Sehat bagi tubuh, ini 5 kreasi olahan salmon dari berbagai negara

Sehat bagi tubuh, ini 5 kreasi olahan salmon dari berbagai negara

Brilio.net - Ikan merupakan salah satu jenis makanan yang dikenal baik bagi kesehatan karena memiliki kandungan gizi tinggi. Namun, tidak semua jenis ikan memiliki kandungan gizi yang tinggi. Salah satu jenis ikan yang termasuk dalam kategori ikan bergizi tinggi adalah salmon.

Ikan yang identik dengan dagingnya yang berwarna jingga cerah ini kayak akan asam lemak omega 3 yang tentunya baik untuk kesehatan organ dalam manusia. Mulai dari kesehatan jantung, kesehatan otak hingga perannya dalam membantu menurunkan berat badan.

Tidak mengherankan jika jenis ikan yang masih termasuk dalam bagian ikan berlemak seperti ikan hering, makarel dan sarden ini kerap dijadikan santapan di berbagai negara. Apa sajakah olahan ikan salmon tersebut?

Dilansir dari berbagai sumber, Kamis (28/6), brilio.net sudah merangkum 5 kreasi olahan salmon dari berbagai negara.

1. Tandoori salmon, India.

Sehat bagi tubuh, ini 5 kreasi olahan salmon dari berbagai negara

foto: foodiful.com.au

Di negara Bollywood ini salmon disajikan dengan olahan yang khas dengan bumbu India. Tandoori sendiri salah satu teknik memasak India yang menggunakan oven dari tanah liat. Sebelum dipanggang, daging salmon harus direndam dan dibumbui dengan bumbu khas India yang terdiri dari campuran yoghurt, garam, bawang putih, cabai bubuk dan bumbu rempah lainnya.

2. Poached salmon saus saffron, Norwegia.

Sehat bagi tubuh, ini 5 kreasi olahan salmon dari berbagai negara

foto: chewingthefat.us.com

Norwegia merupakan salah satu negara eksportir salmon terbaik di dunia. Tidak janrang ikan salmon dari Norwegia digunakan sebagai menu sashimi di restoran Jepang. Di Norwegia sendiri biasanya ikan salmon dimasak menggunakan teknik perebusan yang dilengkapi saus saffron. Untuk memasaknya, daging salmon akan direbus sebentar hingga setengah matang. Sedangkan untuk saus saffronnya terbuat dari campuran saffron, adas dan mentega. Saffron sendiri dikenal sebagai rempah mahal yang memiliki rasa khas dan unik.

3. Sup ukha, Rusia.

Sehat bagi tubuh, ini 5 kreasi olahan salmon dari berbagai negara

foto: soscuisine.com

Siapa sih yang nggak suka sama hidangan sup ikan? Lezatnya potongan ikan yang bercampur dengan kuah kaldu dan potongan-potongan sayuran bakal memanjakan lidah siapapun yang mencicipinya. Negara Rusia ternyata mempunyai hidangan khas sup ikan yang menggunakan salmon sebagai bahan utamanya, yaitu sup ukha. Sup ukha merupakan olahan ikan salmon yang digemari masyarakat Rusia.

4. Salmon asap dan keripik talas, Hawaii.

Sehat bagi tubuh, ini 5 kreasi olahan salmon dari berbagai negara

foto: platinumtoursmaui.com

Di Hawaii, salmon kerap dijadikan sebagai hidangan pembuka yang berkelas. Daging salmon diolah dengan teknik pengasapan yang akan menghasilkan aroma harum yang mengunggah selera. Tidak hanya sampai disitu, penyajian hidangan pembuka yang satu ini juga sangat menarik. Salmon asap diletakkan di atas keripik talas dengan potongan aneka buah atau sayur. Kebayang dong nikmatnya kayak gimana?

5. Salmon sashimi, Jepang.

Sehat bagi tubuh, ini 5 kreasi olahan salmon dari berbagai negara

foto: manusmenu.com

Olahan daging salmon yang satu ini pasti sudah nggak asing lagi dong? Ya, hidangan salmon sashimi memang merupakan salah satu olahan salmon yang paling terkenal. Dengan teknik pengolahan yang benar kamu akan merasakan segarnya daging salmon dalam keadaan mentah yang biasanya dinikmati bersama soyu alias kecap asin.

(brl/del)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya