15 Cara menghilangkan noda di pakaian, ampuh dan praktis andalkan bahan rumahan

15 Cara menghilangkan noda di pakaian, ampuh dan praktis andalkan bahan rumahan
TikTok/@yaafiza_home

Brilio.net - Pakaian berfungsi untuk melindungi tubuh dari udara panas dan dingin. Selain itu, pakaian juga berfungsi untuk melindungi tubuh dari hewan atau serangga. Saat ini banyak sekali jenis pakaian yang bisa kamu pakai.

Jika bahan pakaiannya nyaman, tentu baju tersebut akan sering dipakai untuk beraktivitas. Namun pakaian yang sering dipakai pun berisiko luntur dan terkena noda. Biasanya noda pada pakaian berasal dari tumpahan makanan atau minuman, air, getah, hingga noda bekas deodoran.

Jika tidak segera dibersihkan, noda tersebut lama-kelamaan bisa jadi noda membandel yang sulit dihilangkan. Noda tetap tidak hilang meski sudah disikat pakai sabun. Diperlukan racikan pembersih khusus untuk menghilangkannya. Oleh karena itu, banyak yang menggunakan bahan tambahan untuk menghilangkan noda tersebut, seperti cuka, baking soda, jeruk nipis, hingga tepung terigu.

Lantas seperti apa langkah membersihkan noda pada pakaian? Berikut BrilioFood rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (4/4), 15 cara menghilangkan noda di pakaian.

1. Digosok pakai baking soda, sitrun, dan detergen bubuk.

15 Cara menghilangkan noda di pakaian, ampuh dan praktis andalkan bahan rumahan

foto: YouTube/keluarga Errando

Kamu bisa meniru cara yang dibagikan oleh pengguna YouTube keluarga Errando. Dia mengaku menghilangkan noda hitam di kerah baju tanpa cairan pemutih. Dia hanya mengandalkan 3 bahan, yang salah satunya berasal dari dapur.

Bahan dapur yang digunakan adalah baking soda. Selain itu, ia juga menggunakan sitrun dan detergen bubuk.

Pertama-tama, siapkan ember berukuran besar untuk merendam baju. Setelah itu, tuangkan air biasa ke dalam ember. Pastikan airnya cukup untuk merendam baju, ya. Jika sudah, tambahkan 1 sdm sitrun, lalu aduk sampai larut. Lalu tambahkan juga 1 sdm baking soda dan 1 sdm detergen bubuk.

"Teman-teman bisa lihat itu baking sodanya bereaksi dengan air. Dia menggelembung kayak gitu," ungkapnya.

Setelah itu, masukkan baju putih yang akan dicuci. Pengguna YouTube tersebut tampak menambahkan 1 sdm baking soda ke bagian kerah karena nodanya cukup membandel. Setelah itu, bagian kerahnya dilipat dan baju direndam beberapa saat.

"Di bagian kerahnya aku mau pakai baking soda juga karena dekilnya cukup kuat. Terus aku lipat kayak gini. Kita rendam selama 15-20 menit," tambahnya.

Setelah direndam 15-20 menit, gosok bagian kerah dengan bantuan sikat. Karena sudah direndam, noda hitam yang membandel pun lebih cepat luntur.

"Sebentar aja kita sikat dia udah langsung hilang. Bisa lihat bagian kerah tadi itu udah bersih," ungkapnya lebih lanjut.

Selanjutnya, cuci baju seperti biasa. Lalu bilas dan jemur sampai kering.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya