10 Makanan dan minuman dikonsumsi Kesha Ratuliu, bantu lancarkan ASI

24 / 05 / 2022 17:01 WIB Annathiqotul Laduniyah
10 Makanan dan minuman dikonsumsi Kesha Ratuliu, bantu lancarkan ASI
foto: Instagram/@kesharatuliu05

Brilio.net - Bagi seorang ibu, menyusui merupakan masa-masa penting yang akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang sang anak. Sayangnya perubahan tubuh dan hormon wanita pasca melahirkan juga memengaruhi produksi ASI. Tak jarang para wanita yang baru saja melahirkan akan merasa lelah saat menyesuaikan diri dengan tanggung jawab baru sebagai seorang ibu.

Ternyata hal tersebut pun turut dirasakan oleh Kesha Ratuliu setelah melahirkan anak pertamanya pada Desember 2021 lalu. Usai melahirkan, Kesha Ratuliu bahkan pernah mengalami baby blues. Baby blues sendiri merupakan perasaan sedih yang dialami banyak wanita di masa awal setelah melahirkan.

"Segala cara dilakuin mulai dari terus nyusuin, dikasih ASI putingnya sebelum nyusuin, sama pake niple cream. Tetep sakit dan bikin aku stress sampe ASInya seret, qwenzy juga rewel kayanya karna gakenyang, mana segala kena baby blues. drama banget," ungkapnya di akun Instagram.

Namun hal tersebut tidak menghalangi Kesha Ratuliu untuk terus berusaha membuat ASInya jadi lancar. Dia pun mencoba berbagai cara, salah satunya dengan mengonsumsi beberapa makanan dan minuman tertentu sebagai ASI booster. Alhasil, kini ASI nya pun melimpah dan berkualitas. Kesha Ratuliu kemudian membagikan proses tersebut di Instagram stories miliknya.

"Oke setelah sebulan lebih mengasihi dan coba asi booster aku mau share ya kekalian apa aja yang aku konsumsi," tutur Kesha Ratuliu di Instagramnya.

Dilansir BrilioFood dari Instagram/@kesharatuliu05 pada Selasa (24/5), berikut 10 makanan dan minuman yang dikonsumsi Kesha Ratuliu untuk bantu lancarkan ASI.

1. Susu almond.

makanan dan minuman yang dikonsumsi Kesha Ratuliu berbagai sumber

foto: Instagram/@kesharatuliu05

Susu almond sudah dikenal sebagai salah satu ASI booster yang cukup manjur. Kesha Ratuliu sendiri mengonsumsi susu almond karena tidak hanya memiliki rasa yang enak, namun juga kandungan nutrisi di dalamnya bikin ASI makin lancar. Dilansir dari verywellfamily.com, almond sebagai bahan utama pembuatan susu tersebut mengandung protein dan kalsium yang padat sehingga bisa menambah produksi ASI.

2. Sayuran.

makanan dan minuman yang dikonsumsi Kesha Ratuliu berbagai sumber

foto: Instagram/@kesharatuliu05

Kesha Ratuliu juga rutin mengonsumsi berbagai macam jenis sayuran yang berbeda seperti kubis dan wortel. Dilansir dari parenting.firstcry.com, mengonsumsi wortel dapat mendorong produksi laktasi. Selain itu, vitamin A di dalamnya juga mampu meningkatkan kualitas ASI. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Kesha Ratuliu biasa memasak wortel jadi masakan rumahan seperti bakwan.

3. Cookie oats.

makanan dan minuman yang dikonsumsi Kesha Ratuliu berbagai sumber

foto: Instagram/@kesharatuliu05

Ada juga cookies atau biskuit oats yang biasa dijadikan Kesha Ratuliu sebagai camilan sehat. Biskuit ini juga terbuat dari kacang almond yang dapat membantu produksi ASI lebih lancar. Dilansir dari medicalnewstoday.com, oats sendiri jadi makanan terbaik untuk meningkatkan suplai ASI karena mengandung serat, zat besi, dan magnesium.

