Brilio.net - Weekend di depan mata. Waktu kencan sama pacar atau kumpul sama keluarga udah dekat, nih. Kira-kira mau ngapain ya, weekend ini?

Nah, kalau kamu mager alias malas gerak ke cafe dan sejenisnya, mending cobain resep cinnamon rolls ala cafe sendiri. Lumayan kan, bisa disantap bareng pacar, temen, atau keluarga di rumah? Cek resepnya di bawah ini, yuk!

cinnamonsrolls © 2017 brilio.net


Bahan kue:

- 200 gr tepung terigu serbaguna
- 1 sdt ragi instan
- 0,5 sdt gula pasir
- 25 ml air hangat
- 1 butir telur
- 40 ml susu cair
- 25 ml mentega cair
- 100 gr gula pasir
- 2 sdt kayu manis bubuk
- garam secukupnya.
- Kismis/coklat chips/nutella untuk topping jika perlu.

Alat:

- Sediakan plastik wrap untuk menutup kue agar mengembang.
- 2 buah wadah.

Cara membuat:

1. Tuang air hangat dan masukan ragi serta sedikit gula pasir (0,5 sdt). Kemudian aduk secara merata, diamkan hingga mengeluarkan buih.

2. Siapkan wadah kedua, masukkan tepung terigu dan tambahkan 1,5 sdm gula pasir dan garam. Aduk hingga menjadi sebuah adonan. Selanjutnya beri lubang pada adonan untuk memasukan telur, mentega cair, susu cair, dan campuran air ragi yang telah aktif. Kemudian uleni hingga kalis.

3. Selanjutnya siapkan plastik wrap. Tutup adonan dengan plastik wrap dan tunggu selama kurang lebih satu jam. Pastikan semua tertutup sehingga tidak ada udara yang masuk.

4. Setelah satu jam, adonan akan mengembang. Adonan tersebut dicampur dengan gula pasir dan bubuk kayu manis. Campur hingga rata.

5. Adonan yang telah tercampur kemudian dipipihkan dan diratakan dengan rolling pin. Jika tidak ada pakai gelas atau alat apapun yang bisa meratakan. Ratakan adonan hingga membentuk persegi. Jangan lupa oleskan mentega pada adonan yang telah dipipihkan.

6. Adonan yang dipipihkan kemudian ditaburi dengan kismis/ coklat chips/selai tergantung selera. Adonan persegi selanjutnya digulung hingga membentuk gulungan. Potong gulung adonan setebal 1,5 cm.

7. Sembari memotong, siapkan oven dengan suhu 177 derajat Celsius. Gulungan adonan yang telah terpotong kemudian ditata di loyang. Jangan lupa lapisi permukaan dengan mentega cair. Kemudian panggang adonan selama 15-20 menit dengan suhu 177 derajat Celsius.

8. Untuk semakin menambah cita rasa, kamu bisa tambahkan selai cokelat atau nutella di atas cinnamons-mu. Taraaaaaa, jadilah cinnamons rolls siap santap...

 

cinnamonsrolls © 2017 brilio.net