Selain enak, 6 makanan ini juga bakal menguji kesabaranmu lho

Selain enak, 6 makanan ini juga bakal menguji kesabaranmu lho

Brilio.net - Dibalik lezatnya sebuah hidangan di atas meja makan tentunya ada proses memasak yang tidak boleh dilewatkan. Memang proses memasak merupakan hal terpenting dalam menciptakan makanan. Bahkan untuk mendapatkan hasil terbaik diperlukan pengalaman yang tidak sedikit.

Selain pengalaman yang tidak sedikit, ternyata tidak jarang sebuah makanan harus melewati proses memasak yang memakan waktu lama. Waktu proses memasak yang lama ini tentunya akan melatih kesabaran seseorang sebelum akhirnya dapat menikmati kelezatan makanan tersebut.

Beberapa makanan ini memiliki durasi pengolahan yang cukup lama. Mulai dari waktu 3 jam, berhari-hari bahkan hingga hitungan tahun. Ya, waktu yang lama ini semua demi menghasilkan cita rasa makanan yang berkualitas dan lezat.

Mau tahu apa saja makanan-makanan itu? Berikut ini 6 makanan yang bakal menguji kesabaran kamu karena proses memasaknya yang lama seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (26/4).

1. Rendang.

Selain enak, 6 makanan ini juga bakal menguji kesabaranmu lho
foto: ibudanmama.com

Kuliner asli Indonesia ini kelezatannya sudah diakui oleh dunia kuliner internasional. Nah ternyata dibalik kelezatannya yang sudah mendunia itu rendang memerlukan waktu memasak yang lama. Untuk sekali pengolahan, rendang menghabiskan waktu sekitar 4-6 jam. Hal ini dilakukan agar bumbu bisa meresap dan dagingnya matang dengan sempurna.


2. Lamang.

Selain enak, 6 makanan ini juga bakal menguji kesabaranmu lho
foto: wonderfulminangkabau.com

Masih dari daerah Sumatera Barat, makanan yang satu ini juga membutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses pembuatannya. Makanan yang terbuat dari beras ketan yang dimasukkan dalam bambu panjang dan dibakar ini akan menghabiskan waktu memasak sekitar 3 jam. Meski proses memasaknya lama, hasilnya tidak akan membuat kamu kecewa karena kamu akan mendapatkan cita rasa lamang yang gurih dan legit.


3. Gudeg.

Selain enak, 6 makanan ini juga bakal menguji kesabaranmu lho
foto: theboxsceneproject.com

Beralih ke pulau Jawa, tepatnya di Yogyakarta yang terkenal akan panganan gudeg. Ya, makanan bercita rasa gurih dan manis ini ternyata memerlukan waktu lama dalam pembuatannya. Untuk mendapatkan gudeg dengan hasil akhir yang sempurna akan menghabiskan waktu kurang lebih selama 7 jam.


4. Kimchi.

Selain enak, 6 makanan ini juga bakal menguji kesabaranmu lho
foto: koreartraveleasy.com

Penggemar drama Korea pasti tahu betul kuliner khas dari Negeri Ginseng ini. Kimchi terbuat dari sayu sawi hasil fermentasi yang sudah diberi bumbu pedas dan campuran lainnya. Nah proses fermentasinya ini lah yang memakan waktu lama mulai dari hitungan hari dan bahkan bisa mencapai satu tahun. Biasanya sayur sawi ini akan disimpan di dalam lemari es atau tempat yang sejuk.


5. Yoghurt.

Selain enak, 6 makanan ini juga bakal menguji kesabaranmu lho
foto: fullofplants.com

Yoghurt merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki beberapa proses pembuatan. Tidak hanya itu makanan yang terbuat dari susu fermentasi yang mengandung bakteri baik bagi tubuh dan pencernaan ini juga mempunyai waktu pembuatan yang cukup lama. Pada salah satu tahap pembuatannya, yoghurt harus didiamkan selama minimal 7-12 jam dalam kondisi hangat agar bakteri bekerja dengan baik dan terjadi proses fermentasinya.


6. Wine.

Selain enak, 6 makanan ini juga bakal menguji kesabaranmu lho
foto: tallypress.com

Meski bukan termasuk dalam jenis makanan, namun minuman beralkohol ini juga dikenal sebagai salah satu minuman yang mempunyai waktu pembuatannya yang lama. Bahkan minuman yang terbuat dari fermentasi anggur ini akan memiliki cita rasa dan kualitas yang semakin baik jika disimpan lebih lama. Proses penuaan wine akan menghasilkan wine dengan rasa yang lebih halus. Tidak heran jika harga sebotol wine yang sudah disimpan selama ratusan tahun dapat mencapai harga miliaran rupiah.

(brl/lin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya