10 Pola makan Happy Asmara saat diet, berat badan turun dengan mudah

22 / 05 / 2022 15:35 WIB Annathiqotul Laduniyah
10 Pola makan Happy Asmara saat diet, berat badan turun dengan mudah
foto: Instagram/@happy_asmara77

Brilio.net - Pernah memiliki tubuh yang berisi membuat Happy Asmara bertekad menjalankan program diet. Usaha ini dilakukan tidak hanya untuk menurunkan berat badan, namun juga demi kesehatan tubuhnya. Hal tersebut tentu memengaruhi performanya di panggung dan ketika menjalani aktivitas lainnya.

"Karena aku sadar, menyayangi diri sendiri itu penting. Dulu rek, pas aku lemu, aku mlayu sitik ae aku kesel. Kolesterol mudak e gak karuan (Dulu pas aku gendut, aku lari sedikit sudah capek. Kolesterol naik tidak beraturan). Dan karena aku menyayangi diri sendiri, jadi aku sadar, aku harus diet," kata Happy Asmara dikutip dari TikTok/@happyasmara.

Berkat konsistensinya menjalankan program diet, berat badan Happy Asmara bisa turun dengan mudah. Pedangdut asal Kediri, Jawa Timur ini melakukan beberapa cara yang sehat saat diet, termasuk rutin berolahraga dan mengubah pola makan jadi lebih sehat.

"Buat kalian yang tanya kok mbak happy kurus, kurusnya cepet? Sebenarnya bukan diet kalian yang gagal, tapi karena kalian nggak jaga pola makan," ungkap Happy Asmara di Instagram.

Dengan program diet yang dijalani, Happy Asmara pun berhasil mencapai target berat badan yang diinginkan, yakni 53 kg. Lantas, kira-kira bagaimana pola makan yang diterapkan Happy Asmara? Berikut ulasannya telah BrilioFood rangkum dari berbagai sumber pada Minggu (22/5).

1. Makan 3 sendok nasi.

pola makan Happy Asmara berbagai sumber

foto: freepik.com

Hal utama yang dilakukan Happy Asmara adalah dengan mengurangi porsi nasi yang dikonsumsi. Dia hanya mengonsumsi 3 sendok nasi saat makan berat. Nasi memang dikenal sebagai karbohidrat yang tinggi kandungan kalori, sehingga bisa memengaruhi berat badan.

"Makan nasi boleh. Cuma makannya 3 sendok, ya, sekali makan itu nasinya 3 sendok," jelasnya dalam Instagram/@happy_asmara77.

2. Makan pertama jam 12 siang.

pola makan Happy Asmara berbagai sumber

foto: Instagram/@happy_asmara77

Untuk jadwal makan, Happy Asmara juga mengaturnya sedemikian rupa. Happy Asmara hanya minum air putih di pagi hari. Lantas makan pertama pada jam 12 siang. Dan membatasi makan hingga jam 7 malam. Setelah jam tersebut, dia pun tidak mengonsumsi apapun.

"Rutinitasku itu tiap pagi minum air putih, terus siang jam 12 baru makan. Terus nanti sore makan lagi sebelum jam 7. Setelah jam 7 udah nggak makan, cuma minum air putih," ungkapnya dikutip dari Instagram/@happy_asmara77.

3. Hindari gula.

pola makan Happy Asmara berbagai sumber

foto:freepik.com

Selama diet yang dijalani, Happy Asmara juga menghindari konsumsi gula. Dia benar-benar tidak mengonsumsi gula bahkan pada minuman yang dikonsumsi.

Dilansir dari nhs.uk, konsumsi terlalu banyak gula memang dapat menyebabkan seseorang memiliki terlalu banyak kalori. Hal tersebut bisa berdampak pada penambahan berat badan.

4. Batasi konsumsi teh.

pola makan Happy Asmara berbagai sumber

foto: freepik.com

Walau masih mengonsumsi teh, namun Happy Asmara cukup membatasi konsumsinya. Selain itu, dia juga mengonsumsi teh tertentu tanpa tambahan gula. Hal ini tentu supaya berat badannya tidak mengalami kenaikan saat diet.

