Jangan keliru, ini cara bersihkan dan mengupas oyong agar tidak pahit

Jangan keliru, ini cara bersihkan dan mengupas oyong agar tidak pahit
foto: YouTube/Temie Kalimpoes

Brilio.net - Oyong atau biasa disebut juga dengan gambas merupakan salah satu jenis sayuran yang sering diolah masyarakat Indonesia. Selain lezat dan harga terjangkau, oyong juga mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, tak salah jika sayur satu ini bagus dikonsumsi setiap hari.

Pada umumnya oyong sering diolahmenjadi hidangan berkuah bersama bayam atau ditumis dengan bahan tambahan lainnya, seperti tahu dan tauge. Sama seperti sayuran lainnya, mengolah oyong pun tidak membutuhkan waktu yang lama. Pasalnya, oyong yang dimasak terlalu lama bisa bikin kandungan gizi dan nutrisi di dalamnya hilang.

Selain memperhatikan durasi masak, hal lain yang perlu diperhatikan saat mengolah oyong adalah cara membersihkan dan mengupasnya agar nggak pahit. Selain itu, pilih oyong yang masih muda, karena teksturnya lembut dan terasa lebih manis. Mengupas oyong sebenarnya tidak memerlukan keahlian khusus.

Meskipun begitu, ternyata masih banyak orang yang belum mengerti bagaimana cara membersihkan dan mengupas oyong dengan benar. Pasalnya, jika tidak dikupas dengan cara benar, oyong jadi memiliki cita rasa pahit.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya