Mau hidup sehat? Yuk coba ganti micin dengan 6 bahan alternatif ini

Mau hidup sehat? Yuk coba ganti micin dengan 6 bahan alternatif ini

Brilio.net - Banyak yang beranggapan kalau memasak tanpa ada tambahan penyedap rasa, hasil masakan akan terasa kurang sedap. Penyedap rasa atau yang lebih sering dikenal dengan sebuatan micin ini memang kerap dijadikan sebagai 'penyelamat' pada suatu hidangan untuk membuat makanan menjadi lebih gurih.

Nama lain dari bahan penyedap ini adalah Monosodium Glutamat (MSG), yang tidak lain merupakan garam yang paling stabil yang terbentuk dari asam glutamat dan salah satu bahan penyedap terbaik dalam memberikan cita rasa umami (gurih), sehingga kerap digunakan sebagai penguat cita rasa makanan.

Penggunaan micin ini kerap kali ditemukan pada berbagai macam masakan. Hal ini karena fungsinya sebagai penguat cita rasa jika digunakan dalam jumlah yang tepat, micin mempunyai kemampuan untuk memperkuat senyawa aktif rasa lainnya.

Selain itu bahan penyedap yang bentuknya cukup mirip dengan garam ini juga mampu menyeimbangkan dan menyempurnakan rasa keseluruhan pada sebuah masakan.

Di balik semua keunggulannya tersebut, ternyata micin juga kerap disangkut pautkan dengan tingkat kebodohan seseorang dan memiliki efek buruk bagi kesehatan tubuh dalam jangka panjang.

Namun demikian, micin atau MSG ini akan berdampak buruk jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih. Bahkan sebenarnya micin dapat menambah kenikmatan rasa makanan hanya dalam kadar yang tepat dan jika berlebihan justru akan cepat merusak rasa makanan.

Nah untuk menghidari hal-hal yang tidak di inginkan, ternyata ada lho bahan alternatif lain yang bisa digunakan selain micin untuk membuat masakan terasa sedap. Apa saja?

Berikut 6 bahan alternatif pengganti micin yang brilio.net rangkum dari hellosehat.com, Jumat (9/2).

1. Rempah-rempah

Mau hidup sehat? Yuk coba ganti micin dengan 6 bahan alternatif ini

foto: faunadanflora.com

Negara Indonesia terkenal akan kekayaan rempah-rempahnya yang beraga. Muali dari bawang putih, bawang merah, merica. lada, kunyit, ketumbar, jinten dan masih banyak lagi. Semua bahan rempah ini jika diracik dengan tepat dapat menggantikan micin.

Rempah-rempah mampu menambah rasa masakan dan menggugah selera makan. Namun yang perlu diperhatikan ialah jika membeli rempah-rempah yang sudah jadi atau sudah dikemas, ada baiknya memeriksa labelnya. Untuk mengetahui keterangan apakah ada tambahan micin atau protein nabati yang terhidrolisis.

2. Garam laut

Mau hidup sehat? Yuk coba ganti micin dengan 6 bahan alternatif ini

foto: organicauthority.com

Perbedaan yang terdapat antara garam laut dan garam meja adalah natrium dan kalium iodida telah dicampurkan pada garam meja. Sedangkan garam laut diproses melalui penguapan air laut dan mengandung kalium alami.

Oleh karena itu, garam laut dapat memberikan rasa yang lebih lembut daripada garam meja. Garam laut juga bisa menambahkan rasa pada makanan.

3. Konsentrat susu

Mau hidup sehat? Yuk coba ganti micin dengan 6 bahan alternatif ini

foto: nutraceuticalbusinessreview.com

Kandungan lemak dalam susu dapat menimbulkan sensasi lezat di lidah. Tak cuma itu, susu juga mampu membantu melepaskan dan menutupi rasa makanan. Konsentrat ini terbuat dari enzim yang dimodifikasi dari mentega, krim dan keju.

4. Kedelai

Mau hidup sehat? Yuk coba ganti micin dengan 6 bahan alternatif ini

foto: riograndeagricola.com

Kedelai ternyata bisa menjadi alternatif pengganti micin. Rasa yang diperoleh dari fermentasi kedelai memberikan sensasi sedap yang biasanya diberikan oleh micin. Selain itu, kedelai juga memiliki level protein tinggi dan mengandung nutrisi yang serupa dengan daging.

5. Tomat

Mau hidup sehat? Yuk coba ganti micin dengan 6 bahan alternatif ini

foto: bliherbal.com

Buah yang satu ini merupakan buah yang sangat bebas dari kandungan glutamat, namun tetap mampu menawarkan rasa micin alami. Rasanya akan semakin keluar jika tomat diolah secara dipanggang. Selain itu, tomat kaya akan vitamin C dan E yang keduanya adalah antioksidan.

6. Jamur

Mau hidup sehat? Yuk coba ganti micin dengan 6 bahan alternatif ini

foto: idebisnisbaru.com

Protein yang lebih tinggi dari senyawa micin ditemukan pada jamur. Jenis makanan yang satu ini dapat menjadi pengganti micin karena rasa gurih memang sudah terdapat dalam jamur itu sendiri. Bukan hanya itu, jamur juga kerap disajikan sebagai pengganti daging.

(brl/ton)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya