4 Cara tepat menyimpan roti agar nggak cepat berjamur

19 / 06 / 2021 12:00 WIB Shahfara Raida
4 Cara tepat menyimpan roti agar nggak cepat berjamur
foto ilustrasi: freepik.com

Brilio.net - Selain nasi, roti juga menjadi bahan makanan pokok yang kerap jadi alternatif pilihan buat sarapan. Sebab, makanan ini yang butuh waktu lama buat menyantapnya. Cocok banget buat yang nggak punya banyak waktu di pagi hari.

Umumnya, roti yang banyak digemari oleh orang Indonesia adalah roti tawar putih. Namun, masih banyak lagi jenis roti lainnya, lho. Ada roti gandum, roti multigrain, roti sourdough, roti ciabatta, roti challa, dan masih banyak lagi.

Roti mengandung berbagai nutrisi seperti serat. Kebanyakan orang yang senang mengonsumsi roti kerap membeli roti langsung dalam jumlah banyak untuk stok di rumah. Tetapi, ada pula yang belum tahu cara menyimpan roti yang tepat.

Sehingga, roti pun mudah berjamur dan terbuang begitu saja. Padahal, roti dapat disimpan agar bisa bertahan lama. Penasaran bagaimana caranya? Berikut empat cara menyimpan roti supaya nggak cepat berjamur, seperti dilansir Brilio Food dari berbagai sumber pada Sabtu (19/6).


1. Simpan roti di tempat sejuk atau kulkas.

4 Cara menyimpan roti  freepik.com

foto: freepik.com

Paling utama, penting untuk memerhatikan tempat penyimpanan roti. Simpan roti di tempat sejuk atau dalam kulkas. Tetapi jangan lupa untuk menaruh roti di dalam plastik atau wadah yang tertutup rapat agar roti tidak mengeras.


2. Gunakan aluminium foil.

4 Cara menyimpan roti  freepik.com

foto: freepik.com

Selain dengan wadah tertutup, kamu bisa menggunakan aluminium foil untuk membungkus roti. Cara tersebut bisa membuat roti nggak mudah berjamur. Hindari membungkus roti hanya dengan kertas, karena udara masih bisa masuk dan membuat roti mengeras.


3. Masukkan dalam plastik kedap udara.

4 Cara menyimpan roti  freepik.com

foto: freepik.com

Roti dapat dimasukkan ke dalam plastik kedap udara untuk kemudian dibekukan. Jika ingin memakannya kembali, tinggal memanaskannya.


4. Hindari tempat lembap.

4 Cara menyimpan roti  freepik.com

foto: freepik.com

Hindari menaruh roti di tempat yang lembap atau berair. Hal tersebut bisa membuat jamur muncul di permukaan roti. Makanya, segera simpan roti di wadah tertutup jika sudah selesai dikonsumsi.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Meatloaf Wellington

  • Ayam Budu Budu

    Ayam Budu Budu

  • Kue Sus

    Kue Sus

  • Bistik Selat Solo

    Bistik Selat Solo

Review

Selengkapnya