4. Yogurt.

makanan dan minuman yang dikonsumsi Kesha Ratuliu berbagai sumber

foto: Instagram/@kesharatuliu05

Selain itu, Kesha Ratuliu rutin mengonsumsi yogurt di masa-masa menyusui. Yogurt sendiri bisa jadi sumber protein dan kalsium. Dilansir dari sanfordhealth.org, kalsium merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu menyusui demi membuat ASI semakin berkualitas dan melimpah.

5. Daun katuk.

makanan dan minuman yang dikonsumsi Kesha Ratuliu berbagai sumber

foto: Instagram/@kesharatuliu05

Para ibu di Indonesia tentu mengenal daun katuk sebagai makanan alami untuk melancarkan ASI. Kesha Ratuliu juga mengonsumsi jenis sayuran ini supaya ASI tetap lancar dan berkualitas. Dilansir dari midwifery.iospublisher.org, daun katuk yang dikonsumsi oleh ibu menyusui memang cukup efektif untuk meningkatkan produksi ASI.

6. Teh.

makanan dan minuman yang dikonsumsi Kesha Ratuliu berbagai sumber

foto: Instagram/@kesharatuliu05

Tetap mengonsumsi teh, Kesha Ratuliu memilih jenis teh tertentu yang khusus diracik untuk ibu menyusui. Kesha Ratuliu sendiri merasa teh ini cukup ampuh untuk melancarkan ASI nya.

"Terus karna tau beberapa info kalo teh ini bener bener ngaruh bgt buat nambah kuantitas asi. Aku minum 3x sehari. Dan bener cuma dalam sehari setiap 3 jam sekali PDku udah penuh," ungkapnya dikutip dari akun Instagramnya.

7. Alpukat.

makanan dan minuman yang dikonsumsi Kesha Ratuliu berbagai sumber

foto: unsplash.com

Saat menyusui, alpukat jadi salah satu buah yang sering dikonsumsi oleh Kesha Ratuliu. Tidak hanya bertujuan untuk menjaga berat badan, alpukat juga baik dikonsumsi demi meningkatkan produksi ASI. Dilansir dari kidspot.com, asam lemak omega-3, asam lemak omega-6, dan asam lemak omega-9 dalam buah alpukat berperan penting dalam menghasilkan ASI yang cukup untuk sang bayi.

8. Suplemen.

makanan dan minuman yang dikonsumsi Kesha Ratuliu berbagai sumber

foto: Instagram/@kesharatuliu05

Suplemen seringkali jadi andalan Kesha Ratuliu untuk menambah produksi ASI saat sedang kurang lancar. Tidak hanya kuantitas, mengonsumsi suplemen ASI juga bisa menambah kualitasnya jadi lebih baik.

"Di kualitas iya banget. Karna aku pernah seminggu cuma pake ini aja, dan berat badan qwenzy naiknya cepet," ungkapnya.

9. Bayam.

makanan dan minuman yang dikonsumsi Kesha Ratuliu berbagai sumber

foto: Instagram/@kesharatuliu05

Selain daun katuk, sayuran hijau lain yang dikonsumsi Kesha Ratuliu adalah bayam. Berbagai macam nutrisi dalam bayam memang sangat bermanfaat jika dikonsumsi oleh ibu menyusui. Dilansir dari pedcenter.com, bayam memiliki kandungan fitoestrogennya yang dapat menyebabkan peningkatan produksi ASI.

10. Makan makanan enak.

makanan dan minuman yang dikonsumsi Kesha Ratuliu berbagai sumber

foto: Instagram/@kesharatuliu05

Salah satu ASI booster yang paling manjur adalah dengan menjaga mood sang ibu selalu baik. Sedangkan bagi Kesha Ratuliu sendiri, salah satu cara menjaganya adalah dengan mengonsumsi makanan enak yang jadi favoritnya.

"Terus juga aku seringin makan enak makanan yang aku mau gadiet diet sama sekali. Untungnya berat badan ganaik gaturun juga jadi stay setelah melahirkan total turun 10 kg," ungkapnya dalam Instagram.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Karedok

  • Ayam Bakar Sambal Dabu-Dabu

    Ayam Bakar Sambal Dabu-Dabu

  • Ayam Goreng Kremes

    Ayam Goreng Kremes

  • Ayam Panggang Saus Cola

    Ayam Panggang Saus Cola

Review

Selengkapnya