Beda tempe dibungkus daun pisang dan plastik, mana lebih baik?

09 / 06 / 2021 15:02 WIB Shahfara Raida
Beda tempe dibungkus daun pisang dan plastik, mana lebih baik?
foto ilustrasi: freepick.com

Brilio.net - Tempe merupakan bahan makanan yang terbuat dari fermentasi biji kedelai khas Indonesia. Bahan makanan yang satu ini sudah dikenal di berbagai negara akan rasa lezat dan manfaatnya untuk kesehatan. Tempe bisa bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit seperti kanker dan osteoporosis.

Selain itu, tempe juga dapat secara efektif dikonsumsi sebagai sumber karbohidrat untuk kebutuhan tubuh setiap harinya. Cocok juga untuk orang yang sedang dalam program diet untuk menurunkan berat badan. Tempe juga kerap dijadikan pilihan untuk menu makanan vegetarian yang enak.

Tempe dapat diolah menjadi berbagai masakan mulai dari yang praktis sampai yang rumit pembuatannya. Tempe pun cocok diolah jadi berbagai menu masakan, seperti tempe dengan kuah bersantan, tumis tempe, sambal tempe, tempe bacem, tempe goreng, dan masih banyak lagi hidangan lainnya yang sudah pasti semuanya nikmat.

Nah, biasanya, kita dapat menemukan tempe yang dijual di pasaran dengan bungkus daun pisang maupun plastik. Banyak yang kerap bingung harus memilih mana untuk dikonsumsi. Berikut Brilio Food himpun dari berbagai sumber pada Rabu (9/6), perbedaan tempe yang dibungkus daun pisang dan plastik.

1. Tempe dengan bungkus daun pisang.

Perbedaan tempe yang dibungkus daun pisang dan plastik © berbagai sumber

foto: Instagram/@chef_angie

Tempe yang dibungkus dengan daun pisang memang sudah ada sejak dahulu kala. Zaman dulu masih umum untuk menggunakan daun pisang sebagai kemasan makanan seperti lontong, nasi bungkus, tempe, kue, dan lain-lain. Namun, sekarang ini sudah banyak kemasan makanan yang digantikan dengan plastik. Walaupun tetap tidak meninggalkan penggunaan daun pisang.

Nah, tempe yang dibungkus daun pisang ini memiliki keunggulan pada pemberian rasa dan aroma. Senyawa polifenol yang dimiliki daun pisang akan memberikan rasa dan aroma yang khas dan lebih nikmat pada tempe yang mengalami fermentasi. Namun, saat ingin membelinya, pastikan keadaannya masih higienis dan layak untuk dikonsumsi.

2. Tempe dengan bungkus plastik.

Perbedaan tempe yang dibungkus daun pisang dan plastik © berbagai sumber

foto: Instagram/@enaktogo

Perbedaan antara tempe yang dibungkus daun pisang dengan plastik sudah pasti pada rasa dan aroma. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tempe yang dibungkus daun pisang akan mendapatkan rasa dan aroma yang khas, sementara pada tempe yang dibungkus plastik tidak mendapatkan itu.

Tetapi, dari segi kebersihan, biasanya tempe yang dibungkus dengan plastik cenderung dianggap lebih higienis dan tahan lama. Sebab, biasanya plastik yang membungkus tempe dibungkus sedemikian rupa hingga rapat.

Jadi, kedua tempe yang dibungkus dengan daun pisang dan plastik memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Kedua bungkus tempe ini tidak akan mempengaruhi nilai gizi tempe, keduanya sama-sama baik untuk dikonsumsi. Sehingga, kamu pun bebas untuk memilih yang mana saja yang disukai.

(brl/red)

Review

Selengkapnya