Brilio.net - Ikan adalah salah satu makanan favorit banyak orang, termasuk orang Indonesia. Mulai dari ikan air tawar juga air laut. Nah, selain digoreng atau dibakar, menu ikan bisa diolah dengan banyak cara juga lho.

Nah, di antara cara mengolah ikan yang patut kamu coba adalah dengan menjadikannya masakan khas Nusantara. Penasaran olahan ikan khas masakan indonesia? Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, Senin (3/10)

1. Gulai ikan patin khas Jambi.

olahan ikan © 2016 brilio.net

foto: sarihusada.co.id

Gulai ikan patin adalah masakan yang populer di masyarakat Jambi. Gulai ini dimasak dengan menggunakan tempoyak yaitu daging buah durian yang telah difermentasi. Selain tempoyak, bumbu lain yang digunakan dalam pembuatan gulai ikan patin ini adalah cabe merah, lengkuas, serai, kunyit, bawang merah dan bawang putih. Tetapi ada juga yang memilih mengganti tempoyak dengan santan kelapa untuk menghindari bau dan rasa tempoyak yang cukup menyengat.

2. Gohu ikan khas Ternate.

olahan ikan © 2016 brilio.net

foto: Instagram/@nvicl

Gohu ikan adalah salah satu masakan khas Ternate. Gohu ikan dibuat dari ikan tuna mentah yang dicampur dengan cabe rawit serta bumbu lainnya. Tidak heran bila banyak orang menyebutnya sebagai sashimi Ternate.

3. Otak-otak khas Kepulauan Riau.

olahan ikan © 2016 brilio.net

foto: Instagram/@r_hsw

Otak-otak adalah salah satu makanan khas di Kepulauan Riau, baik di Batam, Tanjung Pinang, maupun di Pulau Penyengat. Cara memasaknya, adonan otak-otak yang terdiri dari ikan tenggiri, tepung sagu serta bumbu-bumbu, dibungkus dengan daun kelapa dan kemudian dibakar dengan bara api.

4. Pempek khas Palembang.

olahan ikan © 2016 brilio.net

foto: Instagram/@reginaveliany

Pempek atau Empek-empek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan dan sagu. Ikan yang biasa digunakan untuk menu ini adalah ikan tengiri. Sebenarnya sulit untuk mengatakan bahwa pempek pusatnya adalah Palembang karena hampir di semua daerah di Sumatera Selatan memproduksinya.

5. Seruit khas Lampung.

olahan ikan © 2016 brilio.net

foto: Instagram/@indah_windhania

Seruit adalah makanan khas provinsi Lampung, Indonesia, yaitu masakan ikan yang diolah dengan cara digoreng atau dibakar dicampur dengan sambal terasi, tempoyak (olahan durian) atau mangga. Jenis ikan yang biasa dipilih untuk menu ini adalah ikan sungai seperti belide, baung, layis dan lainnya.

6. Sate bandeng khas Banten.

olahan ikan © 2016 brilio.net

foto: Instagram/@claudiasoraya

Sate bandeng merupakan makanan khas Banten. Berbeda dengan ikan bandeng biasa, daging sate bandeng empuk dan tidak bertulang. Karena kekhasannya, sate bandeng menjadi oleh-oleh dari Banten.

7. Sup ikan jantung pisang khas Palu.

olahan ikan © 2016 brilio.net

foto: sistempemerintahan-indonesia.blogspot.co.id

Sup ikan jantung pisang adalah makanan khas Sulawesi Tengah, tepatnya di Kota Palu. Makanan dengan cita rasa asam pedas yang segar ini, menggunakan ikan kakap sebagai bahan utamanya.

8. Ikan peletuk bumbu kuning khas Kalbar.

olahan ikan © 2016 brilio.net

foto: budaya-indonesia.org

Masakan yang menggunakan ikan gurame ini banyak digemari masyarakat, terutama Kalimantan Barat karena rasanya yang kelezatannya. Cara membuat masakan ini juga tidak terlalu rumit, cukup dengan membersihkan ikan yang akan dimasak, kemudian masukan ke dalam wajan bersamaan dengan bumbunya. Kemudian tambahkan air dan masak dengan menggunakan api sedang.

9. Sate lilit ikan khas Bali.

olahan ikan © 2016 brilio.net

foto: @christinamurni

Sate lilit termasuk hidangan andalan dari Bali. Umumnya terbuat dari cincangan daging ikan, kelapa parut dan bumbu halus yang kaya rempah. Makin wangi jika memakai batang serai untuk tusukan sate.

10. Ikan cakalang rica-rica khas Manado.

olahan ikan © 2016 brilio.net

foto: menuresepmasakan.com

Masakan ikan cakalang rica-rica ini menggunakan bahan utama ikan cakalang yang dimasak dengan cara digoreng dengan campuran bumbu-bumbu khas Manado. Kelezatan ikan cakalang yang dibalur dengan sambal khas Manado yang pedas akan memanjakan lidah kamu.

11. Bandeng presto khas Semarang.

olahan ikan © 2016 brilio.net

foto: @lunpia.delish

Siapa yang tidak kenal makanan khas Semarang yang sering dibawa sebagai oleh-oleh ini. Bandeng tanpa duri yang dimasak dengan panci tekanan tinggi ini, sangat cocok dipasangkan dengan nasi putih panas serta sambal.

12. Ikan pindang khas Makassar.

olahan ikan © 2016 brilio.net

foto: situkangmasak.com

Palumara atau ikan pindang khas Makasar. Palumara merupakan salah satu masakan khas Makasar yang jenis masakannya mirip dengan pindang bandeng. Perpaduan antara kuah segar yang pedas dipadukan dengan cita rasa ikan pindang membuat masakan ini sangat cocok untuk dijadikan hidangan keluarga.

13. Ikan kembung khas Padang.

olahan ikan © 2016 brilio.net

foto: dapurmasako.blogspot.com

Kota Padang memang sudah terkenal dengan berbagai masakan lezatnya, ikan kembung khas padang ini salah satunya. Ikan kembung yang dimasak dengan bumbu khas Padang dengan kuah kental manis dan pedas akan memberikan sensasi tersendiri bagi yang memakannya.