Soto dok khas Jombang, makanan unik yang bikin kamu terkejut-kejut

02 / 09 / 2016 18:59 WIB Islahuddin
Soto dok khas Jombang, makanan unik yang bikin kamu terkejut-kejut
foto: infokuliner.com

Brilio.net - Indonesia memang kaya dengan berbagai makan soto daerah. Namun bagi kamu pecinta soto, jangan sampai ketinggalan untuk mencicipi soto dok khas Jombang. Soto ini memang tidak seterkenal soto lamongan atau soto madura, namun karena kurang familiar itu membuat soto ini melegenda dan tidak mudah dinikmati di banyak tempat, selain Jombang.

Sebagaimana soto lainnya, soto dok juga mempunyai warna khas kuning. Namun dijamin kuahnya lebih kental ditambah dengan taoge kacang hijau yang menjadi "aksesori" spesialnya membuat soto ini sangat istimewa. Soto ini biasanya lebih banyak disajikan dengan nasi yang langsung dicampur di dalam kuahnya.

Sebagaimana soto lainnya, soto dok juga kaya dengan bumbu dan rempah. Sejumlah bumbu khas Indonesia seperti batang serai, daun jeruk parut, daun salam, bawang prei, sledri, bawang putih, bawang merah, merica, ketumbar, jinten, paladin, jahe, hingga kunyit harus ada untuk membuat soto ini. Jangan lupakan juga berbagai macam jeroan seperti babat, hati, lidah, paru dan limpa yang selalu menemati soto dok yang biasanya juga dilengkapi dengan perkedel kentang.

Di Jombang, soto dok ini mudah didapatkan. Mulai dari jejeran kios kaki lima, pujasera, hingga restoran menengah. Jika soto dok ini ada di depan kita, dipastikan selera akan meningkat dengan cepat untuk segera menyantapnya. Mak nyus loh.

Rasa khas soto dok ini menambah khazanah kuliner dan #BikinKerenIndonesia. Semua orang juga bisa #BikinKerenIndonesia dengan submit ceritamu yang #BikinKerenIndonesia dan dapatkan hadiah menariknya dengan kunjungi tautan ini.

(brl/pep)

Video

Selengkapnya

Gado-gado

  • Tim Ikan Kakap Merah

    Tim Ikan Kakap Merah

  • Kentang Balado Petai

    Kentang Balado Petai

  • Bakwan Sayur

    Bakwan Sayur

Review

Selengkapnya