Tak disadari, 6 kombinasi menu makanan ini ternyata nggak sehat

Tak disadari, 6 kombinasi menu makanan ini ternyata nggak sehat

Brilio.net - Makanan adalah kebutuhan pokok bagi makhluk hidup di dunia. Tanpa makanan, kita pun bisa mati dan punah. Berbagai jenis makanan semakin beragam dan mempunyai cita rasa yang khas. Beberapa makanan yang dihidangkan adalah makanan yang dikombinasikan dari dua jenis bahan baku dan dijadikan satu sehingga memiliki rasa yang lebih enak.

Meskipun zaman sekarang anak muda lebih gemar makan makanan cepat saji, yang lebih praktis dan harga yang tidak terlalu tinggi. Namun, makanan cepat saji atau fast food ini biasanya mengandung kalori yang tinggi dan bisa menyebabkan obesitas. Untuk diet, sekarang ini lagi ngetren foodcombining diet, yaitu mengkombinasikan dua makanan yang mengandung protein tinggi dan vitamin agar menekan lemak dan karbohidrat yang berlebihan dalam tubuh.

Namun, ada makanan kombinasi yang ternyata tidak sehat untuk di konsumsi. Bahkan, beberapa makanan ini seringkali kita makan di waktu yang bersamaan seperti steak dan salad. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (10/10) inilah enam kombinasi makanan yang tidak sehat bagi kesehatan tubuh.

1. Sandwich keju dan kopi.

Tak disadari, 6 kombinasi menu makanan ini ternyata nggak sehat

foto: pixabay

Sandwich keju adalah menu yang tepat untuk sarapan. Ditambah segelas kopi akan membuat pagi hari semakin segar. Namun, makan sandwich sambil minum kopi ini ternyata tidak baik untuk kesehatan. Kamu harus menghindari kombinasi menu makan ini karena kandungan karbohidrat yang ada dalam roti akan menghalangi kalsium pada keju. Dan zat kafein pada kopi sebenarnya kurang baik untuk kesehatan jika dikonsumsi di pagi hari. Lebih baik jika meminum air putih saja sebagai menu sarapan di pagi hari.

2. Tomat dan mentimun.

Tak disadari, 6 kombinasi menu makanan ini ternyata nggak sehat

foto: pixabay

Dua jenis makanan ini kerap dijadikan dalam menu makan salad. Makan salad memang baik bagi kesehatan, apalagi untuk kamu yang lagi diet. Karena salad tidak mengandung karbohidrat yang berlebih dan mudah dicerna tubuh. Tetapi faktanya, makan tomat dan mentimun dalam satu waktu yang bersamaan tidak baik untuk kesehatan pencernaan tubuh kamu. Zat yang terkandung dalam dua jenis makanan ini akan menghambat pencernaan dan efeknya adalah kandungan gizi dalam makanan ini tidak bisa diserap dengan sempurna. Kalau makan salad, mending dipisah saja.

3. Daging dan kentang.

Tak disadari, 6 kombinasi menu makanan ini ternyata nggak sehat

foto: pixabay

Kita kerap makan steak bukan? Dalam menu steak pasti tersedia daging sapi dan kentang. Kombinasi dua jenis makanan ini memang sangat lezat untuk dinikmati. Namun ternyata kentang dan daging itu tidak baik jika dikonsumsi secara bersamaan. Karena kandungan enzim starch yang ada dalam kentang bersau dengan protein yang ada di dalam daging, hal ini akan membuat kendungan ini mengendap dan tidak bisa di cerna di tubuh. Dan efeknya adalah membuat kamu mual atau sering bersendawa. Kentang dalam steak bisa diganti sayuran lain seperti asparagus, brokoli atau kacang panjang agar tubuh tetap sehat dengan makan enak.

4. Pasta dan daging giling.

Tak disadari, 6 kombinasi menu makanan ini ternyata nggak sehat

foto: pixabay

Menu satu ini sering disajikan secara bersamaan di restoran. Pasta yang diberi toping daging giling dengan saus pasti sangat enak jika disantap untuk menu makan siang kamu. Tapi kamu harus tau bahwa pasta yang dicampur dengan daging giling ini ternyata tidak baik untuk kesehatan. Karena kandungan enzim saliva pada air ludah kita akan mengubah kandungan karbohidrat pasta menjadi gula. Dan gula ini jika bertemu dengan protein yang berasal dari daging akan menyebabkan diabetes. Jika ingin lebih sehat dan aman, makanlah pasta yang terbuat dari gandum, dan makan daging giling di waktu yang terpisah.

5. Susu dan pisang.

Tak disadari, 6 kombinasi menu makanan ini ternyata nggak sehat

foto: pixabay

Susu dan pisang sering kita jadikan menu sarapan karena enak dan praktis. Selain itu, banyak orang yang percaya bahwa susu dan nanas ini membuat orang lebih berenergi di pagi hari. Ternyata itu salah, kandungan gula dalam pisang itu sangat susah dicerna tubuh, perlu waktu yang lama untuk bisa dicerna dengan baik dan menjadi vitamin bagi tubuh. Selain itu, para ahli gizi menyarankan jika minum susu tidak boleh dibarengi makanan lain agar kandungan gizinya lebih cepat dicerna tubuh.

6. Nanas dan susu.

Tak disadari, 6 kombinasi menu makanan ini ternyata nggak sehat

foto: medium

Kedua makanan ini tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan karena kandungan asam pada buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti nanas ini mengandung enzim bromelain yang menyebabkan kamu keracunan kalau kamu makan bersama makanan yang mengandung susu seperti yoghurt atau keju.

reporter: mgg/renno hadi

(brl/pep)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya