Trik jitu memilih ayam buat jadi menu MPASI, bisa bantu naikkan berat badan anak

Trik jitu memilih ayam buat jadi menu MPASI, bisa bantu naikkan berat badan anak
Ternyata, nggak semua jenis ayam cocok buat jadi MPASI. |

TikTokers yang terkenal dengan konten-konten seputar parenting ini membagikan pengalamannya dalam memilih bahan-bahan untuk MPASI sang anak. Nah, menurutnya, jenis ayam yang tepat dapat membantu menaikkan berat badan anak. Tak hanya itu, trik memilih ayam ini juga cocok buat anak yang alergi dengan produk olahan susu.

"Solusi buat mom yang cari BB Booster, tenang gak harus keju atau butter terus kok, cari yang ramah dikantong aja," ujarnya dikutip BrilioFood dari TikTok/@talitacrusita, Senin (2/1).

Talita menganjurkan menggunakan ayam kampung untuk menu MPASI karena kandungan lemaknya jauh lebih tinggi dibanding ayam negeri. Dalam ungggahan tersebut, ia menganjurkan untuk memilih ayam kampung yang banyak kadar lemak berwarna kuning, atau biasanya disebut dengan ayam cakep kuning. Jika bingung untuk memilih ayamnya, kamu bisa minta bantuan penjual ayam.

Trik jitu memilih ayam buat jadi menu MPASI, bisa bantu naikkan berat badan anak

foto: TikTok/@talitacrusita

Ayam kampung untuk jadi menu MPASI ini juga biasanya umurnya masih terbilang muda, sehingga sebaiknya hindari ayam kampung yang sudah tua. Nah, nantinya bagian lemak-lemak berwarna kuning tersebut bisa dipisahkan dari ayam untuk dijadikan minyak alami buat masak. Selain itu, bisa juga dijadikan tambahan topping pada menu MPASI untuk buah hati.

Trik jitu memilih ayam buat jadi menu MPASI, bisa bantu naikkan berat badan anak

foto: TikTok/@talitacrusita

Ayamnya juga bisa direbus untuk menjadi kuah kaldu buat menu MPASI lainnya. Cara membuatnya, bisa dengan membuang air rebusan pertama, dan lanjut merebusnya dengan aneka rempah dan sayur sesuai selera. Minyak dari lemak dan kuah kaldu ayam kampung muda ini nantinya bisa dijadikan stok di kulkas. Nah, mulai sekarang nggak perlu bingung lagi cara memilih ayam buat jadi menu MPASI anak, kan?

Trik jitu memilih ayam buat jadi menu MPASI, bisa bantu naikkan berat badan anak

foto: TikTok/@talitacrusita

Dilansir dari ckbhospital.com, ayam kampung ini bukan hanya bisa membantu naikkan berat badan anak, lho. Namun, juga ampuh untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang anak, karena ayam mengandung protein, zat besi, serat, juga mineral di dalamnya. Dengan begitu, manfaat yang didapatkan pun jadi dua kali lipat. Berat badan anak aman, dan nutrisinya juga terpenuhi.

Unggahan milik Talita ini rupanya turut mengedukasi banyak warganet di media sosial, lho. Terbukti dari berbagai respons menarik di kolom komentarnya. Unggahan di TikTok/@talitacrusita ini pun sudah ditonton lebih dari 1 juta kali.

"Lemak kuning gitu kayak nya cuma ada di ayam kampung. kalo ayam potong lemak nya putih," ujar TikTok/@azgha.

"Bisa pake ayam kampung atau ayam merah ya soal.nya ayam merah juga ada lemak² kuning.nya gitu. kalo ayam pedaging atau pejantan g sekuning itu lemanya," jelas TikTok/@Ssi Aniey.

"Ayam yg berlemak kayak gitu ayam kampung yg sedang bertelur," kata TikTok/@ ♥anisa♥.

"Minyak dr lemak ayam kampung emang gurih bgt. Ak klo dapat lemaknya, ak jadiin minyak dan ak jadiin tambahan di tumisan," imbuh TikTok/@Cotton Studio.

"Manfaat lemak ayam yg udh dijadiin minyak bgini jg sbg obat utk luka bakar... insyaallah flek/bekas luka bakarnya jg akan hilang," pungkas TikTok/@Shehaze.

@talitacrusita Replying to @puspitaayu250 solusi buat mom yang cari BB Booster, tenang gak harus keju atau butter terus kok, cari yang ramah dikantong aja #bbbooster #mpasihomemade #mpasi6bulan Cooking BGM (Japanese style) - ArcTracks

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya