Trik merebus lontong daun pisang agar kenyal, awet, dan tak cepat berlendir sampai 2 hari tanpa kulkas

Trik merebus lontong daun pisang agar kenyal, awet, dan tak cepat berlendir sampai 2 hari tanpa kulkas
YouTube/Resep Erisa

Brilio.net - Lontong sering jadi pilihan menu saat bosan dengan nasi. Variasi lauk dan sayur pendamping lontong pun beragam abis, misalnya untuk sate, soto ayam, kuah santan, soto kikil, dan lainnya. Nggak cuma beli, kamu juga bisa membuat lontong sendiri di rumah, lho.

Namun, untuk membuat lontong memang bisa dibilang gampang-gampang susah. Pasalnya, kalau belum tahu teknik membuatnya, lontong bisa-bisa kurang pulen dan cepat basi, lho. Biasanya, tanda lontong sudah basi bisa tercium dari aromanya yang tak lagi sedap dan berlendir.

Lontong pun seringkali disebut-sebut cepat basi karena dibuat pakai bungkus daun pisang. Nah, daun pisang ini memang tergolong sebagai bahan alami. Dilansir dari tmcaz.com, makanan organik yang dikemas pakai bahan alami tidak mengandung pengawet, sehingga mudah basi lantaran proses pembusukannya cenderung cepat.

Namun, meski lontong dibuat pakai bungkus daun pisang, ternyata tetap bisa diolah agar teksturnya bagus, tapi juga tahan lama saat disimpan. Ternyata, triknya ada pada proses perebusan. Salah seorang warganet bernama Erisa sempat membagikan trik seputar lontong ini lewat sebuah unggahan di YouTube pribadinya.

"Di video kali ini aku akan membuat tutorial bagaimana cara membuat lontong yang benar dan tahan sampai dua hari tanpa kulkas," ujarnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Resep Erisa padaKamis (9/2).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya