Tak cuma madu, ini trik agar noda hitam di wajah kusam hilang total pakai 1 bumbu dapur

Tak cuma madu, ini trik agar noda hitam di wajah kusam hilang total pakai 1 bumbu dapur

Brilio.net - Munculnya noda hitam di area wajah kerap menjadi persoalan yang mengganggu bagi banyak orang. Selain bikin warna kulit tidak merata, noda hitam pun akan memberikan kesan kotor dan kusam pada kulit. Tentunya dapat mempengaruhi penampilan seseorang. Secara umum, noda hitam ini dapat berubah jadi flek dan bekas jerawat.

Flek adalah spot cokelat kehitaman. Bentuknya kadang kecil tapi bisa pula besar. Kemunculan flek hitam pada wajah sering dipicu oleh paparan sinar matahari yang merangsang sel melanosit dalam kulit untuk menghasilkan melanin (pigmen warna) sebagai mekanisme perlindungan kulit. Dampaknya, produksi melanin yang bertumpuk-tumpuk ini akan muncul ke permukaan kulit, memunculkan bercak-bercak gelap.

Di sisi lain, noda yang timbul akibat bekas jerawat sering disebut sebagai PIH (post-inflammatory hyperpigmentation). Jenis bekas jerawat ini muncul karena proses regenerasi sel kulit baru di area bekas jerawat, yang cenderung membawa melanin berlebih. Proses perbaikan jaringan kulit yang rusak karena jerawat ini kemudian berubah jadi bekas kehitaman.

Kamu yang sedang mengalami masalah noda hitam pada wajah, sekarang nggak usah bingung. Pasalnya, kamu bisa mencoba mengatasinya dengan memanfaatkan bahan alami yang tak kalah ampuh dibanding kimia.

(brl/lut)

tags

Advertising
Advertising
STORIES