13 Cara membersihkan kerak lantai kamar mandi, ampuh pakai bahan sederhana

13 Cara membersihkan kerak lantai kamar mandi, ampuh pakai bahan sederhana
foto: Instagram/@rumah.kaia

Brilio.net - Lantai kamar mandi umumnya terbuat dari keramik karena bahan satu ini dikenal awet dan tahan lama. Namun seiring pemakaian, keramik lama-kelamaan juga bisa rusak atau kotor. Kotoran pada keramik biasanya berasal dari debu atau pasir yang terbawa dari luar. Bisa juga dari sisa bercak air yang tak dibilas sampai bersih.

Jika keramik dibiarkan kotor, lama-kelamaan kotoran tersebut bisa berubah menjadi kerak membandel. Kerak tersebut juga bisa menjadi sarang kuman dan penyakit. Kalau sudah begini, lantai kamar mandi akan sulit dibersihkan meski sudah disikat dengan kuat.

Sejumlah orang pun akhirnya menggunakan bahan tambahan untuk membersihkannya, seperti garam, cuka, baking soda, hingga sabun cuci piring. Bahan-bahan sederhana tersebut dipercaya ampuh untuk mengangkat noda membandel. Selain itu, bahan dapur tersebut juga banyak dijual di pasaran sehingga mudah didapatkan.

Nah, seperti apa langkah-langkahnya? Berikut BrilioFood rangkum dari berbagai sumber pada Minggu (7/4), 13 cara membersihkan kerak lantai kamar mandi pakai bahan sederhana.

1. Diolesi air panas, sitrun, dan sabun cuci piring.

13 Cara membersihkan kerak lantai kamar mandi, ampuh pakai bahan sederhana

foto: TikTok/@littleowais325

Ada trik mudah dalam membersihkan lantai kamar mandi yang bisa kamu lakukan. Trik ini pernah dibagikan oleh pengguna TikTok @littleowais325. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan bahan-bahan sederhana dalam membersihkan lantai kamar mandi.

Bahan yang digunakan adalah 1 sachet sitrun dan air panas. Selain itu, dia juga menambahkan satu bahan dapur, yakni sabun cuci piring. Nah, semua bahan ini bisa langsung dicampur jadi satu dalam wadah, lalu aduk-aduk menggunakan kuas.

Selanjutnya, langsung oleskan cairan ini ke lantai kamar mandi yang berkerak. Oleskan cairan tersebut menggunakan kuas sampai benar-benar rata, ya. Lalu diamkan dulu selama 10 menit. Namun jika keraknya tebal dan membandel, kamu bisa mendiamkannya sampai 15 menit.

Nah, saat didiamkan, kerak di lantai kamar mandi ini akan luruh dengan sendirinya. Oleh sebab itu, kamu bisa langsung menyiram lantai kamar mandi dengan air. Namun jika ingin bersih maksimal, kamu juga dapat menggosoknya terlebih dahulu dengan kuas tadi secara merata agar seluruh keraknya benar-benar hilang.

Jika sudah dibilas, lantai kamar mandi akan tampak lebih kinclong dan bersih, lho. Selain menghilangkan kerak, bahan-bahan ini juga dapat meluruhkan lumut yang bikin lantai kamar mandi licin. Dengan begitu, lantai kamar mandi jadi lebih kesat dan juga wangi.

2. Digosok pakai sitrun, baking soda, sabun cuci piring, dan air panas.

13 Cara membersihkan kerak lantai kamar mandi, ampuh pakai bahan sederhana

foto: Instagram/@rumah.kaia

Seorang pengguna Instagram @rumah.kaia pernah membagikan trik cara membasmi kerak lantai kamar mandi melalui salah satu video yang diunggah. Tanpa alat atau bahan pembersih khusus, dia bisa membasmi kerak di lantai kamar mandi dalam waktu 5 menit saja.

Lebih jelasnya, bahan dasar yang dipakai untuk pembersih lantai kamar mandi ini adalah sitrun. Selain itu, dia juga menggunakan dua bahan tambahan yang ada di dapur, yaitu baking soda dan sabun cuci piring.

Nah, cara pakai bahan-bahan ini pun cukup mudah. Pertama-tama, siapkan baskom atau mangkuk. Lalu masukkan 1 sdm sabun cuci piring, sitrun, dan baking soda secukupnya. Jika sudah, tuang 1-2 liter air panas mendidih. Aduk-aduk semua bahan.

Selanjutnya, langsung siramkan cairan ini ke lantai kamar mandi yang penuh kerak. Setelah disiram merata, diamkan dulu selama 5 menit. Nah, noda kerak di lantai kamar mandi ini pun langsung hilang seketika.

Namun untuk hasil maksimal, gosok lantai kamar mandi dengan sikat. Cukup sikat dengan lembut untuk menghilangkan sisa keraknya. Terakhir, bilas lantai kamar mandi sampai bersih dengan air mengalir. Dalam sekejap, lantai kamar mandi kembali kinclong dan bebas kerak.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya