Brilio.net - Panci sudah pasti jadi perabot dapur andalan ibu-ibu di rumah. Alat satu ini sangat praktis digunakan untuk merebus sup, masak mi instan, atau bahkan menggoreng dengan minyak yang banyak. Banyak jenis panci yang tersedia di pasaran, baik dari segi ukuran, bahan, motif, sampai warna yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Namun, apa pun jenis pancinya, kalau sering terpapar api kompor, biasanya di bagian bawah atau pantat panci tersebut mudah dimunculi noda kerak gosong. Semakin besar ukuran kerak gosong, pastinya semakin sulit pula dihilangkan. Makanya penting untuk membersihkan panci sesegera mungkin kalau terdapat kerak gosong di bagian pantatnya.

Di media sosial, sudah banyak tutorial seputar membersihkan pantat panci yang bisa ditiru di rumah. Cuka dan sitrun (citric acid) kerap jadi pilihan bahan untuk membersihkan pantat panci ini. Dilansir dari Dilansir dari food52.com, cuka dan sitrun bersifat asam yang bisa memecah kerak gosong, sehingga lebih mudah dibersihkan.

Di samping itu, masih ada bahan lain yang juga dapat dimanfaatkan untuk membasmi kerak gosong di pantat panci, lho. Salah satunya dibagikan oleh warganet di akun YouTube MY KITCHEN RECIPES, ia mengaku tak perlu sitrun ataupun cuka sama sekali, melainkan hanya pakai 1 jenis ampas dapur. Lantas, penasaran gimana caranya?