Tak cuma buah-buahan, ini 4 jenis sayuran yang sehat buat dijus

Tak cuma buah-buahan, ini 4 jenis sayuran yang sehat buat dijus

Brilio.net - Selain dikonsumsi secara langsung, buah-buahan juga tidak kalah enak dinikmati dengan cara dijus hingga halus. Tak hanya segar, tentunya kamu dapat mengurangi waktu untuk memenuhi asupan buah-buahan. Cara ini cocok banget buat kamu yang memiliki kesibukan dan jadwal yang padat.

Bukan cuma buah-buahan saja yang dapat dinikmati dalam bentuk minuman jus. Sayur-sayuran pun bisa kamu konsumsi dengan cara dibuat jus. Cara yang praktis dan tentunya sehat bagi tubuh.

Namun, tahukah kamu bahwa tidak semua jenis sayuran dapat dibuat jus? Ternyata beda jenis sayurnya, akan berbeda pula manfaat yang didapatkan.

Lalu apa saja jenis sayuran yang baik dan cocok untuk dibuat jadi jus? Berikut ini 4 jenis sayuran yang sehat buat dijus seperti dilansir brilio.net dari hellosehat.com, Jumat (4/5).

1. Sayuran hijau.

Tak cuma buah-buahan, ini 4 jenis sayuran yang sehat buat dijus

foto: roothydro.com

Sayuran hijau memang dikenal dengan kandungan vitamin dan mineralnya yang tinggi. Sebut saja vitamin A, vitamin C, folat, kalium, zat besi hingga zink. Beberapa jenis sayuran hijau seperti bayam, kale, brokoli, sawi, selada Romaine, selada air, kubis Cina dan peterseli merupakan sayuran hijau yang baik untuk dijus dan diminum setiap hari. Meski sehat, biasanya jus sayuran hijau ini mempunyai rasa yang cenderung pahit dan agak langu. Untuk menyiasati hal tersebut, bisa dnegan mencampurnya dengan buah manis atau sedikit asam seperti apel, kiwi atau mangga. Atau bisa juga dengan menambahkan madu, susu dan yoghurt.

2. Wortel.

Tak cuma buah-buahan, ini 4 jenis sayuran yang sehat buat dijus

foto: organicafacts.net

Jenis sayuran yang kaya akan vitamin A ini merupakan salah satu sayur yang dapat diolah berbagai macam, mulai dari sup, tumis, jus atau bahkan dimakan secara langsung. Berbeda dengan sayuran hijau yang rasanya cenderung pahit, wortel sendiri mempunyai rasa yang manis. Tak heran jika banyak yang menggemarinya. Selain vitamin A, wortel juga mengandung berbagai zat mineral yang dibutuhkan tubuh.

3. Tomat.

Tak cuma buah-buahan, ini 4 jenis sayuran yang sehat buat dijus

foto: youtube.com

Rasanya sudah tidak asing melihat jenis jus yang satu ini. Jus tomat sering menjadi pilihan banyak orang sebagai minuman sehatnya. Tomat dikenal sangat kaya akan vitamin A dan vitamin C yang baik bagi kesehatan. Selain sehat, tomat juga memiliki rasa asam dan manis alami yang lezat tanpa menambahkan jenis buah-buahan lainnya.

4. Seledri.

Tak cuma buah-buahan, ini 4 jenis sayuran yang sehat buat dijus

foto: foodmatters.com

Seledri juga merupakan salah satu jenis sayuran yang sering dijadikan jus oleh banyak orang. Hal ini karena sayuran hijau ini sangat bermanfaat bagi kesehatan, lantaran kaya kandungan magnesium dan zat besi. Jus seledri sangat cocok dikonsumsi oleh wanita saat datang bulan karena dapat membantu menjaga jumlah zat besi dalam tubuh.

(brl/fen)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya