Ini menu ekstrem warga Jepang buat rayakan Valentine, kamu mual nggak?

14 / 02 / 2017 08:30 WIB Syifa Fauziah
Ini menu ekstrem warga Jepang buat rayakan Valentine, kamu mual nggak?

Brilio.net - Bosan dengan cokelat yang biasa-biasa saja? Coba koktail kumbang atau serangga karamel untuk merayakan Hari Valentine. Sebuah bar di kota Tokyo menawarkan pada pasangan-pasangan pemberani maupun ahli makanan yang penasaran dengan hidangan istimewa berupa makanan pencuci mulut dan minuman yang dibuat dari serangga untuk merayakan Valentine.

"Serangganya renyah seperti kulit Walnut dan berpenampilan cantik dengan coklat," tutur Sayumi Makino, konsumen berumur 20 tahun saat ditemui di Duranbar, pusat kota Tokyo seperti dikutip Reuters, Senin (13/2).

Menu hidangan di sana beragam mulai dari koktail kumbang air dengan cranberry hingga cacing berkaramel dengan kacang almond dan cashew. Krim pada beberapa hidangan pencuci mulut juga dicampur dengan cairan tubuh dari serangga air raksasa Thailand, yang dikenal karena rasa manisnya.

Yuta Shinohara, mahasiswa yang mengatur kegiatan Malam Koktail Kumbang mengatakan ingin mempromosikan kebudayaan makanan alternatif.

"Saya mencintai serangga dan saya pikir memakan mereka adalah hal yang menyenangkan," kata Shinohara, dengan menambahkan bahwa spesies tersebut juga merupakan sumber pangan yang berkelanjutan.

Serangga bisa menjadi sumber makanan yang kaya akan lemak, protein, vitamin, mineral, dan serat, berdasarkan informasi dari Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO). Komposisi omega-3 tak jenuh dan enam asam lemak dalam makanan tersebut juga setara dengan kandungan dalam ikan dan bahkan lebih tinggi dari daging sapi.

Secara global, catatan FAO sedikitnya dua miliar orang memakan serangga dan lebih dari 1.900 spesies telah digunakan sebagai makanan. Penggunaan serangga sebagai makanan bisa memainkan peran kunci dalam keamanan pangan dan perlindungan lingkungan.

(brl/fen)

Review

Selengkapnya