Tak perlu direndam air panas, begini trik hilangkan kerak di tungku kompor cuma pakai 3 bahan dapur

Tak perlu direndam air panas, begini trik hilangkan kerak di tungku kompor cuma pakai 3 bahan dapur
YouTube/Zulaikha pratiwy

Brilio.net - Aktivitas memasak di dapur harus didukung dengan adanya peralatan, salah satunya kompor. Keberadaan kompor memang cukup penting karena berfungsi untuk menumis, merebus, dan menggoreng bahan makanan sehingga kian nikmat disantap. Terlebih bagi yang gemar memasak, tentu kompor akan menyala setiap harinya.

Kompor yang digunakan setiap hari pun lama-kelamaan akan kotor. Kotoran tersebut bisa berasal dari tumpahan bumbu, minyak, dan makanan saat dimasak di atas kompor. Biasanya kotoran tersebut menempel di bagian tungkunya. Jika tak segera dibersihkan, kotoran tersebut bisa berubah menjadi kerak yang membandel, lho.

Tampilan tungku juga jadi kusam dan jorok. Kerak tersebut pun cukup sulit dibersihkan meski sudah disikat dengan sabun dan air. Akhirnya sejumlah orang memilih untuk merendamnya di air panas terlebih dahulu sebelum dicuci. Air panas dinilai ampuh mengangkat kerak tersebut, namun cara ini cukup memakan waktu.

Nah supaya lebih praktis, kamu bisa meniru trik yang dibagikan oleh pengguna TikTok @ambo_botting. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku cuma mengandalkan bahan-bahan yang ada di dapur untuk membasmi kerak pada tungku kompor.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya