7 Manfaat kentang untuk wajah dan cara pakainya, samarkan flek hitam

7 Manfaat kentang untuk wajah dan cara pakainya, samarkan flek hitam

Brilio.net - Manfaat kentang untuk wajah ada banyak sekali. Ya, selain tubuh, wajah salah satu bagian penting yang harus dijaga kesehatannya. Sebab wajah juga bagian yang paling dilihat oleh banyak orang, sehingga perlu dilakukan perawatan dengan sangat ekstra.

Perawatan wajah penting dilakukan bahwa sejah usia remaja, hal itu untuk menghindari berbagai permasalahan kulit di wajah mulai dari kulit kering, kusam, berminyak, hingga munculnya tanda-tanda penuaan.

Salah satu bahan alami yang bisa kamu gunakan adalah kentang. Kentang mengandung antioksidan yang mampu mencegah penuaan dini, mencerahkan dan menyamarkan noda hitam di wajah. Selain itu, kentang juga mampu mencerahkan dan melembapkan wajah.

Penasaran dengan manfaat kentang lainnya? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (15/2).

1. Menyamarkan flek hitam.

Manfaat kentang untuk wajah

foto: Freepik.com

Munculnya flek hitam di wajah biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti usia, paparan sinar matahari, dan menumpuknya kotoran di pori-pori. Meskipun tidak meyakitkan, namun flek hitam di wajah sangat mengganggu penampilan.

Kamu bisa mengatasi masalah itu dengan menggunakan manfaat kentang untuk wajah. Kentang memgandung vitamin C, vitamin B6, seng, potasium, yang bagus untuk menyamarkan flek hitam di wajah.

Caranya, iris tipis kentang, kemudian tempelkan irisan itu ke wajah secara merata. Lalu diamkan beberapa menit dan bilas dengan air biasa.

2. Meremajakan kulit.

Manfaat kentang untuk wajah

foto: Freepik/cookie_studio

Dalam kentang juga terkandung fosfor yang dapat merangsang kolagen di dalam kulit. Kolagen yang cukup pada kulit dapat membuat kulit lebih kencang, kenyal, dan mampu meremajakan kulit. Kulit juga tampak lebih sehat.

Caranya, iris tipis kentang, kemudian tempelkan irisan itu ke wajah, lalu diamkan beberapa menit dan bilas dengan air biasa.

3. Mengatasi mata panda.

Manfaat kentang untuk wajah

foto: Freepik/kamranaydinov

Memiliki mata panda pastinya sangat menurunkan kepercayaan diri kamu. Munculnya mata panda disebabkan karena kamu kurang istirahat. Namun tak perlu khawatir, kamu bisa mengatasinya dengan kentang.

Caranya kupas kentang, kemudian potong-potong, dan oleskan ke area bawah mata. Diamkan beberapa menit dan bilas dengan air biasa.

4. Melembapkan kulit.

Manfaat kentang untuk wajah

foto: Freepik/jcomp

Manfaat kentang untuk wajah selanjutnya yakni mengatasi masalah kulit kering. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda hanya perlu memarut kentang dan menambahkan setengah sendok teh dadih.

Setelah itu, oleskan pada wajah dan diamkan kurang lebih 20 menit. Bilas wajah dengan air sampai bersih.

5. Sebagai anti aging.

Manfaat kentang untuk wajah

foto: Freepik/wayhomestudio

Salah satu tanda-tanda penuaan yaitu munculnya kerutan di wajah. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat memanfaatkan kentang. Kentang dinilai efektif dalam memperlambat tanda-tanda penuaan.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda hanya perlu menumbuk kentang yang sudah dikupas, lalu oleskan pada kulit wajah Anda. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, dan bilas dengan air.

6. Mencerahkan wajah.

Manfaat kentang untuk wajah

foto: Freepik/senivpetro

Manfaat kentang untuk wajah berikutnya yaitu dapat mencerahkan wajah. Anda dapat mencampur kentang dengan jus lemon atau yoghurt yang disebut mampu mencerahkan kulit. Lakukan secara teratur untuk memperoleh hasil yang maksimal.

7. Mengatasi kulit terbakar akibat sinar matahari.

Manfaat kentang untuk wajah

foto: Freepik/wayhomestudio

Paparan sinar matahari sangat membahayakan bagi kulit. Efeknya, membuat kulit kering, kusam, muncul flek hitam, kemerahan akibat terbakar, hingga yang fatal bisa menyebabkan kanker kulit.

Ketika kamu mengalami kulit terbakar, biasanya wajah mengalami kemerahan, mengelupas, dan terasa perih. Namun tak perlu khawatir, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan kentang. Terutama untuk mengatasi kulit terbakar.

Caranya potong-potong kentang kemudian oleskan ke wajah yang mengalami kulit terbakar. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air biasa.

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES