Yuk bikin bistik sapi yang nggak kalah dari steak restoran, gampang!

24 / 05 / 2016 22:05 WIB Karina Ayu Pradita
Yuk bikin bistik sapi yang nggak kalah dari steak restoran, gampang!
foto: cellatwd.wordpress.com

Brilio.net - Bistik atau steik, atau steak, adalah sepotong besar daging, biasanya daging sapi yang disajikan sebagai menu makanan. Daging merah, dada ayam dan ikan seringkali dipotong menjadi steik. Jadi, tak hanya daging sapi, ya. Kebanyakan steik dipotong tegak lurus dengan serat otot, semata untuk menambah kelegitan daging. Nah, kalau kamu biasanya makan steak di restoran, kali ini kamu tak perlu repot-repot karena kamu bisa membuat bistik atau steak ini di rumah.

BACA JUGA: Jombloers, dari 9 tipe jomblo ini yuk kenali jenis apa dirimu

Penasaran? Ini dia resep bistik sapi yang dilansir brilio.net dari resepnona.com, Selasa (24/5), khusus buat kamu. Check this out!

Bahan yang diperlukan:
500 gram daging sapi bagian dalam
200 ml air
10 buah tomat
6 sendok makan mentega
Lada secukupnya
Pala secukupnya
Garam secukupnya
Gula pasir secukupnya
Kecap manis secukupnya

Cara membuat bistik sapi:
1. Langkah pertama cuci bersih daging sapi dengan air bersih, kemudian rebus daging sapi yang telah dicuci bersih tersebut.
2. Setelah itu haluskan garam, pala dan lada sambil menunggu daging sapi hingga empuk.
3. Selanjutnya angkat daging, beri bumbu yang telah dihaluskan dan tusuk-tusuk daging sapi dengan garpu, lalu diamkan selama kurang lebih 2 jam agar bumbu meresap dengan sempurna.
4. Kemudian goreng daging sapi tersebut dengan 3 sendok makan mentega. Masaklah daging sapi dengan api sedang tanpa membolak-balik daging sebelum daging terlihat berwarna kuning.
5. Rebuslah tomat, lalu saring airnya. Campurkan air tomat tadi dengan gula pasir secukupnya dan sedikit garam.
6. Terakhir, cairkan mentega sisanya, kemudian tambahkan kecap secukupnya dan air tomat yang telah dicampur garam dan gula.
7. Masukkan daging sapi yang telah berwarna kuning dan digoreng sebelumnya tadi, lalu masukkan ke dalam kuah dan biarkan hingga kuah mengental.
8. Matikan kompor, angkat dan salin diatas wadah atau piring.

Gampang, kan?



(brl/pep)

Review

Selengkapnya