10 Makanan dihindari Melly Goeslaw saat diet, pangkas bobot 30 kg

23 / 05 / 2022 11:02 WIB Shahfara Raida
10 Makanan dihindari Melly Goeslaw saat diet, pangkas bobot 30 kg
Instagram/@melly_goeslaw

Brilio.net - Melly Goeslaw tampaknya telah menuai hasil dari program diet yang sudah dijalaninya sejak 2020 lalu. Kini, ia sudah tampil jauh lebih langsing lantaran 30 kg berat badannya sudah berhasil ia hempaskan. Usut punya usut, pemilik nama lengkap Melliana Cessy Goeslaw ini sempat memiliki bobot hingga lebih dari 100 kg, lho. Dietnya ini ia jalani sesuai anjuran dokter gizi.

"Bayak sekali keinginan saya yang belum tercapai, meski tidak berupa cita cita , tp punya mimpi aja itu udah bikin manusia semangat menjalani hidup. Tp semua itu sempat kandas saat berat badan saya 100kg lebih, sy minder dan gak pengen ngapa2in lagi. Alhamdulillah ketemu Dr @cissienugraha , awalnya lambat krn sy makannya bandel , tapi lama lama saya berhasil turun banyak banget, skrg udah pe de pake baju dimasukin , kalau di hitung2 sy udah turun sekitar 30kg, masih banyak sih pe er nya," tulisnya di Instagram/@melly_goeslaw.

Melly Goeslaw menyebut upaya yang dilakukannya ini seakan-akan bukan diet, karena ia justru disuruh rutin makan oleh dokternya. Menurutnya, cara ini berguna untuk membakar lemak yang ada pada tubuhnya. Namun, Melly Goeslaw tetap harus menjaga makanan yang ia konsumsi agar tetap sehat dan bisa membantu proses penurunan berat badannya.

Di sisi lain, ia pun mengaku tidak mengonsumsi obat maupun minuman pelangsing apapun. Sehingga, semua yang ia konsumsi tetap alami dan utuh, baik dari tumbuhan, hewan, kacang-kacangan, dan lainnya. Selain lewat pola makan, turunnya berat badan pelantun lagu Gantung ini ternyata didukung juga lewat olahraga rutin sesuai kemampuan.

Selama diet, Melly Goeslaw memiliki beberapa makanan yang ia hindari. Berikut sejumlah makanan yang dihindari oleh Melly Goeslaw saat diet, dilansir BrilioFood dari berbagai sumber pada Senin (23/5).

1. Nasi putih.

10 Makanan dihindari Melly Goeslaw saat diet, pangkas bobot 30 kg

foto: Instagram/@melly_goeslaw

Diet yang dijalani Melly Goeslaw bisa dibilang rendah karbohidrat. Melly sebisa mungkin menghindari nasi putih. Dilansir dari healthline.com, satu gelas atau cup nasi putih mengandung sekitar 53 gram karbohidrat. Angka ini cenderung tinggi, makanya ia dianjurkan untuk mengganti jenis nasi yang lebih sehat dan rendah karbohidrat saat diet.

2. Roti putih.

10 Makanan dihindari Melly Goeslaw saat diet, pangkas bobot 30 kg

foto: Unsplash/Charles Chen

Makanan ini juga cenderung tinggi karbohidrat, sehingga dihindari oleh Melly Goeslaw. Selain itu, dilansir dari foodfaq.org, roti putih juga termasuk makanan olahan dari tepung terigu, sehingga cenderung rendah nutrisi dan kurang cocok dikonsumsi buat orang yang sedang menjalani diet.

3. Mi instan.

10 Makanan dihindari Melly Goeslaw saat diet, pangkas bobot 30 kg

foto: Unsplash/Markus Winkler

Melly Goeslaw menghindari mi instan dan memperbanyak konsumsi makanan sehat. Dilansir dari parkwayeast.com.sg, mi instan sangat rendah nutrisi, contohnya serat dan protein. Padahal, kedua nutrisi tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam meningkatkan metabolisme, melancarkan pencernaan, dan membakar lemak pada tubuh.

4. Gorengan.

10 Makanan dihindari Melly Goeslaw saat diet, pangkas bobot 30 kg

foto: Unsplash/Shardar Tarikul Islam

Melly Goeslaw mengurangi gorengan, apalagi yang sangat berminyak, mengandung tepung, dan rendah nutrisi. Dilansir dari webmd.com, gorengan umumnya mengandung berbagai komposisi yang bisa menggagalkan diet. Misalnya ada lemak, kalori, garam, dan lain-lain. Selain kurang cocok buat diet, gorengan juga berisiko berbahaya bagi kesehatan misalnya penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

5. Sosis, nugget, atau frozen food lainnya.

10 Makanan dihindari Melly Goeslaw saat diet, pangkas bobot 30 kg

foto: Instagram/@melly_goeslaw

Melly Goeslaw memperbanyak konsumsi makanan utuh, makanya ia menghindari aneka frozen food yang dibuat dari serangkaian proses pengolahan. Dilansir dari foxnews.com, frozen food bisa menyebabkan berat badan naik karena tinggi kalori, lemak, garam, serta mengandung pengawet.

6. Camilan.

10 Makanan dihindari Melly Goeslaw saat diet, pangkas bobot 30 kg

foto: Unsplash/Estera Nicoi

Camilan yang umum dijual di pasaran juga dihindari oleh Melly Goeslaw, nih. Contohnya keripik, cokelat, kue, dan lain-lain. Ia lebih memilih ngemil menu sehat seperti buah-buahan, dan kacang-kacangan. Dilansir dari hsph.harvard.edu, ngemil berlebih bisa memicu kenaikan berat badan.

Apalagi ngemil yang bikin kenyang, bisa berisiko membuat kamu melewatkan mengonsumsi makanan utama. Hal ini dapat membuat tubuh tak mendapat nutrisi dari makanan utama. Padahal, tubuh membutuhkan aneka nutrisi untuk menurunkan berat badan.

7. Gula.

10 Makanan dihindari Melly Goeslaw saat diet, pangkas bobot 30 kg

foto: Unsplash/Mathilde Langevin

Melly Goeslaw juga sangat mengurangi asupan gulanya, nih. Contohnya pada minuman, sebisa mungkin ia nggak lagi mengonsumsi minuman manis dengan tambahan gula selama diet. Mengonsumsi gula berlebih, dilansir dari nhs.uk, bisa menumpuk kalori pada tubuh. Bahkan, konsumsi gula berlebih juga bisa menyebabkan penyakit seperti kanker, jantung, dan diabetes.

8. Minyak goreng.

10 Makanan dihindari Melly Goeslaw saat diet, pangkas bobot 30 kg

foto: Unsplash/Ashwini Chaudhary(Monty)

Minyak goreng juga tak digunakan Melly Goeslaw selama diet, kecuali jenis minyak yang lebih sehat. Dilansir dari healthline.com, makanan yang dimasak dengan minyak kurang sehat biasanya tinggi kalori dan lemak jenuh. Direkomendasikan memilih jenis minyak sehat seperti minyak kelapa, minyak kanola, minyak zaitun, dan masih banyak lagi.

9. Junk food.

10 Makanan dihindari Melly Goeslaw saat diet, pangkas bobot 30 kg

foto: Unsplash/Shaafi Ali

Melly Goeslaw juga sangat mengurangi junk food. Ia lebih banyak mengonsumsi makanan yang dimasak sendiri di rumah, jadi ia bisa mengetahui semua bahan yang digunakan buat masak, yakni harus sehat.

Dilansir dari healthywa.wa.gov.au, junk food, baik makanan maupun minumannya, terbukti rendah nutrisi. Selain itu, junk food juga tinggi lemak jenuh, gula, maupun garam yang tak hanya berisiko bikin bobot naik, tetapi juga permasalahan kesehatan lainnya.

10. Obat atau suplemen pelangsing.

10 Makanan dihindari Melly Goeslaw saat diet, pangkas bobot 30 kg

foto: Instagram/@melly_goeslaw

Menjalani program diet sehat, Melly Goeslaw menghindari produk obat maupun suplemen pelangsing. Dilansir dari futuresrecoveryhealthcare.com, aneka produk pelangsing dapat berisiko menyebabkan permasalahan kesehatan. Contohnya diare, dehidrasi, muntah, sakit kepala, sulit tidur, dan masih banyak lagi.

Melly Goeslaw pun memilih diet dengan cara sehat saja walaupun tidak langsung berhasil secara instan.

"Saya rutin ke Dr @cissienugraha seminggu sekali. Sy gak pernah pake produk apapun, bener2 hanya ditangani oleh Dr @cissienugraha," jelasnya di Instagram pribadi.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya

Tumis Timun Pedas

  • Soto Mi

    Soto Mi

  • Mie Aceh

    Mie Aceh

  • Lotek

    Lotek

Review

Selengkapnya