15 Wisata kuliner Jogja yang enak, murah, dan terkenal

15 Wisata kuliner Jogja yang enak, murah, dan terkenal

Brilio.net - Yogyakarta merupakan kota wisata yang banyak dikunjungi oleh turis lokal maupun internasional. Selain wisata, kota yang kerap disebut Jogja ini juga terkenal dengan budaya Jawanya serta makanan khasnya yang enak-enak. Kota yang mendapat gelar kota pelajar ini memengaruhi aneka makanan yang ada di sana.

Berbicara makanan khas Jogja, banyak sekali makanan khas Jogja yang diminati oleh turis maupun penduduk asli Jogja sendiri. Salah satunya yaitu angkringan, karena harganya sesuai dengan kantong mahasiswa. Selain murah, rasanya juga enak dan suasananya ngangenin.

Nah, tapi bukan cuma angkringan saja yang harganya sesuai dengan kantong. Ternyata masih banyak kuliner Jogja yang enak, murah dan hits juga lho. Bagi kamu yang sedang berlibur di Jogja, jangan lupa untuk mencicipi aneka makanan khas Jogja dari berbagai macam rasa.

Penasaran apa saja? Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (22/1), berikut 15 wisata kuliner Jogja yang enak, murah, dan terkenal.


1. Oseng-oseng Mercon Bu Narti.

15 Wisata kuliner Jogja yang enak, murah, dan terkenal

foto: Instagram/@cabemicin


Bagi kamu yang suka makanan dengan rasa yang pedas tapi nagih, oseng-oseng ini cocok banget untuk dicoba. Dilihat dari namanya aja udah kebayang kan, rasanya gimana?

Oseng-oseng Bu Narti ini sudah terkenal di Jogja dan sudah mempunyai banyak pelanggan, karena rasanya yang enak dan harganya yang murah membuat warung Bu Narti ini selalu ramai pembeli. Oseng-oseng ini berisikan gajih, tulang, kulit dan cabe rawit yang membuat oseng-oseng ini pedasnya bisa bikin sampe kamu keringetan.

Warung ini bertempat di daerah Ngampilan dan buka mulai pukul 18.00 sampai 00.00 WIB. Namun jika sedang ramai, pukul 21.00 saja sudah habis. Jadi, buat kamu yang mau mencicipi oseng-oseng ini datang lebih awal ya. Untuk harganya cukup terjangkau yakni mulai dari Rp 15.000 saja.


2. Angkringan Kopi Jos Lik Man.

15 Wisata kuliner Jogja yang enak, murah, dan terkenal

foto: Instagram/@kulinerid62


Dari sekian banyak angkringan yang ada di jogja, salah satu yang jadi rekomendasi para wisatawan yakni angkringan Lek Man. Selain sudah terkenal sejak lama, menu makanan yang bisa kamu coba juga banyak. Ada sego kucing, aneka sate, gorengan dan yang paling utama kopi jos yang enak.

Angkringan ini dibuka mulai pukul 21.00 hingga 02.00 WIB. Untuk harganya juga cukup murah. Kamu bisa mendapatkan berbagai macam sate dan nasi mulai dari Rp 2.500.

Kalau kamu ingin membeli satu porsi juga bisa yakni dengan harga Rp 20.000 saja bisa mendapatkan paket komplet. Lokasi angkringan ini berada di samping Stasiun Kereta Api Yogyakarta.


3. Soto Bathok Mbah Katro.

15 Wisata kuliner Jogja yang enak, murah, dan terkenal

foto: Instagram/@fauzandanang


Soto khas Jogja ini merupakan soto unik karena penyajiannya dengan menggunakan batok kelapa yang sudah didesain sedemikian rupa. Soto daging sapi dan kuah bening yang gurih ini membuat para wisatawan menyukainya.

Ada berbagai macam sate dan toping lainnya juga seperti sate usus, telur puyuh, dan gorengan tempe yang renyah. Soto bathok Mbah Katro ini bertempat di Candi Sambisari, Kalasan, Sleman. Harganya juga cukup murah yakni mulai dari Rp 5.000 per porsi.


4. Mie Ayam Bu Tumini.

15 Wisata kuliner Jogja yang enak, murah, dan terkenal

foto: Instagram/@amazingindonesiafood


Bagi kamu pecinta mie ayam, ini adalah salah satu mie ayam terenak di Yogyakarta. Mie ayam ini berada di daerah Umbulharjo. Jam operasional buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 17.00 WIB. Selain enak, untuk harganya juga masih sangat murah yakni mulai dari Rp 8.000 saja.


5. Lumpia Samijaya.

15 Wisata kuliner Jogja yang enak, murah, dan terkenal

foto: Instagram/@olha_cahyo


Jajanan yang satu ini patut kamu coba saat berkunjung ke Jogja. Kamu bisa menemukan lumpia ini di Jalan Malioboro No 18. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 21.00 WIB. Untuk harganya Rp 4.000 untuk satu lumpia.


6. Nasi Rames Pak Dul.

15 Wisata kuliner Jogja yang enak, murah, dan terkenal

foto: Instagram/@konanxiao


Selain nasi gudeg dan nasi pecel, di Jogja juga ada nasi rames yang terkenal yaitu nasi rames Pak Dul yang bertempat di Jalan Affandi No 5B, Gondokusuman. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 22.00 hingga 04.00 WIB. Untuk satu porsi nasi rames hanya Rp 13.000 saja.


7. Soto Sampah.

15 Wisata kuliner Jogja yang enak, murah, dan terkenal

foto: Instagram/@sotosampahjogja_


Jika kamu sedang berada di daerah Tugu Jogja, harus mampir ke Pasar Kranggan untuk mencoba soto sampah ini. Selain memiliki nama yang unik, soto ini juga mempunyai cita rasa yang nikmat.

Biasanya warung ini dikunjungi oleh anak-anak muda karena rasanya yang enak dan harganya sesuai dengan kantong, yakni dengan Rp 5.000 saja kamu bisa menikmati soto ini. Warung ini buka mulai pukul 07.00 hingga 03.00 WIB.


8. Jenang 13 Rasa.

15 Wisata kuliner Jogja yang enak, murah, dan terkenal

foto: Instagram/@ayu_jajan


Jajanan tradisional kini sudah mulai sulit ditemui, namun jika kamu ke Jogja, masih banyak orang yang berjualan jajanan tradisional. Salah satu jajanan tradisional yang terkenal di Jogja yakni Jenang 13 Rasa.

Jenang ini berada di daerah Sleman, tepatnya di area Lapangan Pemda Sleman. Untuk harganya cukup murah yakni dengan Rp 8.000, kamu sudah bisa mendapatkan jenang dengan lima varian. Jenang 13 Rasa ini buka mulai pukul 07.00 samapai habis.


9. Nasi Godog Pak Pathel.

15 Wisata kuliner Jogja yang enak, murah, dan terkenal

foto: Instagram/@kulinerjogja


Kuliner Jogja yang satu ini patut dicoba karena merupakan inovasi yang menarik di bidang kuliner. Nasi godog ini berada di daerah Bantul dan setiap hari mulai pukul 19.00 hingga 00.00 WIB. Untuk harga juga tidak terlalu menguras kantong, cukup dengan Rp 15.000 kamu bisa menikmati Nasi Godog ini. Dijamin segar dan lezat!


10. Sego Koyor Bu Parman.

15 Wisata kuliner Jogja yang enak, murah, dan terkenal

foto: Instagram/@brojajan


Buat kamu yang bingung masalah menu makan malam, jangan khawatir! Jogja selalu punya beragam kuliner yang bisa kamu santap di malam hari. Salah satunya adalah Sego Koyor, nasi yang isisnya urat sapi dan dilengkapi dengan kuah santan. Bisa bayangin kan, segarnya seperti apa ketika disantap saat malam hari?

Untuk mendapatkan Sego Koyor ini kamu harus berkunjung ke perempatan Gondomanan. Warungnya buka mulai pukul 22.00 hingga menjelang subuh. Kamu bisa menikmati kuliner Jogja yang khas ini hanya dengan Rp 13.000 saja.


11. Sate Kere.

15 Wisata kuliner Jogja yang enak, murah, dan terkenal

foto: Instagram/@chicilia_nuning


Kalau kamu sedang berkunjung ke Jogja dan jalan-jalan ke daerah Malioboro, kamu akan menemukan sate di sepanjang jalan. Namun ada salah satu sate yang menarik perhatian yakni Sate Kere. Sate ini berbahan dasar dari gajih yang rasanya enak sekali jika dibakar. Untuk harganya sangat murah, yaitu Rp 2.000 saja untuk satu tusuknya.


12. Pecel Senggol.

15 Wisata kuliner Jogja yang enak, murah, dan terkenal

foto: Instagram/@inztagrania


Masih di kawasan Malioboro, tepatnya di depan pintu masuk Pasar Beringharjo, kamu akan menjumpai banyak penjual makanan. Salah satunya yaitu penjual pecel.

Pecel yang berada di Pasar Beringharjo ini juga berbeda dari pecel lainnya. Hal itu karena pilihan sayurannya yang banyak dan lebih bervariasi isinya.

Buat kamu yang suka sayuran, pecel ini wajib kamu coba ya. Selain rasanya yang enak, suasana jika kamu makan di sana juga cukup menarik karena dikerumuni oleh banyak orang. Untuk mendapatkan pecel ini, kamu cukup menyediakan Rp 10.000 saja.


13. Soto Ayam Kampung Pak Dalbe.

15 Wisata kuliner Jogja yang enak, murah, dan terkenal

foto: Instagram/@kulineryogyes


Setiap daerah pasti memiliki makanan khas, misalnya soto yang merupakan salah satu makanan khas di beberapa daerah. Sama seperti Jogja, di daerah istimewa ini memiliki soto yang berbeda dengan daerah lainnya. Ada soto ayam kampung yang berkuah jernih dengan rasa gurih manis. Cita rasa ini merupakan salah satu ciri khas kuliner Jogja.

Salah satu soto ayam kampung yang menjadi favorit di pagi hari yaitu Soto Ayam Kampung Pak Dalbe. Warung ini bertempat di Jl Sudirman dan Jl Affandi. Untuk harganya cukup murah, hanya dengan Rp 10.000 saja kamu bisa menikmati cita rasa soto yang berbeda.


14. Gudeg Pawon.

15 Wisata kuliner Jogja yang enak, murah, dan terkenal

foto: Instagram/@surabayafoodies


Jika datang ke Jogja pasti rasanya ingin menyantap gudeg, kan? Ya, karena gudeg merupakan ikon dari kota Jogja. Nah, buat kamu yang ingin menikmati gudeg dengan rasa yang enak dan suasana tempat makan yang berbeda, kamu harus mencoba Gudeg Pawon.

Gudeg ini sudah berdiri sejak tahun 1658, di warung ini kamu bisa melihat secara langsung proses memasaknya karena memang tempatnya di konsep seperti dapur rumah sendiri.

Untuk menikmati suasana tersebut kamu perlu berkunjung ke daerah Umbulharjo. Hanya dengan Rp 11.000 sampai Rp 24.000 kamu bisa mencoba Gudeg Pawon ini.


15. Soto Sulung Stasiun Tugu.

15 Wisata kuliner Jogja yang enak, murah, dan terkenal

foto: Instagram/@jajandhisik


Soto ini terletak di Jalan Gedong Kuning Selatan No 1, Kotagede, Yogyakarta. Makanan ini berbeda dengan makanan jenis soto yang berada di Jogja, sebab varian soto ini merupakan soto ala Madura yang dipadukan dengan rasa khas Jogja.

Yang membedakan soto ini yakni dari isinya. Soto Sulung ini hanya berisi daging sapi dan jeroan saja. Untuk menikmati soto ini, kamu hanya mengeluarkan uang Rp 10.000 saja.


Reporter: Nazaroh Awalia

(brl/gib)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya