Cara mudah bersihkan kerak burner kompor tanam, jadi kinclong seperti baru

Cara mudah bersihkan kerak burner kompor tanam, jadi kinclong seperti baru
foto: YouTube/Yunita Rahayu Dewi

Brilio.net - Meskipun berbeda dengan kompor gas, namun kompor tanam juga memiliki bagian burner tepat di posisi tengahnya. Bagian satu ini berfungsi untuk mengeluarkan api saat kompor dinyalakan.

Apabila diperhatikan secara dekat, bagian burner terdiri dari lubang-lubang kecil untuk mengeluarkan api. Jika kompor sering digunakan, lama-kelamaan burner akan berubah kehitaman.

Bahkan, jika tidak dibersihkan secara berkala, lubang-lubang burner ini bisa berubah menjadi karat. Alhasil karat-karat inilah yang akan membuat api tersumbat dan tidak mau keluar. Kalau sudah begini, kamu perlu memanggil tukang service untuk memperbaiki kompor tanam agar bisa digunakan lagi.

Tentunya biaya yang harus dikeluarkan pun tak sedikit untuk memperbaiki kerusakan kompor tanam. Untuk meminimalisir hal itu terjadi, pastikan kamu membersihkan burner kompor tanam secara berkala, ya.

Nah, seorang warganet bernama Yunita Rahayu Dewi sempat membagikan tutorial bagaimana membersihkan kerak yang ada di burner kompor tanam lewat unggahan di akun YouTube pribadinya.

"Biasanya kalau habis masak, area bagian kompor ini akan berminyak dan bagian tungku serta burnernya juga kotor dan berkerak, oleh karena itu harus dibersihkan," ujarnya dikutip BrilioFood dari YouTube Yunita Rahayu Dewi pada Kamis (26/1).

Cara mudah bersihkan kerak burner kompor tanam, jadi kinclong seperti baru

foto: YouTube/Yunita Rahayu Dewi

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya