8 Manfaat buah kiwi untuk kesehatan, atasi insomnia sampai asma

8 Manfaat buah kiwi untuk kesehatan, atasi insomnia sampai asma
foto: freepik.com

Brilio.net - Ada beragam jenis buah-buahan, setiap buah memiliki kandungan vitamin dan rasa yang berbeda. Buah yang memiliki rasa manis atau masam? Meski biasanya buah dengan rasa manis kerap diburu, tapi buah berasa masam juga nggak kalah eksis lho.

Sensasi segar saat memakannya bisa membuat kamu merem melek. Buah masam cocok banget kamu konsumsi saat siang hari untuk melepas rasa dahaga. Selain itu, manfaatnya untuk tubuh juga bisa kamu dapatkan dengan mudah. Salah satu buah yang terkenal dengan manfaatnya adalah buah kiwi. Eits, jangan takut karena rasa masamnya.

Si hijau cantik ini bisa menjaga tubuhmu dari berbagai serangan penyakit lho. Buah kiwi mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalium, asam amino, folat, dan kalsium serta sumber serat yang baik. Nah dengan nutrisi tersebut bisa menjadi tameng yang baik dalam menghalau berbagai gangguan kesehatan. Penasaran apa saja?

Simak selengkapnya dalam ulasan brilio.net pada Rabu (25/11) dari berbagai sumber berikut.

1. Menjadi sumber antioksidan.

8 Manfaat buah kiwi untuk kesehatan, atasi insomnia sampai asma

foto: freepik.com

Salah satu kandungan kiwi adalah adanya antioksidan. Di samping itu juga ada kandungan vitamin C yang memberikan banyak manfaat untuk tubuh.

Berdasarkan hasil penelitian H. Maria Inggrid, Research Report-Engineering Science, 2014, menyebutkan bahwa buah kiwi memiliki kadar antioksidan dan nilai gizi yang tinggi, kaya akan vitamin C. Hal ini berpotensi dikembangkan dan dimanfaatkan sebagai produk pangan, pengawet makanan alami, suplemen makanan, kosmetik, dan obat-obatan.

Antioksidan pada buah kiwi diketahui memiliki kemampuan sebagai anti-inflamasi, mencegah kanker dan hepatitis. Manfaat antioksidan juga baik dalam menjaga elastisitas kulit lho. Bahkan efeknya mampu mencegah penuaan dini, seperti kantung mata menghitam dan keriput.

2. Menurunkan tekanan darah.

8 Manfaat buah kiwi untuk kesehatan, atasi insomnia sampai asma

foto: freepik.com

Memiliki bentuk kecil, bukan berarti kiwi minim manfaat. Buah kiwi ini bisa memberikan banyak pengaruh pada kesehatan. Buah dengan daging berwarna hijau ini mampu mengontrol tekanan darah.

Menurut laporan Medical Daily 2011, sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien darah tinggi yang konsumsi buah kiwi setiap hari, mampu menurunkan tekanan darah. Semakin lengkap, juga ada kandungan potassium yang tinggi, mampu menjaga elektrolit menjadi seimbang dengan menangkal efek natrium.

3. Mengatasi asma.

8 Manfaat buah kiwi untuk kesehatan, atasi insomnia sampai asma

foto: freepik.com

Manfaat baik lainnya yang ada pada kiwi juga bisa untuk kamu pengidap asma. Gangguan pernapasan ini kerap kali mengganggu aktivitas. Manfaat kali ini juga dibuktikan dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan Seoul National University di Korea Selatan.

Penelitian menyebut bahwa enzim yang kuat dari buah kiwi, actinidin bisa mengurangi gejala asma dengan mengurangi sel darah putih (yang terkandung dalam jumlah berlebih pasien asma dan alergi). Mengonsumsi buah kiwi juga dikatakan dapat menyehatkan organ paru-paru.

4. Jadi alternatif diet.

8 Manfaat buah kiwi untuk kesehatan, atasi insomnia sampai asma

foto: freepik.com

Memanfaatkan buah kiwi bisa kamu lakukan dengan mengolah menjadi jus. Selain segar, kamu juga bisa sekaligus mendapatkan keuntungan dalam program diet. Yaps, seperti yang kamu tahu, buah dan sayuran merupakan asupan yang baik untuk orang yang sedang menjalankan diet, termasuk juga untuk buah kiwi yang bisa diandalkan dalam hal ini. Manfaat buah kiwi yang dipercaya membuat tubuh terhindar dari obesitas dan tetap ideal.

Mengonsumsi dua buah kiwi sehari akan memenuhi kecukupan serat alami sebanyak 4,2 gram. Penelitian di Hong Kong terhadap orang dewasa yang mengalami konstipasi kronis, makan dua buah sehari selama satu bulan akan mengurangi ketidaknyamanan sebesar 23 persen. Selain cocok untuk diet, buah kiwi juga bisa menjadi pelancar pencernaanmu. Karena kiwi akan membantu menggandakan frekuensi pergerakan usus. Yuk coba!

5. Menjaga kesehatan jantung.

8 Manfaat buah kiwi untuk kesehatan, atasi insomnia sampai asma

foto: freepik.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, buah kiwi mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini tentu juga memberikan dampak yang baik untuk kesehatan jantung. Kandungan buah kiwi akan membantu mengencerkan darah, lalu mengurangi pembentukan gumpalan, pembentukan trigliserida, dan akhirnya meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini baik untuk arteri dan jantung yang sehat.

Menurut hasil riset yang dilakukan oleh Departemen Gizi di Universitas Oslo, Norwegia, bahwa buah kiwi bermanfaat dalam penyakit kardiovaskular. Mengonsumsi dua atau 3 buah kiwi selama 28 hari, mengurangi respon agregasi trombosit terhadap kolagen dan ADP. Dari penelitian, didapatkan hasil bahwa mengonsumsi buah kiwi mampu menurunkan kadar trigliserida darah sebesar 15 persen.

6. Membantu atasi insomnia.

8 Manfaat buah kiwi untuk kesehatan, atasi insomnia sampai asma

foto: freepik.com

Permasalahan sulit tidur masih menjadi salah satu yang kerap dikeluhkan banyak orang. Gangguan ini akan menimbulkan ketidaknyamanan saat kamu beraktivitas. Maka dari itu kamu bisa mengatasi permasalahan itu salah satunya dengan mengonsumsi kiwi.

Taipei Medical University, membuktikan buah kiwi diketahui mampu mengatasi gangguan sulit tidur. Kandungan serotonin dan antioksidannya akan membuat diri lebih tenang. Pikiran stres akan memicu terjadinya insomnia dan kualitas tidur kurang baik. Kamu bisa mengonsumsinya pada pagi dan malam hari.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

8 Manfaat buah kiwi untuk kesehatan, atasi insomnia sampai asma

foto: freepik.com

Cuaca yang tidak menentu bisa mengganggu kesehatanmu. Yuk coba konsumsi kiwi untuk menangkis penyakit. Buah kiwi memiliki kandungan banyak vitamin C yang mampu menjadi antioksidan penangkal zat berbahaya, serta sangat dianjurkan bagi seseorang yang sakit untuk mempercepat penyembuhan.

Mulailah rutin konsumsi buah kiwi sebagai tambahan bersama buah yang lain. Dengan begitu sistem kekebalan tubuh akan lebih terjaga dengan mudah. Jangan ragu untuk mengonsumi buah ini, pasalnya dari anak-anak hingga orang dewasa bisa menikmati manfaat baik dari buah kiwi.

8. Menyehatkan rambut.

8 Manfaat buah kiwi untuk kesehatan, atasi insomnia sampai asma

foto: freepik.com

Masih ada manfaat buah kiwi lainnya untuk kesehatan tubuhmu. Lagi-lagi kandungan vitamin di dalamnya bisa menjaga menjaga kesuburan rambut. Vitamin C dan E dan membantu pembentukan kolagen yang mencegah rambut bercabang dan mencegah rontok. Kemudian meningkatkan pertumbuhan rambut.

Kelebihan kiwi untuk rambut, bisa kamu gunakan sebagai masker pada rambut. Seperti yang kamu tahu, saat ini juga semakin banyak produk perawatan rambut yang menggunakan kiwi dalam bahannya.

(brl/vin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya