Nggak melulu kolak pisang, 10 kreasi kolak ini pas untuk buka puasa!

07 / 06 / 2016 17:33 WIB Karina Ayu Pradita
Nggak melulu kolak pisang, 10 kreasi kolak ini pas untuk buka puasa!

Brilio.net - Menu kolak memang selalu menjadi menu pilihan untuk teman berbuka, sebelum menyantap menu berbuka yang utama. Selain manis, kolak pun segar dan mampu membantu melepas dahaga setelah seharian berpuasa lho.

Nah, kalau kamu seringnya menikmati kolak jenis kolak pisang, kamu wajib mencoba jenis-jenis kolak berikut ini. Konsepnya sama-sama menggunakan santan dan manis, tetapi isiannya berbeda. Kamu bisa menggunakan candil ketan, ubi, jenang mutiara, hingga durian lho untuk isian kolakmu nanti. sehingga nggak melulu pisang.

Penasaran apa saja sih, jenis kreasi kolak yang bisa kamu bikin di sepanjang bulan Ramadan ini untuk menemani santap berbuka? Ini dia kreasi kolak yang telah dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, khusus buat kamu, Selasa (7/6).


1. Kolak Candil Ketan

Kreasi Kolak  2016 brilio.netfoto: makanajib.com

Kalau biasanya candil ketan itu dinikmati dalam bentuk bubur, nah kali ini coba deh candil ketan favoritmu kamu jadikan kolak.


2. Kolak Labu

Kreasi Kolak  2016 brilio.netfoto: ceeta.wordpress.com

Tak cuma candil ketan, labu pun bisa kamu gunakan dan kamu olah untuk jadi kolak, lho. Selain labu manis, teksturnya yang lembut benar-benar akan lumer di mulut, selain itu labu akan jadi nikmat bila dikombinasikan dengan manisnya gula jawa dan gurihnya santan di kolakmu nanti.


3. Kolak Ubi Jalar

Kreasi Kolak  2016 brilio.netfoto: cookpad.com

Ubi jalar nggak cuma bisa direbus saja kemudian langsung dimakan, tapi bisa juga diolah menjadi kolak, lho. Rasanya? Jangan ditanya. Tak kalah nikmat bila dibandingkan dengan kolak pisang.


4. Kolak Durian

Kreasi Kolak  2016 brilio.netfoto: menuresepmasakan.com

Nah, ini yang menjadi favorit. Coba deh menu kolakmu kamu isi dengan durian yang sudah dihilangkan bijinya. Pasti ketagihan!


5. Kolak Kolang Kaling

Kreasi Kolak  2016 brilio.netfoto: arenawanita.com

Kolang kaling seringnya pasti kamu temukan di es buah atau koktail buah. Tapi siapa yang menyangka kalau kolang kaling rupanya enak juga bila diolah menjadi kolak. Kenyal adalah tekstur kolang kaling yang unik yang tetap lezat bila dikombinasikan dengan santan dan gula jawa menjadi kolak.

BACA JUGA: 10 Cara simpel bikin tubuh kamu tetap segar tiap hari selama Ramadan


6. Kolak Biji Salak

Kreasi Kolak  2016 brilio.netfoto: aucoindemacuisine.wordpress.com

Tak berarti memakai biji salak yang asli, kolak yang satu ini menggunakan sagu yang dibentuk bulat pipih menyerupai biji salak. Unik, ya?


7. Kolak Sagu Mutiara

Kreasi Kolak  2016 brilio.netfoto: majalah-holiday.com

Selain biji salak, sagu mutiara juga enak lho dijadikan kolak. Tentunya kamu sering melihat sagu mutiara dijadikan jenang, bukan? Kali ini coba deh bikin kolak menggunakan bahan yang satu ini.


8. Kolak Ketan

Kreasi Kolak  2016 brilio.netfoto: zahrahvariasisnackbox.blogspot.com

Yang suka manis sekaligus lembut dan lengket dari ketan, wajib mengolahnya menjadi kolak yang tak cuma enak tapi juga cocok dan pas bila dijadikan menu berbuka nanti.


9. Kolak Jagung Pulut

Kreasi Kolak  2016 brilio.netfoto: chef-marinka.blogspot.com

Nah, yang satu ini juga berbeda nih. Jagung manis biasanya kalau nggak dibakar, ya jadi salah satu bahan yang bisa kamu temukan di sayur asem, benar kan? Kali ini jagung manismu bisa kamu bikin kolak, lho. Tapi, jangan lupa untuk diserut dulu ya jagungnya.


10. Kolak Singkong

Kreasi Kolak  2016 brilio.netfoto: tumblr.com

Menu olahan singkong paling yahud memang singkong goreng yang dinikmati sore-sore saat hujan turun bersama kopi atau teh manis. Nah, di bulan puasa ini, singkongmu bisa kamu olah jadi kolak, lho. Nggak kalah enak pokoknya!

(brl/gib)

Video

Selengkapnya

Gado-gado

  • Tim Ikan Kakap Merah

    Tim Ikan Kakap Merah

  • Kentang Balado Petai

    Kentang Balado Petai

  • Bakwan Sayur

    Bakwan Sayur

Review

Selengkapnya