Cara merebus kerang agar cepat terbuka, praktis tanpa pisau

24 / 06 / 2022 10:01 WIB Annathiqotul Laduniyah
Cara merebus kerang agar cepat terbuka, praktis tanpa pisau
foto: TikTok/@info.emak

Brilio.net - Kerang jadi salah satu jenis seafood yang menjadi favorit banyak orang. Selain itu, kerang juga bisa diolah menjadi aneka menu masakan yang enak dan menggugah selera. Sayangnya, ada beberapa orang yang justru enggan mengolah kerang lantaran kesulitan ketika hendak membuka cangkangnya.

Sebenarnya, cangkang kerang yang masih tertutup menandakan bahwa kerang masih dalam kondisi segar. Di sisi lain, cangkang tersebut juga justru membuat proses memasak jadi lebih lama. Hal ini pun akan memengaruhi proses mengolahnya karena bumbu jadi tidak bisa meresap sempurna.

Namun tak perlu khawatir, ada cara jitu yang bisa diterapkan untuk dapat membuat cangkang kerang terbuka dengan sangat mudah. Sebuah video TikTok yang diunggah oleh pemilik akun @info.emak mengungkapkan cara merebus kerang supaya jadi lebih mudah terbuka.

cara merebus kerang  TikTok

foto: TikTok/@info.emak

Tanpa bantuan pisau atau alat apapun, cangkang kerang yang direbus ini bahkan bisa terbuka dengan sendirinya. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah siapkan panci, lalu masukkan kerang ke dalamnya. Lalu nyalakan kompornya tanpa perlu ditambahkan air terlebih dahulu.

"Tanpa dikasih air, karena kerang akan mengeluarkan air," ungkap pemilik akun TikTok/@info.emak, dilansir BrilioFood pada Jumat (24/6).

Barulah setelah air dari kerang tersebut mendidih, masukkan air hingga semua kerang terendam sempurna. Matikan apinya, lalu goyang-goyangkan panci supaya panas apinya merata. Kemudian buang airnya.

cara merebus kerang  TikTok

foto: TikTok/@info.emak

Ulang terus proses tersebut hingga dua atau tiga kali. Hal tersebut untuk memastikan cangkang kerang akan lebih mudah terbuka dengan sendirinya. Sehingga tak perlu repot-repot menggunakan pisau atau alat apapun.

Video yang diunggah pada 2 Juni 2022 lalu ini telah ditonton lebih dari 55 ribu kali dan disukai oleh lebih dari seribu pengguna TikTok. Cara membuka cangkang kerang ini pun terbilang mudah bagi para pemula. Sehingga dapat disontek oleh siapapun yang ingin mencoba mengolah kerang yang masih dalam cangkang.

Bahkan tidak perlu menggunakan bumbu atau bahan tambahan apapun. Sehingga kerang yang siap dimasak masih memiliki aroma dan rasa khas dari seafood tersebut. Nah, tertarik mencoba cara yang sama?

@emakreviewapaaja baru pertama kali masak kerang padahal #infoemak #fyp #masakkerangdara #tipsmasak suara asli - info.emak

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Ayam Tangkap

  • Ayam Goreng Serai

    Ayam Goreng Serai

  • Karedok

    Karedok

  • Ayam Bakar Sambal Dabu-Dabu

    Ayam Bakar Sambal Dabu-Dabu

Review

Selengkapnya