Tanpa mengubah rasa, ini trik simpan potongan belimbing agar tidak berubah warna

Tanpa mengubah rasa, ini trik simpan potongan belimbing agar tidak berubah warna
Trik ini juga bisa diterapkan pada buah apel. |

Meski terjadi proses enzymatic browning pada buah, tetapi buah tetap aman dikonsumsi. Namun dilansir dari ifst.org, ada sejumlah vitamin yang hilang jika buah mengalami perubahan wujud menjadi kecokelatan ini. Nggak perlu khawatir, karena proses enzymatic browning pada buah belimbing bisa dicegah. Caranya dengan menggunakan bahan yang memiliki pH atau tingkat keasaman tertentu.

Bahan tambahan tersebut berfungsi untuk memperlambat proses perubahan warna pada belimbing. Kamu bisa meniru trik menyimpan potongan buah belimbing biar nggak berubah seperti yang dibagikan warganet bernama Noeh. Pria yang berprofesi sebagai chef ini sudah sangat familiar dengan cara menyajikan belimbing manis biar tetap segar dan tidak mudah berubah warna jadi cokelat.

"Agar tidak cepat menghitam, terlihat tetap segar, tapi rasanya tidak banyak berubah," jelasnya dikutip BrilioFood dari YouTube/Chef noeh, Kamis (8/12).

Dalam video tersebut, siapkan air untuk melarutkan sedikit garam. Tambahkan pula sedikit perasan air lemon. Larutan garam dan lemon ini digunakan untuk merendam potongan belimbing biar tidak berubah warna. Dilansir dari ncbi.nlm.nih.gov, garam terbukti efektif mengawetkan buah karena dapat bekerja untuk mengurangi aktivitas air di dalamnya. Sementara lemon, kadar asamnya akan membantu menghentikan oksidasi polifenol yang bikin buah cepat berubah jadi kecokelatan usai dipotong.

Tanpa mengubah rasa, ini trik simpan potongan belimbing agar tidak berubah warna

foto: YouTube/Chef noeh

Nah, Chef Noeh pun punya trik biar potongan buah belimbing tidak berubah rasa jadi asam maupun asin usai direndam. Triknya yaitu dengan menaburi pula air larutannya pakai gula, sehingga belimbing nantinya akan tetap manis. Untuk merendamnya cukup selama dua hingga tiga menit saja. Jika sudah, belimbing bisa ditiriskan dan dikeringkan pakai tisu. Selain belimbing, cara ini juga bisa diterapkan pada buah apel.

"Dengan adanya rendaman garam, lemon, ditambah gula, kita bisa membuktikan bahwa buah ini tetap segar, tapi rasanya hampir tidak berubah," ujarnya.

Tanpa mengubah rasa, ini trik simpan potongan belimbing agar tidak berubah warna

foto: YouTube/Chef noeh

Usai buah kering, bisa langsung disajikan maupun disimpan di dalam wadah tertutup buat jadi stok buah di kulkas. Buat yang sering kesal dengan buah belimbing yang cepat berubah warna jadi kecokelatan, wajib coba cara ini di rumah. Unggahan seputar cara menyimpan buah belimbing di YouTube/Chef noeh sudah dilihat belasan ribu kali, lho.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya