Cara membersihkan tatakan kompor, simpel tanpa menguras tenaga

Cara membersihkan tatakan kompor, simpel tanpa menguras tenaga
TikTok/@ernie_ivander

Brilio.net - Menjaga kebersihkan rumah merupakan hal penting, terutama untuk kesehatan. Dilansir dari thecleanhaven.com, rutin membersihkan rumah bisa mencegah alergi dan gangguan pernapasan. Selain itu, bisa pula mencegah penyebaran kuman serta bikin suasana rumah jadi lebih nyaman.

Nah, bagian rumah yang paling mudah kotor salah satunya adalah dapur. Apalagi alat-alat untuk memasak, kompor misalnya. Saat kompor keseringan dipakai, biasanya noda minyak atau bahan makanan banyak yang masih menempel di bagian tatakannya. Noda pada tatakan kompor bisa membuat bakteri dan kuman berkembang biak, lho.

Terbuat dari besi, jika kotor, tatakan kompor ini sangat mudah berkerak, bukan? Nah, kalau tak sering dibersihkan, kerak di tatakan kompor bisa mengeras dan akan sangat sulit dihilangkan. Bahkan, kamu harus lebih menyikatnya dengan sekuat tenaga, nih. Belum lagi, tangan dan pakaian bisa mudah kecipratan kotoran dari tatakan kompor saat membersihkannya, kan?

Tetapi, tak perlu khawatir, karena ada cara mudah untuk membersihkan tatakan kompor tanpa perlu mengeluarkan banyak keringat.

Pengguna TikTok yang bernama Ernie Ivander pun membagikan cara mudahnya. Pasalnya, ia mengaku nggak tahan dengan tatakan kompor yang kotor dan berkerak. Rupanya, cukup dengan direndam pakai sejumlah bahan yang ada di dapur saja, noda di tatakan kompor bisa dibersihkan dengan mudah.

"membersihkan tanpa peras otot & tenaga!!! yg ga sk kompor kotor kita satu server," tulisnya di TikTok/@ernie_ivander dilansir BrilioFood pada Senin (15/8).

Pertama-tama ia siapkan baskom cukup besar yang muat untuk merendam dua tatakan kompor. Baskom tersebut ia isi dengan air sampai hampir penuh terlebih dahulu. Ia pun langsung meletakkannya di wastafel biar nggak perlu dipindah sana-sini. Setelah itu, ia tuangkan sabun pencuci piring cukup banyak ke dalamnya. Merk sabunnya bebas bisa pakai apa saja.

Cara membersihkan tatakan kompor, simpel tanpa menguras tenaga

foto: TikTok/@ernie_ivander

Tak hanya pakai sabun pencuci piring, ia juga menuangkan cuka. Nah, kali ini ia pakai cuka cukup banyak karena bahan satu ini ampuh banget untuk mengangkat noda di tatakan kompor. Ernie Ivander hanya pakai cuka makan atau cuka dapur bening yang ia punya di rumah. Menurutnya, jenis cuka lainnya juga bisa dipakai. Kemudian, ia aduk pakai sumpit sampai cairan rata.

Cara membersihkan tatakan kompor, simpel tanpa menguras tenaga

foto: TikTok/@ernie_ivander

Kemudian tinggal ia masukkan dua tatakan kompor ke dalam baskom yang berisi campuran air, sabun, dan cuka tersebut. Menurutnya, tak perlu menghabiskan tenaga untuk menyikatnya, cukup dengan direndam, noda bisa terangkat dengan sendirinya.

Biar lebih tokcer, ia merendamnya satu malam penuh. Keesokan harinya, tatakan kompor tinggal dibilas dan dikeringkan sebelum digunakan kembali.

Cara membersihkan tatakan kompor, simpel tanpa menguras tenaga

foto: TikTok/@ernie_ivander

Video yang diunggah oleh Ernie Ivander ini disukai ribuan akun lain. Mengintip kolom komentarnya, banyak pula yang turut antusias untuk membersihkan tatakan kompor dengan cara ini. Ibu-ibu di rumah maupun siapa saja yang gemar masak wajib coba cara ini biar tatakan kompor tetap berkilau seperti baru, nih.

"klo aku mbak.. ku rendam soda kue dan daia... djamin rontok semua," jelas TikTok/@Surya Dewy885.

"mksih mbak ilmny bsa di cba nnti ," ujar TikTok/@Ayu74305.

"terima kasih ilmunya Bun sangat bermanfaat," komentar TikTok/@Sugardaddy.

"Weh makasih infonya.. kebetulan tatakkan komporku lagi kotor bgt sbb abis oprasi jantung jd gak sempet bersih2 kompor..mari kita coba," kata TikTok/@Akbar Putranto.

"hasilnya nyata benar" bersih saya sdh pernah nyoba," ungkap TikTok/@iswatin69.

@ernie_ivander yg ga sk kompor kotor kita satu server #foryoupage #fypsounds TiK ToK - Kesha

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya