Bisa jadi cuan, ini 5 ide bisnis makanan kekinian dengan modal kecil

Bisa jadi cuan, ini 5 ide bisnis makanan kekinian dengan modal kecil
foto: sasa.co.id

Brilio.net - Kesibukan di rumah bukan halangan untuk moms dapatkan cuan melimpah. Banyak sekali ide bisnis rumahan yang terlihat simpel tapi ternyata keuntungannya sangat tinggi. Misalnya, bisnis penjualan makanan kekinian yang kini lagi booming. Tentu, dalam usaha kuliner, cita rasa lezat jadi yang paling penting. Nggak hanya itu, kini banyak pelanggan yang melek dengan kandungan gizi, loh. Jangan sampai kelewatan, ya!

Berdasarkan survei terbaru dari DataIndonesia.id, peluang di bidang kuliner di Indonesia sangat terbuka lebar. Industri ini menguat sebesar 3,68% pada kuartal kedua tahun 2022 dibandingkan tahun sebelumnya. Hal tersebut bisa diartikan bahwa industri makanan telah pulih dari dampak pandemi Covid-19.

Ide usaha makanan online.

Jadi apakah para ibu rumah tangga sudah terpikir dengan ide jualan makanan simpel? Berikut ini beberapa rekomendasi ide jajanan kekinian yang bisa dipraktekkan di rumah dengan modal kecil untung banyak yang telah BrilioFood himpun dari Kreasi Sasa, Senin (8/5).

1. Cilok Crispy.

Bisa jadi cuan, ini 5 ide bisnis makanan kekinian dengan modal kecil

foto: Sasa.co.id

Makanan kekinian pertama yang bisa menjadi ide bisnismu yakni cilok crispy. Cilok atau kepanjangan dari aci dicolok merupakan makan ringan yang terbuat dari tepung aci yang bisa diisi dengan variasi bahan seperti tetelan sapi, daging sapi, ayam, ataupun polosan tanpa isian.

Cilok masih terbilang populer di kalangan anak-anak sampai orang dewasa. Jika cilok biasanya dijual hanya dengan dikukus, kamu bisa mengkreasikannya sedikit berbeda dengan yang lain yaitu cilok crispy.

Makanan dengan tekstur renyah seperti ini sangat disukai berbagai kalangan. Apalagi, jarang kompetitor yang bermain di area ini. Bahannya juga sangat mudah dibeli. Terlebih, jika menggunakan Sasa Saus Sambal. Saus ini terbuat dari cabai pilihan dan bawang putih yang berkualitas. Hasilnya? Tentu rasa yang pedas dan menggugah selera. Nikmat, bukan?

Yuk, coba buat resep cilok crispysimpel, kamu juga bisa menambahkan berbagai macam bahan kesukaanmu loh!

Bahan:

- Sasa Sambal Ekstra Pedas.
- 150 gr tapioka.
- 1 bungkus Sasa Bumbu Nasi Goreng Barbeque.
- 150 gr terigu.
- 4 siung bawang putih.
- 1 batang daun bawang, iris halus.
- 200 ml air.
- 1 sdm lada putih.
- Kornet.
- Garam & gula secukupnya.

Cara membuat:

1. Campur terigu dengan kornet, daun bawang, dan Sasa Bumbu Nasi Goreng Barbeque. Aduk rata.
2. Rebus air dengan bawang putih halus, gula, garam, lada, masak hingga mendidih. Tuang rebusan air ke tepung terigu, aduk hingga rata, tambahkan tepung tapioka, aduk hingga rata.
3. Ambil 1 sendok makan adonan, isi dengan sosis dan keju hingga adonan habis.
4. Rebus air hingga mendidih, tambah dengan minyak zaitun, lalu masukkan cilok. Masak hingga matang (±10 menit/sampai cilok mengapung).
5. Buat 2 adonan tepung: basah & kering. Adonan basah: Campur 3 sdm Sasa Tepung Bumbu, 6 sdm air es. Adonan kering: sisihkan sisa Sasa Tepung Bumbu.
6. Gulingkan cilok di adonan basah, lalu gulingkan pada adonan kering, tekan-tekan 5x sehingga tepung agak menggumpal pada lapisan.
7. Goreng dalam minyak panas, terendam sempurna hingga matang.

2. Susu goreng.

Bisa jadi cuan, ini 5 ide bisnis makanan kekinian dengan modal kecil

foto: Sasa.co.id.

Susu merupakan salah satu sumber kalsium yang penting bagi kembang tumbuh anak. Tapi jangan salah, orang dewasa pun masih membutuhkan sumber gizi dari susu. Salah satu resep yang bisa menjadi ide bisnis makanan yakni susu goreng.

Makanan ini adalah salah satu street food yang banyak dijual di Taiwan. Rasanya gurih di luar dan lembut ketika di makan. Pasti buat ketagihan untuk jadi cemilan si kecil ataupun orang dewasa. Saat ini masih belum banyak orang yang menjual susu goreng di Indonesia.

Nggak perlu bingung, cara membuat makanan ini juga sangat mudah untuk diikuti step by step loh. Yuk, coba Resep Susu Gorenguntuk dijadikan ide bisnis jajanan kekinian.

Bahan:

- 70 gram tepung maizena.
- 65 gram gula pasir.
- 500 ml susu cair.
- 5 sdm susu kental manis.
- 4 sdm terigu.
- Sasa Tepung Bumbu Pisang Goreng bervitamin & bermineral.
- Minyak goreng.

Cara membuat:

1. Siapkan panci masak campuran maizena, gula pasir, susu dan susu kental manis, hingga mengental.
2. Siapkan loyang, masukkan adonan susu ke dalam loyang, dan dinginkan selama 3-4 jam.
3. Potong dadu, lapisi terigu, lalu masukkan ke dalam adonan Sasa Tepung Bumbu Pisang Goreng Bervitamin & Bermineral.
4. Goreng hingga berwarna keemasan, sajikan.

3. Lasagna bayam.

Bisa jadi cuan, ini 5 ide bisnis makanan kekinian dengan modal kecil

foto: Sasa.co.id.

Lasagna merupakan hidangan khas Italia yang sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Kadang masih terpikir apakah membuka bisnis lasagna dengan effort yang cukup banyak akan menghasilkan keuntungan? Apalagi rasanya yang dijual selalu sama, tidak ada kelebihannya.

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, Sasa mau kasih solusinya yaitu resep lasagna ekonomis yang ada keunikan sendiri. Resep tersebut adalah lasagna bayam. Selain kandungan gizi yang cukup tinggi, perpaduan antara bayam dengan keju juga cocok. Lasagna bayam bisa dijadikan salah satu opsi untuk makan sehat bagi si kecil ataupun target pasarnya yang menjalani healthy lifestyle.

Cara membuatnya juga mudah lho, jadi coba recook resep lasagna bayamsekarang juga.

Bahan:

- 4 lembar lasagna kering.
- 2 sdm minyak zaitun.
- 2 siung bawang putih.
- 150 gr bayam, petik daunnya, iris kasar.
- 5 buah jamur kancing, cincang kasar.
- 3 sdm keju parmesan parut.
- 1 bungkus Sasa Kaldu Rasa Ayam.
- 2 sdm Sasa Saus Tomat.
- Garam.
- Gula.
- Merica bubuk, secukupnya.

Bahan saus:

- 2 sdm minyak zaitun.
- 1 sdm tepung terigu.
- 450 ml susu.
- 1/4 sdt pala bubuk.
- Garam.
- Merica, secukupnya.

Cara membuat:

1. Panaskan minyak, tumis bawang putih, bayam, jamur, garam, gula, dan merica bubuk. Setelah itu, tambahkan sedikit Sasa Saus Tomat dan air untuk menumis bayam hingga agak layu, lalu angkat.
2. Saus putih: panaskan minyak, lalu masukkan tepung dan susu sambil mengaduk hingga rata. Masak sampai saus kental, kemudian tambahkan pala, garam, merica bubuk dan Sasa Kaldu Rasa Ayam. Angkat.
3. Untuk menyiapkan lapisannya, susun 2 lembar lasagna di dasar pinggan tahan panas lalu tuangkan 1/3 bagian saus putih, lalu ratakan.
4. Lapisan berikutnya kita dapat menaruh 1/4 bagian tumis bayam, dan taburi 1 sdm keju. Tutup atasnya dengan 2 lembar lasagna. Ulangi kembali proses melapis seperti di atas sesuai kebutuhan.
5. Terakhir, tutup atasnya dengan 2 lembar lasagna dan sisa saus putih dan taburi keju. Panggang dalam oven panas selama 15-20 menit di suhu 180 derajat.

4. Nasi bakar.

Bisa jadi cuan, ini 5 ide bisnis makanan kekinian dengan modal kecil

foto: Sasa.co.id.

Nasi bakar bisa menjadi salah satu usaha makanan kekinian modal kecil. Bagaimana tidak, nasi bakar cocok dihidangkan dalam acara apapun. Untuk acara kantor, menjadi pilihan makan siang yang simple ataupun menjadi teman makan di acara keluarga. Aroma yang harum dari nasi yang dibungkus dengan daun pisang, dengan tambahan daun kemangi akan menghasilkan perpaduan antara rasa dan aroma yang nikmat. Rasa pedas dan gurih akan membuat candu ingin tambah terus.

Tanpa perlu ribet, kamu bisa mencoba resep nasi bakar cumi pedasini sendiri di rumah loh!

Bahan:

- 2 pack Sasa Santan Bubuk.
- 400 gr beras.
- Air, secukupnya.
- Daun pisang, secukupnya.
- 1 sdt garam.
- 1 sdt Sasa MSG.
- 1 batang serai.
- 1 buah lengkuas.
- 2 lembar daun salam.
- 500 gr cumi.

Cara membuat:

1. Campurkan beras, Sasa Santan Bubuk, daun salam, serai, lengkuas, garam, gula dan air ke magic jar. Masak hingga matang.
2. Masukkan bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, jahe, lengkuas, kecap asin, saus tiram, kecap manis, garam, Sasa MSG, dan air lalu blender hingga halus.
3. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daun salam, dan cumi aduk hingga rata. Tuangkan garam dan Sasa MSG masak hingga matang.
4. Tata nasi, tumisan cumi, daun singkong, cabai rawit merah, di atas daun pisang lalu gulung dan sematkan tusuk gigi di kedua ujungnya. Bakar hingga matang.
5. Nasi Bakar siap disajikan.

Selain nasi bakar cumi, kamu juga bisa mencoba variasi yang lain lho. Nasi bakar ayam bali tidak kalah menarik, dan mudah dibuat sendiri di rumah. Yuk, coba resep nasi bakar bali.

Bisa jadi cuan, ini 5 ide bisnis makanan kekinian dengan modal kecil

foto: Sasa.co.id.

Bahan nasi:

- 750 gr beras.
- 46 gr Sasa Santan Bubuk.
- 5 siung bawang putih, cincang halus.
- Sasa Kaldu Rasa Sapi, secukupnya.
- Air sesuai jenis beras, secukupnya.

Bahan ayam:

- 1/2 kg paha ayam fillet.
- 1 pcs Sasa Bumbu Nasi Goreng Sambal Matah.
- 2 pcs perasan jeruk limau.
- 3 sdm minyak sayur.

Bahan pelengkap:

- Sasa Sambal Terasi.
- Kemangi, secukupnya.
- 1 ons cabai rawit merah.
- 1 ikat daun pisang.

Cara membuat:

1. Cuci Bersih beras, lalu masukkan semua bahan untuk olahan nasi dan tambahkan air sesuai jenis beras yang digunakan.
2. Masak di rice cooker.
3. Cuci bersih paha ayam, kemudian marinasi ayam dengan minyak, Sasa bumbu nasi goreng sambal matah dan perasan jeruk limau, panggang hingga matang.
3. Setelah ayam matang potong kecil-kecil, bungkus menggunakan daun pisang bersama nasi, berikan topping Sasa sambal terasi, daun kemangi, dan cabe rawit.
5. Panggang di atas wajan hingga daun menguning sempurna atau sampai mengeluarkan harum.

5. Lumpia Semarang.

Bisa jadi cuan, ini 5 ide bisnis makanan kekinian dengan modal kecil

foto: Sasa.co.id.

Lumpia Semarang merupakan salah satu cemilan yang popular di ibu kota Jawa Tengah ini. Biasanya lumpia disajikan dengan isian rebung dan sayuran lainnya. Rebung memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh.

Rebung juga sering jadi opsi makanan diet karena rendah kalori. Tidak heran, masih banyak orang yang menjadi penggemar makanan ringan satu ini. Lumpia Semarang bisa dijadikan cemilan simple untuk jualan. Proses pembuatannya juga terbilang mudah.

Agar masaknya lebih praktis, coba resep lumpia semarangini yang dijamin bikin ketagihan.

Bahan:

- 20 lembar kulit lumpia.
- 200 gr rebung rebus & iris halus.
- 100 gr udang rebon, rendam air panas, tiriskan.
- 100 gr wortel (iris dadu kecil).
- 150 ml air.
- 2 sdm tepung terigu.

Bumbu-bumbu:

- 5 butir bawang merah, iris tipis.
- 4 siung bawang putih, iris tipis.
- 2 batang daun bawang.
- 1/2 sdt merica.
- 2 sdm kecap manis.
- 1/2 sdt Sasa MSG.
- Garam secukupnya.
- Gula pasir secukupnya.

Bahan saus:

- siung bawang putih, cincang halus.
- 5 buah cabai rawit, iris halus.
- 3 sdm Sasa Sambal Asli.
- 1/2 sdt garam.
- 1 sdm tauco.
- 2 sdm irisan gula merah.
- 1 sdm air jeruk nipis.
- 150 ml air matang.

Cara membuat:

1. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum.
2. Masukkan rebung, udang rebon, wortel dan air. Masukkan bumbu lainnya dan Sasa MSG masak hingga semua bahan matang dan air habis. Angkat, dinginkan.
3. Siapkan kulit lumpia beri tumisan sayur. Lipat kedua sisinya lalu gulung dan rekatkan dengan tepung terigu. Lakukan sampai adonan habis.
4. Goreng lumpia hingga kuning kecoklatan, angkat tiriskan. Sajikan bersama sausnya.
5. Saus: Rebus semua bahan saus biarkan hingga mengental, angkat.

Nah, itulah beberapa rekomendasi ide bisnis makanan kekinian yang bisa kamu coba. Peluang usaha di dunia kuliner masih menjanjikan dibandingkan dengan bisnis lainnya. Jika makanannya enak, pastinya orang akan selalu membeli lagi dan lagi.

Jangan mudah menyerah. Sasa hadir untuk menjadi solusi dari permasalahan di bidang makanan. Dan juga, berbagai produk dari Sasa Melezatkan akan membantu dalam memasak makanan enak. Temukan berbagai resep unik lainnya hanya ada di Kreasi Sasa. Selamat mencoba!

Adv.

(brl/lak)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya