Cuma pakai 2 bahan dapur, ini cara praktis bersihkan noda karat di kulkas

Cuma pakai 2 bahan dapur, ini cara praktis bersihkan noda karat di kulkas
Bahannya sering dipakai untuk masak atau bikin kue |

Nah, salah seorang warganet bernama Andrea punya cara supaya karat di kulkas bisa hilang, lho. Bahan yang dibutuhkan pun sederhana, hanya dua bahan dapur yang biasa dipakai untuk masak atau bikin kue.

"Remove rust in less than 3 minutes (Membersihkan karat kurang dari 3 menit)," cetusnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Andrea Jean Cleaning pada Rabu (3/5).

Bahan yang pertama, yaitu baking soda. Taburi baking soda ke seluruh bagian kulkas yang berkarat. Selanjutnya, semprotkan cuka. Saat cuka bertemu dengan baking soda, nantinya akan terjadi reaksi kimia, yakni kedua bahan tersebut akan menghasilkan busa yang artinya aktif bekerja untuk mengangkat karat.

Cuma pakai 2 bahan dapur, ini cara praktis bersihkan noda karat di kulkas

foto: YouTube/Andrea Jean Cleaning

Setelah itu, seka semua baking soda dan cuka menggunakan kain bersih supaya merata ke seluruh bagian yang berkarat. Tunggu beberapa detik, setelah itu gosok menggunakan spons kasar yang sudah dibasahi dengan sedikit air. Usai digosok, noda karat yang sebelumnya membandel akan mudah hilang.

Cuma pakai 2 bahan dapur, ini cara praktis bersihkan noda karat di kulkas

foto: YouTube/Andrea Jean Cleaning

Gosok terus ke seluruh bagian kulkas sampai karatnya benar-benar hilang. Jika sudah, semprotkan campuran air hangat dan sabun cuci piring supaya kulkas semakin bersinar. Jangan lupa untuk mengeringkannya dengan cara mengusap kain bersih dan kering ke seluruh bagian yang sebelumnya dibersihkan.

"I'm just gonna spray it in here, make it smell really nice (Langsung aku semprot saja di sini, supaya aromanya wangi)," jelasnya.

Cuma pakai 2 bahan dapur, ini cara praktis bersihkan noda karat di kulkas

foto: YouTube/Andrea Jean Cleaning

Sebagai sentuhan terakhir, bagian kulkas yang sudah dibersihkan dari karat ini bisa dicat atau diberi warna ulang sampai tertutup dengan sempurna. Andrea menjelaskan, guna diwarnai ulang supaya karat tidak kembali lagi dalam waktu lama.

Gimana, kalau kulkas di rumahmu berkarat, tampaknya wajib mencoba cara membersihkan ala pemilik akun YouTube Andrea Jean Cleaning, nih. Mengintip kolom komentarnya, banyak pula warganet yang antusias, lho. Unggahan ini pun sudah ditonton lebih dari 92 ribu kali.

"Thank you so much for demonstrating the process for removing rust from a refrigerator or freezer. I appreciate your upbeat approach and excitement at the results. (Makasih sudah mencontohkan proses pembersihan karat di kulkas. Aku hargai penjelasan yang baik dan hasil yang menggembirakan)," ujar YouTube Carolyn Hare.

"I was just thinking about how I need to derust my freezer and sink yesterday. Thank you (Aku baru saja mencari tahu soal cara hilangkan karat di freezer dan wastafel kemarin. Makasih)," imbuh YouTube Thinking Impaired.

"Did you paint afterwards? How to cover and repair chip paint? Cz rust will come back if not covered or painted (Apakah dicat ulang setelahnya? Cara menutupi dan mengatasi warna kulkas yang pudar? Soalnya karat bisa muncul lagi kalau tidak dicat ulang)," tanya YouTube Lilly Singh.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya