Tapi kalau tidak rajin dicuci, gayung yang semula berwarna cerah pun bisa kelihatan dekil karena dipenuhi noda kerak hitam. Hal itu juga yang dialami oleh pengguna YouTube Chef Koplak Channel. Melalui unggahan videonya, ia memperlihatkan kondisi gayung di rumahnya yang dipenuhi noda kerak hitam di bagian bawahnya.

Ia pun berniat untuk membersihkan noda kerak pada gayung tersebut. Namun, alih-alih mencucinya dengan sabun atau detergen, pengguna YouTube tersebut justru memilih untuk menghilangkan noda kerak hitam tersebut dengan tiga bahan dapur.

foto: YouTube/Chef Koplak Channel

Dilansir BrilioFood pada Rabu (27/12), pengguna YouTube tersebut memanfaatkan tiga bahan dapur yakni cuka, garam, dan gula pasir sebagai campuran cairan pembersihnya. Caranya, tuang 4 sendok makan cuka, 1 sendok makan gula pasir, dan 2 sendok makan garam ke dalam sebuah wadah. Lalu aduk sampai semua bahan tercampur merata.

foto: YouTube/Chef Koplak Channel

Setelah itu, ambil selembar tisu makan dan dilipat hingga membentuk sebuah persegi kecil. Celupkan tisu makan tersebut ke dalam campuran ketiga bahan tadi. Kemudian, oleskan tisu tersebut ke bagian bawah gayung yang dipenuhi oleh noda kerak hitam.

Tanpa repot disikat dan hanya dilap dengan tisu, noda kerak hitam tersebut seketika langsung luntur. Bagian bawah gayung yang awalnya kelihatan kusam langsung kembali terlihat warna aslinya.

"Gayung yang hitam nanti seperti baru lagi," kata pengguna YouTube tersebut.

foto: YouTube/Chef Koplak Channel

Untuk melihat perbedaannya, pengguna YouTube tersebut juga mengelap bagian bawah gayung dengan tisu kering. Hasilnya, tulisan dan warna asli gayung yang awalnya tidak terlihat karena tertutup noda kerak hitam, kini terlihat lebih cerah dan bersih bak baru lagi.