih, manis, dan pedas.

“Dengan menghadirkan lebih dari 100 tenant kuliner favorit, para foodies bisa menemukan semua rasa favoritnya langsung di satu tempat tanpa perlu menempuh jarak yang jauh dari satu lokasi ke lokasi lainnya,” ujar Yustina.

3. Target pengunjung yang lebih besar

7 Fakta festival kuliner terbesar di Indonesia ini wajib dikunjungi

Acara ini ditargetkan bisa menyedot perhatian pengunjung di masing-masing kota. Sebagai gambaran, ajang Pucuk Coolinary Festival 2018 di Malang dihadiri lebih dari 58 ribu pengunjung, sedangkan di Bandung 83 ribu pengunjung. Jadi total ada 140 ribuan pengunjung. Tahun ini diharapkan bisa mendatangkan pengunjung lebih banyak lagi. Gelaran pertama Pucuk Coolinary Festival 2019 akan berlangsung di Yogyakarta, 30-31 Maret 2019.

4. Tiketnya gratis, harga makanan dan minuman terjangkau

7 Fakta festival kuliner terbesar di Indonesia ini wajib dikunjungi

Sama seperti tahun lalu, tiket festival kuliner ini gratis. Sudah gitu, pengunjung juga bisa menikmati sajian berbagai kuliner dengan harga terjangkau. Harga yang ditawarkan dalam festival ini sama dengan tarif yang diterapkan toko atau gerai yang bersangkutan. Selain itu di acara ini juga bakal ada sesi Happy Hour di mana ada potongan harga spesial Rp 10 ribu di semua tenant pada waktu tertentu.

5. Lomba makan mie super pedas

7 Fakta festival kuliner terbesar di Indonesia ini wajib dikunjungi

Nah di acara ini bukan hanya festival kuliner saja lho. Bakal banyak acara seru, salah satunya Spicy King Noodle Contest. Tapi ingat ya!Lomba ini hanya untuk yang suka pedas. Ini adalah lomba makan mie jumbo pedas dalam waktu dan level pedas tertentu. Buat yang juara, hadiahnya seru banget lho.

6. Bagi-bagi 10 ribu porsi makanan

7 Fakta festival kuliner terbesar di Indonesia ini wajib dikunjungi

Acara seru lainnya, Teh Pucuk Harum akan membagikan 10 ribu porsi makanan secara gratis. Pengunjung hanya diminta menukarkan dua botol kosong Teh Pucuk selama acara berlangsung. Tuh seru banget kan.

7. Peduli UKM nih

7 Fakta festival kuliner terbesar di Indonesia ini wajib dikunjungi

Tidak hanya memanjakan foodies, acara ini juga menjadi ruang bagi perkembangan usaha kuliner lokal agar lebih dikenal masyarakat, khususnya pecinta kuliner. Selain itu Teh Pucuk juga berkomitmen mendorong perkembangan kuliner di Indonesia dengan memberikan apresiasi pada para tenant lewat program “Pemilihan Tenant Favorit”.

Tenant yang terbaik menurut pilihan foodies akan mendapat hadiah uang jutaan rupiah sebagai modal untuk mengembangkan bisnis kulinernya.“Saya berharap agar festival kuliner yang bisa mewadahi pelaku bisnis lokal seperti Pucuk Coolinary Festival bisa terus konsisten dan bisa terus memperluas jangkauannya di seluruh wilayah Indonesia agar para pelaku bisnis lokal dari kota lain juga bisa semakin maju dan dikenal,” ujar Filbert, owner Ayam Geprek Crisbar yang jadi pemenang Tenant Favorit di Pucuk Coolinary Festival 2018 di Bandung.

(brl/red)

Video

Selengkapnya

Jalan Makan Kedai Skuuy, makan bakso mercon ditambah iga bakar sepuasnya

  • Jalan Makan La Riviera, menikmati makanan Nusantara ditemani suasana Eropa

    Jalan Makan La Riviera, menikmati makanan Nusantara ditemani suasana Eropa

  • Jalan Makan This or That, Martabak Terenak Untuk Jajanan Sore Kamu Yang Mana?

    Jalan Makan This or That, Martabak Terenak Untuk Jajanan Sore Kamu Yang Mana?

  • Jalan Makan Sir Loin, uniknya makan steak yang di-aging dengan bubuk kopi

    Jalan Makan Sir Loin, uniknya makan steak yang di-aging dengan bubuk kopi

Review

Selengkapnya