"Tehku ini nggak pakai gula. Cuma air panas sama teh," jelasnya dikutip dari akun Instagramnya.

5. Makan 1-2 kali dalam sehari.

pola makan Happy Asmara berbagai sumber

foto: Instagram/@happy_asmara77

Dalam sehari, Happy Asmara membatasi makan hanya 1-2 kali. Dia cukup teratur menerapkan jadwal makan ini karena sangat berpengaruh pada metabolisme tubuh. Dilansir dari nhs.uk, makan teratur bisa membantu pembakaran kalori lebih cepat dan membuat tubuh tidak mudah lapar.

"Aku sehari itu bisa sekali atau dua kali makan," kata Happy Asmara dilansir dari Instagram/@happy_asmara77.

6. Hindari kopi.

pola makan Happy Asmara berbagai sumber

foto: unsplash.com

Salah satu minuman berasa yang dihindari Happy Asmara saat diet adalah kopi. Dia tidak mengonsumsi kopi terutama jika diberi tambahan gula dan bahan lain yang menyebabkan penambahan berat badan. Dilansir dari healthline.com, mengurangi gula tambahan dan zat aditif berkalori tinggi pada kopi bisa meminimalkan risiko kenaikan berat badan.

7. Perbanyak makan sayur.

pola makan Happy Asmara berbagai sumber

foto: freepik.com

Hal yang tak kalah penting bagi Happy Asmara saat diet adalah memaksimalkan konsumsi sayuran. Kaya akan serat, sayur bisa mendukung kesehatan metabolisme tubuh dan membuat proses penurunan berat badan jadi lebih cepat. Dilansir dari mayoclinic.org, sayuran cenderung rendah lemak dan kalori, serta bisa membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

"Yang nggak suka sayur, harus maksa suka sayur. Nasinya diganti sama sayur dulu," jelas Happy Asmara dalam Instagram/@happy_asmara77.

8. Jangan makan hingga terlalu kenyang.

pola makan Happy Asmara berbagai sumber

foto: Instagram/@happy_asmara77

Saat makan, penting bagi Happy Asmara untuk mengatur porsi agar tidak terlalu kenyang nantinya. Hal ini bertujuan supaya tubuhnya tidak mengonsumsi terlalu banyak kalori dalam makanan.

"Siangnya makan nasi, nasinya dikurangi, porsinya dikit. Setelah itu makan lauk, apa aja, yang penting jangan sampai kenyang," ungkapnya lewat unggahannya di akun Instagram pribadinya.

9. Minum air putih yang banyak.

pola makan Happy Asmara berbagai sumber

foto: freepik.com

Bagi siapapun, minum air putih merupakan hal yang wajib. Tidak terkecuali bagi Happy Asmara yang sedang menjalani diet. Air putih bisa membuat tubuh terhidrasi dengan cukup, sehingga proses penurunan berat badan bisa lancar bahkan lebih cepat. Nah, dia pun selalu menekankan untuk banyak minum air putih jika ingin diet lancar.

"Hindari gula, hindari kopi, diganti sama air putih," tukas pelantun lagu Tak Ikhlasno dikutip dari Instagram/@happy_asmara77.

10. Tempe jadi sumber protein.

pola makan Happy Asmara berbagai sumber

foto: Instagram/@happy_asmara77

Tidak hanya serat, protein pun termasuk nutrisi yang dibutuhkan dalam proses penurunan berat badan. Happy Asmara sendiri gemar mengonsumsi tempe sebagai sumber protein yang baik bagi tubuh.

Dilansir dari healthline.com, tempe kaya akan protein kedelai yang dapat meningkatkan rasa kenyang, mengurangi rasa lapar, dan membantu penurunan berat badan.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Ayam Tangkap

  • Ayam Goreng Serai

    Ayam Goreng Serai

  • Karedok

    Karedok

  • Ayam Bakar Sambal Dabu-Dabu

    Ayam Bakar Sambal Dabu-Dabu

Review

Selengkapnya