Brilio.net - Kamu pecinta bumbu kacang? Rupanya, kuliner yang menggunakan bumbu kacang tak hanya pecel, lho. Banyak kuliner lain yang juga menggunakan bumbu kacang sebagai pelengkapnya. Tak hanya nikmat, kuliner-kuliner berikut ini pasti akan menjadi makanan favoritmu.

Nah, ini 10 kuliner yang menggunakan bumbu kacang sebagai pelengkapnya, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (3/5):

1. Ketoprak

foto: worldrecipes.expo2015.org

Ketoprak merupakan kuliner khas yang berasal dari Jakarta. Kuliner ini selain menggunakan mi dan ketupat, juga menggunakan bumbu kacang sebagai pelengkap yang disiram di atasnya.

2. Lotek

foto: flickr.com

Kamu pecinta sayuran pasti pernah menyicipi kuliner yang satu ini. Selain menggunakan sayuran dan kacang panjang yang direbus, serta ketupat, kuliner tersebut juga menggunakan bumbu kacang sebagai pelengkapnya.

3. Gado-gado

foto: indonesiancuisine.xyz

Hampir serupa dengan lotek, gado-gado menggunakan selada, buncis, kentang, telur rebus, dan juga wortel rebus, serta tak ketinggalan bumbu kacang yang disiram di atas sayurannya.

4. Sate

foto: indfoodmaniac.xyz

Sate juga menggunakan bumbu kacang sebagai pelengkapnya, meski beberapa menu sate menggunakan bumbu kecap.

5. Rujak cingur

foto: travelblog.ticktab.com

Berasal dari Jawa Timur? Tentunya kamu akrab dengan rujak cingur. Rujak cingur juga menggunakan bumbu kacang, lho.

Enak-enak ya? KLIK NEXT untuk melanjutkan.

2 dari 2 halaman


6. Siomay

foto: menuharian.com

Siomay adalah salah satu kuliner dari Jawa Barat, yang kini bisa kamu temukan hampir dimana saja. Siomay juga menggunakan bumbu kacang.

7. Batagor

foto: bandungcity.tk

Ini nih saudaranya siomay, namanya batagor. Batagor yang menjadi singkatan dari baso tahu goreng ini juga menggunakan bumbu kacang, sama seperti siomay. Bedanya, kalau siomay direbus, batagor ini digoreng.

8. Cilok

foto: resepmakansedap.com

Kamu yang suka ngemil pasti kenal dengan jajanan pinggir jalan yang satu ini. Cilok selain menggunakan saus dan kecap, juga menggunakan bumbu kacang sebagai sambalnya.

9. Karedok

foto: resepcaramasak.com

Enaknya karedok tak lengkap kalau hanya sayuran saja. Karedok, yang sering kamu temukan di restoran-restoran sunda ini juga menggunakan bumbu kacang.

10. Tahu gimbal

foto: griyawisata.com

Semarang tak hanya khas dengan kue mochi, lumpia, dan bandeng presto saja. Kalau kamu ke Semarang, sempatkan untuk mencicipi tahu gimbal yang khas itu.