7 Minuman ini baik untuk kesehatan kulit, bisa atasi jerawat

10 / 11 / 2021 17:04 WIB Shahfara Raida
7 Minuman ini baik untuk kesehatan kulit, bisa atasi jerawat
unsplash.com

Brilio.net - Zaman sekarang, perawatan kulit wajah nampaknya sudah menjadi tren di kalangan banyak orang, terutama anak muda. Berbagai produk skincare dengan jenis dan harga yang beragam dapat dengan mudah ditemukan di pasaran.

Apalagi dengan banyaknya beauty influencers yang gemar memberikan tips seputar skincare, bikin siapa saja tertarik untuk ikut merawat kulit. Namun, tak hanya butuh perawatan luar, untuk melindungi kesehatan kulit juga perlu dari dalam.

Pasalnya, jika sembarangan memilih makanan dan minuman, justru bisa berdampak buruk untuk kulit. Terlalu banyak mengonsumsi gorengan dan junk food misalnya, pada sejumlah orang, makanan tersebut bisa bikin kulit berjerawat.

Dilansir dari samhealth.org, permasalahan kulit berjerawat bisa diatasi dengan rajin mengonsumsi buah dan sayuran. Nggak hanya itu saja, ada pula sejumlah minuman yang bisa membantu mengatasi jerawat, lho.

Berikut tujuh minuman yang membantu menjaga kesehatan kulit, dilansir BrilioFood dari berbagai sumber pada Rabu (10/11).

1. Teh mint.

minuman atasi jerawat  Unsplash

foto: unsplash.com

Tak hanya memberi sensasi dingin saat diminum, teh mint ternyata juga bermanfaat mengatasi kulit yang berjerawat. Dikutip dari vogue.in, rutin mengonsumsi teh mint setiap hari bisa mengurangi jerawat mulai dari 25 persen hingga 50 persen.

Teh mint ini ampuh mengatasi jerawat karena bersifat anti-inflamasi, sehingga bisa menenangkan jerawat yang aktif, bahkan yang membandel sekalipun.

2. Teh hijau.

minuman atasi jerawat  Unsplash

foto: unsplash.com

Teh hijau juga cocok diminum saat kondisi kulit sedang berjerawat. Teh hijau dikenal tinggi antioksidan yang bernama katekin. Kandungan pada teh hijau ini bisa meningkatkan kesehatan kulit. Ada pula kandungan polifenol yang bisa mengatasi jerawat.

Dilansir dari penelitian terbitan US National Library of Medicine 2016, polifenol pada teh hijau bisa menurunkan produksi sebum pada kulit. Sebum adalah salah satu faktor penyebab jerawat.

3. Minuman jahe.

minuman atasi jerawat  Unsplash

foto: unsplash.com

Jahe yang diseduh jadi minuman sangat bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan. Salah satunya bisa mengatasi berbagai permasalahan kulit. Dilansir dari ipsy.com, jahe bisa menjadi antioksidan serta anti-inflamasi untuk mengurangi kemerahan dan membantu menghilangkan jerawat.

4. Teh serai.

minuman atasi jerawat  Unsplash

foto: unsplash.com

Teh serai merupakan minuman tradisional yang banyak diminum untuk menurunkan kolesterol, mengatasi perut kembung, meredakan gejala menstruasi, dan lain sebagainya. Nggak banyak yang tahu, teh serai ini juga baik untuk kulit, lho.

Dikutip dari kosmatology.com, serai dapat secara alami mengecilkan pori-pori, mengencangkan kulit, hingga menangkal jamur dan bakteri penyebab jerawat.

5. Minuman kunyit.

minuman atasi jerawat  Unsplash

foto: unsplash.com

Baik jamu, teh, maupun minuman lain yang menggunakan kunyit, ternyata juga dapat membantu mengatasi kulit berjerawat. Kandungan kurkumin pada kunyit ampuh melawan bakteri serta inflamasi penyebab munculnya jerawat.

6. Teh kayu manis.

minuman atasi jerawat  Unsplash

foto: unsplash.com

Kayu manis yang diseduh jadi minuman banyak digemari karena rasanya enak dan aromanya menenangkan. Selain itu, minuman ini juga cocok dikonsumsi untuk mengatasi jerawat.

Dilansir dari hindustantimes.com, kayu manis bisa jadi solusi untuk menghilangkan jerawat karena bahan ini dapat berfungsi sebagai antijamur, antioksidan, serta antibakteri.

7. Air lemon.

minuman atasi jerawat  Unsplash

foto: unsplash.com

Air lemon umumnya dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Ternyata, minuman ini juga bermanfaat untuk kulit. Dikutip dari tasteofhome.com, air lemon selain bisa mencegah munculnya jerawat, ternyata juga dapat mengatasi masalah kulit tersebut. Bersifat sebagai antibakteri, air lemon bisa mengusir jerawat serta bekasnya. Air lemon ini juga aman dikonsumsi secara rutin.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya

Ayam Goreng Serai

  • Karedok

    Karedok

  • Ayam Bakar Sambal Dabu-Dabu

    Ayam Bakar Sambal Dabu-Dabu

  • Ayam Goreng Kremes

    Ayam Goreng Kremes

Review

Selengkapnya