Tanpa sitrun, ini cara basmi noda kerak di bagian luar dan dalam magic com cukup pakai 3 bahan dapur

Tanpa sitrun, ini cara basmi noda kerak di bagian luar dan dalam magic com cukup pakai 3 bahan dapur
foto: TikTok/@dewiiwyy

Brilio.net - Bagi sejumlah orang, magic com termasuk salah satu alat yang wajib tersedia di dapur. Pasalnya, kebanyakan orang Indonesia menggunakan nasi sebagai makanan pokok. Magic com memang sangat memudahkan proses menanak nasi karena sudah otomatis bisa membuatnya matang dan pulen dalam waktu beberapa menit saja.

Jenis magic com pun bermacam-macam, baik dari segi ukuran, fungsi, sampai kualitas yang bisa dipilih sesuai kebutuhan di rumah. Namun, terlepas dari jenisnya, semua magic com sama-sama membutuhkan perawatan yang baik supaya tetap bersih. Sebab, kalau magic com dibiarkan kotor, hal ini berisiko menyebabkan nasi yang dimasak jadi bau, lho.

Belum lagi, kotoran yang ada pada magic com juga bisa menyebabkan alat ini berkarat. Wah, sudah jadi rahasia umum kan jika karat dibiarkan bisa menyebabkan kerusakan pada magic com? Makanya, penting untuk membersihkan magic com secara rutin setiap selesai dipakai menanak nasi. Tetapi, kalau magic com milikmu sudah telanjur sangat kotor, jangan khawatir dulu, ya.

Magic com yang sudah sangat kotor biasanya memang sulit dikembalikan jadi kinclong lagi, karena noda keraknya sudah membandel. Untuk membersihkannya, banyak orang memilih pakai sitrun atau citric acid. Bahan tersebut dikenal punya zat asam cukup tinggi, sehingga mampu mengangkat noda. Tetapi, tak semua orang mempunyai bahan tersebut di rumah.

Nah, kalau kamu tak punya sitrun di rumah, masih ada trik lain untuk membersihkan magic com yang bisa dipraktikkan. Salah satu triknya yakni dari warganet di akun TikTok @dewiiwyy. Wanita ini menjelaskan, noda kerak yang sudah ada bertahun-tahun pada magic com bisa dihilangkan dengan tiga bahan dapur saja, lho.

"Pokoknya udah bulukan ini, udah 6 tahun magic com ini masak nasi buat orang serumah," ungkapnya, dikutip BrilioFood dari TikTok @dewiiwyy pada Senin (25/12).

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya