7 Manfaat temulawak untuk kesehatan, menurunkan kolesterol

7 Manfaat temulawak untuk kesehatan, menurunkan kolesterol

Brilio.net - Sejak dulu, temulawak dikenal sebagai salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak kasiat bagi kesehatan. Tumbuhan yang memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza itu sering menjadi bahan baku obat tradisional untuk berbagai penyakit.

Di Indonesia, temulawak merupakan rempah-rempah yang sangat populer. Beragam manfaat bagi kesehatan terkandung dalam temulawak, terlebih bagian akar dan batangnya. Tak heran, apabila temulawak sering direkomendasikan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat.

Apa saja? Dilansir brilio.net dari liputan6.com, Senin (15/7) berikut 7 manfaat temulawak bagi kesehatan.

1. Meningkatkan daya tubuh.

7 Manfaat temulawak untuk kesehatan, menurunkan kolesterol foto:health.org

Temulawak sering kali digunakan sebagai bahan untuk membuat obat-obatan tradisional seperti jamu. Kandungan temulawak berupa vitamin dan mineral bermanfaat bagi peningkatan daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

2. Mengatasi peradangan.

7 Manfaat temulawak untuk kesehatan, menurunkan kolesterol
foto: medicalnewstoday.com

Temulawak memiliki kandungan berupa kurkumin dan minyak esensial yang memiliki sifat antiinflamasi. Maksudnya, kandungan tersebut dapat mencegah terjadinya peradangan di tubuh. Bagi para penderita ostheoarthiritis atau peradangan sendiri, temulawak sangat direkomendasikan, sebab dapat meredakan rasa sakit pada sendi.

Ekstrak temulawak memiliki khasiat yang alami sehingga tidak menimbulkan efek samping bagi tubuh. Temulawak dapat dikonsumsi dengan cara dibakar terlebih dahulu. Setelah itu, temulawak dikupas dan direbus menggunakan air lalu diminum setelah dingin.

3. Meningkatkan nafsu makan.

7 Manfaat temulawak untuk kesehatan, menurunkan kolesterol foto: shutterstock.com

Temulawak juga memiliki khasiat untuk meningkatkan nafsu makan, terlebih pada anak-anak. Oleh karena itu, orangtua dapat memberikan temulawak sebagai obat penambah nafsu makan anak. Senyawa kurkumin pada temulawak mampu mengosongkan lambung sehingga anak akan merasa lebih cepat lapar.

Agar anak mau mengonsumsi temulawak, orangtua harus mengolah tanaman ini dalam bentuk yang menarik. Temulawak dapat dijadikan minuman hangat dengan merebusnya menggunakan asam jawa dan gula merah. Setelah selesai, cairan itu disaring dan dikonsumsi untuk anak-anak.

4. Menjaga fungsi hati.

7 Manfaat temulawak untuk kesehatan, menurunkan kolesterol
foto: liputan6.com

Temulawak juga memiliki khasiat yang baik untuk organ hati. Kandungan kurkumin bermanfaat mencegah sel-sel hari berlemak. Oleh sebab itu, temulawak dapat dijadikan obat tradisional bagi para pengidap penyakit hati.

Selain kurkumin, bagian bawah batang temulawak juga memiliki khasiat sebagai analgesik, antioksidan, dan antiinflamasi yang dapat mengobati penyakit hati. Temulawak dapat dikonsumsi untuk menghambat proses perkembangan penyakit hepatitis.

5. Mengatasi maag.

7 Manfaat temulawak untuk kesehatan, menurunkan kolesterol foto: liputan6.com

Penyakit maaf dapat diatasi dengan temulawak yang mengandung kukurmin, monoterpen, dan sekuiterpen. Penyakit perut tersebut dapat disembuhkan secara alami dengan mengonsumsi temulawak secara teratur.

Caranya, temulawak diracik dengan diiris tipis-tipis lalu direbus menggunakan air. Setelah mendidik, diamkan sampai dingin dan setelah itu minum air secara teratur.

6. Menurunkan kolesterol.

7 Manfaat temulawak untuk kesehatan, menurunkan kolesterol
foto: medicalnewstoday.com

Kurmunin dalam temulawak juga membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kadar kolesterol HDL. Kurkumin diyakini dapat menurunkan lemak darah, serta memiliki efek baik bagi kesehatan jantung.

7. Mencegah tumbuhnya jerawat.

7 Manfaat temulawak untuk kesehatan, menurunkan kolesterol

foto: liputan6.com

Temulawak memiliki sifat astringen yang dapat mencegah timbulnya jerawat. Sifat ini mampu mengecilkan pori-pori kulit, sehingga tidak langsung akan menghambat munculnya jerawat pada permukaan kulit.

Efek antiinflamasi yang dimiliki temulawak juga dapat meredakan peradangan jerawat dan membuat jerawat menjadi lebih cepat kering. Untuk hasil terbaik, temulawak dapat digunakan sebagai masker wajah alami yang digunakan secara rutin.

(brl/red)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya