Cara simpel menyimpan daun jeruk, tetap hijau dan segar berbulan-bulan

Cara simpel menyimpan daun jeruk, tetap hijau dan segar berbulan-bulan
TikTok/@novayulia82

Brilio.net - Daun jeruk menjadi salah satu bumbu dapur yang kerap digunakan ketika memasak. Aroma harum yang khas dapat membuat masakan jadi kian sedap. Namun tidak hanya sebagai penyedap masakan, daun jeruk juga pada dasarnya memiliki banyak manfaat, lho.

Dilansir dari nature-and-garden.com, daun jerukdapat meredakan batuk, kram perut, jantung berdebar, hingga sakit kepala. Di sisi lain, daun jeruk juga bisa dipakai untuk mengusir nyamuk secara alami.

Tak heran jika beberapa orang selalu memiliki daun jeruk sebagai stok di rumah. Sayangnya daun jeruk tidak bisa bertahan lama, nih. Daun jeruk mudah kering dan layu jika tidak disimpan dengan benar.

Usut punya usut, padahal apabila disimpan dengan cara yang benar, daun jeruk bisa segar dan tetap hijau hingga seminggu bahkan berbulan-bulan. Nggak percaya?

Untuk mengetahui cara menyimpandaun jeruk dengan benar, coba perhatikan cara yang telah dibagikan oleh TikTok/@novayulia82 yang telah BrilioFood kutip pada Minggu (17/7).

Melalui video yang telah dia unggah, ada tiga cara yang bisa kamu coba ketika menyimpan daun jeruk. Namun sebelum disimpan, pastikan daun jeruk masih dalam kondisi segar, ya. Saat membeli di warung, pilih daun jeruk yang berwarna hijau dan daunnya cenderung segar.

Cara simpel menyimpan daun jeruk, tetap hijau dan segar berbulan-bulan

foto: TikTok/@novayulia82

Simpan daun jeruk ke dalam plastik wrap ukuran kecil menjadi tiga bagian. Ketiganya kemudian disimpan di tempat yang berbeda. Untuk plastik yang pertama, masukkan ke freezer. Plastik kedua, disimpan di chiller. Kemudian plastik ketiga, letakkan di suhu ruang.

Setelah tiga hari, dia pun mengecek masing-masing daun jeruk yang sudah disimpan. Daun jeruk yang disimpan di chiller masih tampak baik, walaupun kondisi daunnya sudah mulai layu serta menguning. Daun jeruk yang disimpan di chiller ini bisa digunakan hingga satu minggu.

Cara simpel menyimpan daun jeruk, tetap hijau dan segar berbulan-bulan

foto: TikTok/@novayulia82

Sedangkan untuk daun jeruk yang disimpan dalam suhu ruang tampak layu, mulai mengering, bahkan membusuk. Dia menjelaskan bahwa daun jeruk yang disimpan di suhu ruang hanya bisa digunakan sebelum 3 hari.

Dan terakhir, dia menunjukkan daun jeruk yang disimpan di freezer. Kondisi daun jeruk satu tersebut masih tampak segar dan warnanya pun tetap hijau. Bahkan belum ada tanda pembusukan. Jeruk yang dimasukkan freezer bisa tahan hingga berbulan-bulan. Cocok buat kamu yang sengaja menyimpan daun jeruk sebagai stok di rumah.

Tinggal kamu ambil dan pakai ketika butuh saja.

"Baiknya daun jeruk yang disimpan dalam freezer, dikeluarkan sesuai dengan kebutuhan saja," jelas akun TikTok/@novayulia82.

Cara simpel menyimpan daun jeruk, tetap hijau dan segar berbulan-bulan

foto: TikTok/@novayulia82

Trik menyimpan daun jeruk ini bisa kamu sesuaikan kebutuhan dan kondisi.

@novayulia82 mau dishare tips apalagi nih?? #tipsbuatkamu #levelupjune #levelup #kulinerindonesia #masakkilat #tiktokmenupromo #beliditiktokshop Ooh La La - Josie Dunne

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya